Total Tayangan Halaman

Rabu, 24 Juli 2019

MATERI KAMIS, 25 JUNI 2019

3.1 Memahami gambar cerita (SBDP)
Membuat model sederhana rangka manusia dari bahan kertas
Menyiapkan akat dan bahan berupa
Gunting, ember, kertas koran, kawat kasa, pati kanji, cat warna kua. Langkah pertama adalah membuat kerangka patung dari kawat kasa, kemudia memong kertas koran menjadi serpihan, merendam serpihan koran ke dalam air, setelah rendaman serpihan koran lembek, angkat dan tumbuklah sampai halus dan campurkan dengan perekat dari kanji, Aduklah hingga berbentuk bubur namun jangan terlalu encer. Tempelkan bubur koran tersebut pada rangka kawat. Keingkan dnegan cara diangin-anginkan. Jangan dijemur langsung di bawah terik matahari agar tidak retak. Warnailah dengan menggunakan cat.
  
     3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis
Banyak informasi yang kita peroleh dari membaca suatu bacaan. Pada dasarnya isi sebuah buku sudah dapat kita terka atau prediksi dengan melihat sampul atau cover buku tersebut. Karena memang sampul cover buku merupakan bagian buku yang merupakan gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi buku.
Cover atau sampul buku merupakan cerminan dari keseluruhan isi buku. Cover atau sampul buku merupakan bagian terluar dari buku yang terdiri atas dua sisi yakni sisi depan dan sisi belakang. Kedua sisi ini saling mendukung dan saling melengkapi serta menguatkan isi dari buku.
Cover yang baik adalah yang bisa mempengaruhi dan menarik minat orang untuk membaca isi buku secara keseluruhan.



Sebuah cover harus memenuhi syarat sebagai berikut:
Terdapat judul dengan oemilihan jenis huruf yang menarik dan mencolok
Terdapat kalimat penjelas judul dan singkatan yang mudah dipahami
Terdapat nama penulis, Terdapat identitas penerbit,  Menyertakan gambar yang menarik,     Terdapat sinopsis isi buku pada sisi belakang, Terdapat identitas buku pada punggung buku

Contoh cover




Latihan soal
1. tuliskan tulang-tulang penyusun rangka anggota gerak atas secara runut!
2. salah satu fungsi tulang adalah melindungi organ tubuh bagian dalam, apasaja organ tubuh bagian dalam yang di lindungi oleh tulang?
3. Apasaja unsur-unsur yang terdpat dalam cover buku?
4. menyontek merupakan perilaku yang tidak sesuai dengan sila .....
5. Sendi yang menghubungkan lengan atas dengan lengan bawah adalah sendi ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar