Tema 6 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 1
Ayo Membaca
Lani memilih benda yang terbuat dari bahan kayu untuk mengaduk kuah
panas, karena ia tidak ingin tangannya kepanasan. Di sekitar kita,
terdapat banyak bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik dan ada
juga yang tidak menghantarkan panas dengan baik. Bacalah bacaan berikut
ini dengan saksama! Salah satu sumber bacaan berikut ini berasal dari
buku elektronik, yaitu buku yang dimuat secara digital. Untuk melihat
isinya, diperlukan jaringan internet dan alat elektronik seperti telepon
genggam atau komputer pribadi. Oleh karenanya, buku elektronik menjadi
salah satu media elektronik yang juga sering digunakan oleh masyarakat
modern.
Bahan Konduktor dan Isolator
Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan.
Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut.
Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan benda yang tidak
dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan
menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat
menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik
disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas
disebut dengan isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit
dapatmenghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.
Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari,
biasanya terbuat dari bahan logam. Panci, wajan penggorengan, dan
beberapa peralatan masak di dapur terbuat dari logam. Jenis logam yang
paling sering digunakan untuk membuat alat-alat tersebut antara lain
besi, aluminium, dan tembaga.
Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator. Beberapa
bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan
plastik. Penggunaan bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar
kita.
Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara
bersamaan pada sebuah alat. Perhatikanlah gambar di bawah ini! Panci
yang biasa digunakan untuk memanaskan air ini terdiri atas bahan yang
berbeda. Ada bahan yang berfungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi
sebagai isolator. Pada gambar tersebut, terlihat bahwa penggunaan bahan
isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber panas dialirkan ke
pengguna panci.
Aliran panas berhenti pada bahan isolator karena bahan tersebut, tidak
dapat mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. Sehingga,
penggunaan bahan isolator terutama untuk melindungi pemakai alat agar
tidak kepanasan dan dapat menggunakan alat tersebut sebagaimana
mestinya.
Perhatikan dengan saksama bacaan di atas, dan kamu akan menemukan
beberapa kata yang dicetak miring. Tuliskan kata-kata tersebut di dalam
tabel berikut, lalu carilah artinya dengan menggunakan kamus. Buatlah
paling sedikit dua kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut dengan
menggunakan kalimat lengkap dan kata yang baku.
Kata
|
Arti
|
Kalimat
|
---|---|---|
Bahan
| Barang yang akan dibuat menjadi satu benda tertentu; bakal; | Panci terbuat dari bahan aluminium |
Bahan konduktor biasanya terbuat dari bahan logam. | ||
Menghantar
| Mengirimkan (membawa) ke: | Logam besi dapat menghntar panas dengan baik |
Bahan isolator sulit menghantar panas. | ||
Konduktor
| Benda atau bahan penghantar panas, arus listrik, atau suara | Beberapa contoh bahan yang bersifat konduktor antara lain besi, tembaga, baja, aluminium |
Ada banyak bahan yang digolongkan ke dalam jenis konduktor. | ||
Isolator
| Penyekat atau pengisolasi | Isolator merupakan jenis bahan yang memiliki sifat berlawanan dengan bahan konduktor. |
Isolator bersifat tidak menghantarkan panas. | ||
Semikonduktor
| Bahan yang mempunyai daya hantar panas/listrik antara konduktor dan isolator | Bahan semikonduktor bisa ditemukan pada berbagai komponen elektronika. |
Bahan semikonduktor yang paling sering digunakan pada komponen elektronika adalah Germanium (Ge) dan Silikon (Si). | ||
Alat
| Benda yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu: perkakas; perabot(an) | Isolator melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan. |
Panci, wajan, dan kompor termasuk alat-alat dapur. |
Berdasarkan bacaan di atas, tentukan hal-hal penting dari setiap
paragraph bacaan. Tuliskanlah dalam bentuk kalimat pada tabel berikut
ini.
Paragraf
|
Paragraf
|
---|---|
Satu
|
|
Dua
|
|
Tiga
|
|
Empat
|
|
Perlihatkanlah hasil pekerjaanmu kepada teman sebangkumu. Lihatlah
persamaan dan perbedaannya. Kamu juga dapat mendiskusikan alasanmu
memilih kalimat penting di setiap paragraf. Apakah kalimat yang kamu
buat mewakili pokok pikiran pada paragraf tersebut?
Dengan menggunakan hal-hal penting yang kamu tuliskan dalam bentuk
kalimat di atas, kamu dapat juga menjelaskan pemahamanmu terhadap
bacaan. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskannya. Tentukanlah
pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan dan tuliskanlah di dalam
setiap kotak yang tersedia. Satu kotak mewakili satu paragraf.
Ceritakanlah diagram yang kamu buat di atas dalam sebuah kelompok yang
terdiri atas paling banyak empat orang. Jelaskan pokok pikiran dalam
setiap paragraf dengan suara, intonasi, dan lafal yang jelas. Mintalah
tanggapan dari temanmu dan lakukanlah diskusi ketika ada pertanyaan di
dalam kelompokmu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar