Total Tayangan Halaman

Kamis, 06 Februari 2020

KAMIS,6 FEBRUARI 2020 /KELAS VA

JARING JARING BALOK – Gambar, Cara Membuat

Pengertian Balok

  • Balok merupakan bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai 6 sisi dan 12 rusuk dan juga 8 titik sudut.
  • Bangun Balok dapat terbentuk dari tiga buah pasang sisi yang berbentuk persegi atau persegi panjang dan dimana satu diantaranya itu berukuran berbeda.
  • Pada Setiap sisi berimpitan dengan sisi persegi panjang yang lain dengan sisi yang berhadapan dan besifat kongruen.
Apa sih kongruen itu?


 https://rumus.co.id/wp-content/uploads/2018/12/kongruen-balok.jpg 
Kongruen merupakan sebuah bentuk bangun dengan sudut-sudut yang bersesuaian dengan sama besar dan juga dengan panjang yang sama.

Pengertian Jaring Jaring Balok

Jaring-jaring balok merupakan suatu sisi-sisi balok yang direntangkan setelah di potong mengikuti rusuk-rusuknya. Misalnya pada Enam buah persegi panjang yang terdiri dari 3 pasang persegi panjang yang kongruen kalau disusun belum tentu membentuk jaring balok.
Karakteristik  yang dimiliki dari jaring-jaring ini bisa dilihat apabila bentuk tersebut kita lipat dan membentuk sebua bangun  balok. Kita dapat mengetahui bentuk dari jaring balok yaitu dengan cara memotong model balok pada rusuk-rusuk tertentu maka akan menghasilkan sebuah jaringan balok.
Cara pemotongannya sama apabila dimulai dari sisi yang berbeda maka akan menghasilkan sebuah  bentuk  yang berbeda pula. Jaring-jaring  dari balok tidak jauh berbeda dengan bentuk dari  jaring-jaring kubus. Perbedaannya hanya ada  pada bentuk sisi dari keduanya.
Pada Jaring-jaring kubus memilki bentuk sisi hanya dalam bentuk persegi saja, sedangkan pada sisi jaring-jaring balok terdiri dari beberapa bentuk  persegi dan persegi panjang.

Variasi Gambar Jaring Jaring Balok

Berikut ini merupakan gambar variasi dari bentuk jaring-jaring balok yang dapat kita gunakan untuk membetuk sebuah balok dirumah.

Gambar balok 1






https://rumus.co.id/wp-content/uploads/2018/12/balok-1.png

 

https://rumusrumus.com/wp-content/uploads/2018/12/jaring-jaring-balok-3.jpgjaring-jaring balok 4

jaring-jaring balok 2 

jaring-jaring balok 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar