Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajaran 6
Hari ini kita akan belajar:
• Gotong royong dan saling bantu antarwarga masyarakat dalam NKRI
• Membuat teks nonfiksi tentang upaya masyarakat membina persatuan dan kesatuan bangsa.
• Pementasan tari daerah Turuk Laggai.
Udin: “Persatuan dan kesatuan adalah hal yang utama. Bayangkan jika kita semua saling bermusuhan.”
Beni: “Aku setuju, Din. Salah satu pemupuk persatuan dan kesatuan bangsa
adalah dengan mencintai dan melestarikan semua bentuk kebudayaan yang
terdapat di Indonesia kita tercinta ini. Kebudayaan kita yang begitu
beragam dengan jumlah penduduk yang amat besar justru merupakan kekuatan
bangsa. Seperti yang ada pada poster itu, ya, Din?”
Siti: “Aku setuju dengan kalian semua, juga dengan poster itu. Dengan
melestarikan kebudayaan Indonesia, kita menghargai jerih payah para
pahlawan bangsa yang telah berjuang keras untuk mendapatkan
kemerdekaan.”
Beni: ”Ya, dan salah satu budaya bangsa kita adalah semangat bergotong
royong dan saling membantu. Kebetulan aku punya artikel menarik tentang
budaya gotong royong itu. Kita baca bersama, yuk!”
Ayo Membaca
Merajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong
“Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat
bersama, perjuangan bantu-membantu sesama. Amal semua buat kepentingan
semua, keringat semua buat kebahagiaan semua.” Demikianlah penggalan
pidato Presiden Soekarno yang disampaikan dalam Sidang BPUPKI tanggal 1
Juni 1945 untuk menjadikan gotong royong sebagai landasan semangat
membangun bangsa.
Gotong royong merupakan sebuah kegiatan bersama yang bertujuan mencapai
kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan
budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka
dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong
menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan
demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.
Lalu, bagaimana dengan semangat kekeluargaan? Keluarga dapat dilihat
sebagai mereka yang memiliki hubungan darah dengan kita. Namun, sikap
kekeluargaan yang ada di Indonesia, tidak semata-mata didasarkan pada
hubungan darah. Sikap saling menyayangi, saling mengasihi, melindungi,
merasa saling memiliki, turut merasakan penderitaan saudara sebangsa dan
setanah air, merupakan contoh dari sekian banyak sikap kekeluargaan
yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak dulu kala.
Di tengah terpaan modernisasi, penting bagi kita sebagai generasi
penerus bangsa untuk tetap menjaga dan memelihara semangat kekeluargaan
dan gotong royong yang menjadi bagian dari kehidupan kita. Dengan
mempertahankan semua sikap positif ini, persatuan dan kesatuan NKRI akan
selalu terjaga dan terpelihara.
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.
1. Melengkapi Tabel
• Gunakan tabel berikut untuk mencatat beberapa contoh semangat gotong
royong dan kekeluargaan yang terdapat di lingkungan sekolah dan
lingkungan rumahmu.
Lingkungan Sekolah
|
Lingkungan Rumah
|
---|---|
|
|
2. Melakukan Wawancara
• Bentuklah sebuah kelompok terdiri atas empat orang siswa. Lakukanlah
wawancara dengan beberapa anggota komunitas sekolahmu. Anggota komunitas
sekolah terdiri atas siswa, guru, kepala sekolah, pegawai sekolah, dan
orang tua. Wawancarai mereka untuk mengetahui perilaku gotong royong
serta kekeluargaan yang sudah mereka tunjukkan selama berada di
lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah.
• Catatlah hasil wawancaramu pada tabel berikut ini.
Lingkungan Sekolah
|
Lingkungan Rumah
|
---|---|
|
|
3. Mendiskusikan Hasil Wawancara
• Diskusikanlah hasil buah pikirmu dan hasil wawancara yang telah kalian lakukan.
a. Apakah hubungan antara NKRI dengan semangat kekeluargaan dan gotong royong?
Bagi bangsa Indonesia semangat kekeluargaan dan gotong royong merupakan
modal dasar dalam membentuk negara dan menjalankan kehidupan bernegara.
Sikap kekeluargaan dan gotong royong dalam masyarakat Indonesia bukan
hanya didasarkan oleh ikatan darah. Sikap kekeluargaan sudah ada dalam
masyarakat Indonesia sejak dulu.
b. Bagaimana cara memperkuat semangat kekeluargaan dan gotong royong?
Berbagai tindakan yang perlu kita lakukan untuk memperkuat semangat
kekeluargaan dan gotong royong adalah : Pertama meningkatkan semangat
kekeluargaan, gotong-royong; dalam berbagai aspek kehidupan. Kedua
meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika, dan Ketiga menghindari sikap
mengutamakan kelompok atau golongan sendiri karena bangsa Indonesia
terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, agama serta adat-istiadat
kebiasaan yang berbeda-beda.
4. Mempresentasikan Hasil Wawancara
• Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara
bergantian. Pastikan untuk mendengarkan hasil diskusi kelompok yang lain
dengan saksama.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 97
Ayo Mencoba
Mempelajari budaya dan adat istiadat yang berbeda dengan kita dapat
menumbuhsuburkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Contoh, dengan kita
berupaya mempelajari bahasa daerah dari daerah lain atau tarian
tradisional daerah lain, kita dapat menumbuhkan rasa saling memiliki
budaya tradisional Indonesia. Pada pertemuan sebelumnya, kita sudah
mencoba memelajari gerakan Tari Turuk Laggai. Bahkan, kelompokmu telah
mencoba menciptakan beberapa gerakan yang diilhami alam di sekitar kita.
Kini tibalah saatnya bagimu untuk menampilkan kreasimu di depan kelas
dengan iringan alat musik ritmis. Cobalah untuk menampilkan tarian
dengan penuh percaya diri di depan kelas.
Setelah tampil di depan kelas, bersama dengan anggota kelompokmu, lakukanlah diskusi tentang beberapa hal berikut ini.
1. Apa pendapat kelompokmu tentang tari tradisional Turuk Laggai?
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.
2. Apa pendapat kelompokmu tentang gerakan tari yang ditarikan oleh anggota kelompokmu?
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.
3. Apakah setiap anggota kelompok telah mampu bekerja dalam kelompok dengan baik?
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.
4. Apa yang harus ditingkatkan dalam kerja kelompokmu?
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan
Ayo Berlatih
1. Menurut pendapatmu, apakah yang dimaksud dengan gotong royong?
Bentuk kerja sama antara sejumlah orang atau warga masyarakat dalam
kehidupan sosial dalam menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu
yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama.
2. Adakah kegiatan gotong royong yang sering kamu lakukan? Jelaskanlah.
- Membantu membersihkan lingkungan sekolah
- Mengikuti kerja bakti di lingkungan masyarakat
3. Bagaimana dengan kegiatan gotong royong di sekolah dan sekitar rumah tinggalmu?
Sekolah
- Membersihkan halaman sekolah
- Membersihkan kelas
Rumah
- Membersihkan selokan
- Gotong royong dalam perbaikan masjid
4. Menurutmu, bagaimana cara untuk meningkatkan semangat gotong royong dan kekeluargaan di sekolahmu?
- Mengajak teman agar lebih semangat dalam bergotong royong disekolah
- Membujuk dengan cara memberi kebaikan-kebaikan yang akan didapat jika membantu bekerja bakti dikelas
- Menyemangati teman sebaya untuk melakukan kegiatan yang dilaksanakan dalam sekolah
5. Apakah kegiatan piket kelas merupakan contoh penerapan semangat gotong royong? Jelaskan alasanmu.
Ya, karena piket kelas dikerjakan bersama sama membersihkan kelas dengan
teman, maka dari itu piket kelas merupakan penerapan gotong royong.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar