MATERI AJAR RABU, 18 AGUSTUS 2021
Tema 2 : Persatuan dalam Perbedaan
Subtema 2 : Bekerja Sama Mencapai Tujuan
Pembelajaran ke- : 1
Muatan Pelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia (3.4), IPS (3.4), IPA (3.3)
Tujuan Pembelajaran :
Matematika = Peserta didik mampu melakukan soal hitung campuran dengan benar.
Tematik = Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif dan menuliskan peristiwa penting pada teks tentang semangat persatuan menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif. Menyebutkan makna upaya mempertahankan kemerdekaan melalui peta pikiran. Mengidentifikasi ciri-ciri hewan berdasarkan habitatnya
Anak-anak semua, sudah murojaah, dan sholat duha? Setelah sholat duha,menyimak tausiyah, dan murojaah, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Ayo anak-anak sholih dan sholihah kita mulai pembelajaran hari ini..
OPERASI HITUNG CAMPURAN
KD. 3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi
Anak sholih sholihah,
Dalam operasi hitung campuran bilangan cacah, kedudukan penjumlahan sama dengan
kedudukan pengurangan, sedangkan kedudukan perkalian sama dengan kedudukan pembagian.
Urutan Pengerjaan Operasi Hitung CampuranAgar mudah mengingat langkah-langkah operasi hitung bilangan cacah, ingatlah KUKABATAKU (Kurung Kali Bagi Tambah Kurang).
- Tanda kurung dikerjakan terlebih dahulu.
- Operasi yang sama kedudukannya dikerjakan urut dari depan ( sebelah kiri)
- Operasi perkalian dan pembagian dikerjakan terlebih dahulu, setelah itu mengerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan
Untuk lebih jelas penerapannya dalam menyelesaikan soal matematika, langsung saja anak-anak tonton dan simak video berikut ya .....
https://www.youtube.com/watch?v=eCmT5IKza2E
Bagaimana penjelasan materi dalam pembelajaran video di atas, semoga anak-anak bu guru dapat memahaminya dengan baik ya....
Untuk mengetahui kemampuan kalian dalam memahami materi hari ini berikut bu guru berikan soal latihan, silakan kerjakan soal berikut dengan caranyalatihan1. 120 + 30 : 6 = ...2. 20 : 5 x 4 + 3 = ....3. ( - 32 + 50 ) : 9 × 3 = …4. 16 : 2 + ( -5) x 2- (-3) =...5. 7 x (-6) + (-81) :9 = . . . .
TEMATIK
Ayo kita simak video pembelajaran berikut ini :
https://www.youtube.com/watch?v=1SAceiwptn4
AGAR WAWASAN KALIAN TAMBAH LUAS JANGAN LEWATKAN MATERI DIBAWAH INI ! DAN KERJAKAN TUGASNYA ADA DI PALING BAWAH
Peta Pikiran Pertempuran Surabaya
Apa : Peristiwa yang terjadi adalah Pertempuran di Kota Surabaya | Mengapa : Pertempuran Surabaya meletus karena Inggris mengeluarkan ultimatum orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya | Siapa : Pemimpin pasukan Inggris adalah Brigadir Jendral Mallaby dan Pemuda Surabaya |
Pertempuran Surabaya | ||
Bagaimana : Setelah rakyat menolak ultimatum pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara. | Di Mana : Kota Surabaya | |
Kapan : 10 Nopember 1945 |
- Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),
- Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
- Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
- Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan
Apa : Pertempuran yang berkobar di Ambarawa | Mengapa : Sekutu mengingkari perundingan damai | Siapa : Tentara Keamanan Rakyat dan Pasukan Inggris + NICA |
Pertempuran Ambarawa | ||
Bagaimana : Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu mundur | Di Mana : Ambarawa | |
Kapan : 12 Desember 1945 |
Apa : Pertempuran yang berkobar di Kota Medan | Mengapa : Kedatangan Sekutu yang diboncengi NICA serta ultimatum Sekutu | Siapa : Barisan Pemuda Indonesia dan Sekutu dibawah pimpinan T.E.D Kelly |
Pertempuran Medan Area | ||
Bagaimana : Medan jatuh ke tangan pasukan sekutu dan TKR harus mengungsi Pematang Siantar | Di Mana : Kota Medan | |
Kapan : 13 Oktober 1945 - 1946 |
Apa : Peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung | Mengapa : Sekutu mengultimatum agar Bandung Utara dikosongkan oleh penduduk Indonesia, termasuk pasukan bersenjata. | Siapa : Pasukan Inggris bagian dari Brigade Mac Donald dan Tentara Republik Indonesia |
Pertempuran Bandung Lautan Api | ||
Bagaimana : TRI bersama milisi rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung. | Di Mana : Kota Bandung | |
Kapan : 23 Maret 1946 |
Apa : Operasi militer Belanda di Jawa dan Sumatra terhadap Republik Indonesia | Mengapa : Belanda merencanakan negara-negara boneka dan ingin mengembalikan kekuasaan Belanda atas Indonesia. | Siapa : Pemerintah Belanda di bawah van Mook dan Tentara Republik Indonesia di bawah pimpinan Jenderal Soedirman |
Pertempuran Agresi Militer 1 | ||
Bagaimana : Gencatan senjata akhirnya tercipta sementara. Belanda kembali mengingkari dengan Agresi Militer Belanda II. | Di Mana : Sumatra dan Jawa | |
Kapan : 21 Juli 1947 sampai 5 Agustus 1947. |
Apa : Belanda melancarkan agresinya yang kedua dengan menggempur Ibu kota RI, Yogyakarta. | Mengapa : Belanda masih ingin menjajah Indonesia dan mereka melihat persetujuan renvile lebih menguntungkan Indonesia | Siapa : Pemerintah Belanda di bawah Simon Hendrik Spoor dan Tentara Republik Indonesia di bawah pimpinan Jenderal Soedirman |
Pertempuran Agresi Militer 2 | ||
Bagaimana : Jatuhnya ibu kota menyebabkan dibentuknya Pemerintah Darurat RI di Sumatra yang dipimpin oleh Sjafruddin Prawiranegara. | Di Mana : Sumatra dan Jawa | |
Kapan : 19–20 Desember 1948 |
No. | Nama Hewan | Ciri-Ciri dan Habitat |
---|---|---|
1. | Ayam | Ciri ciri ayam yaitu : Hewan berkaki dua memiliki bulu Termasuk kedalam kelompok unggas Memiliki paruh Berkembang biak dengan bertelur Ciri ciri habitat ayam : Terdapat di daratan seperti hutan, pertanian, perkebunan, dan lain lain. |
2. | Bebek | Ciri ciri Bebek : Memiliki paruh Memiliki kaki yang lebar dan berselaput Bernafas dengan paru paru Berkembang biak dengan bertelur Ciri ciri habitatnya : Hidup di daratan dan perairan seperti danau, kolam, dan rawa. |
3. | Cicak | Ciri ciri Cicak Memiliki kaki perekat Hewan melata memiliki kulit yang bersisik Memiliki ekor yang panjang dan dapat putus Berkembang biak secara ovipar (bertelur) Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat |
4. | Ikan | Ciri ciri Ikan : Memiliki sisik dan lendir Memiliki sirip dan bernapas dengan insang Berkembang biak dengan ovipar, ovovivipar, atau vivipar Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan |
No. | Nama Hewan | Ciri-Ciri dan Habitat |
---|---|---|
1. | Kucing | Ciri ciri kucing yaitu : Memiliki kumis atau misai, Memiliki bantalan halus di telapak kaki. Memiliki penglihatan dan penciuman yang baik Memiliki alat keseimbangan Memiliki cakar untuk menangkap mangsa Ciri ciri habitat kucing : Terdapat di daratan seperti hutan dan perumahan |
2. | Kelinci | Ciri ciri Kelinci Memiliki telinga panjang Hewan ini berjalan dengan cara melompat Selalu siaga bereaksi ageresif untuk menjauhi ancaman Pertumbuhan giginya secara terus menerus Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat |
3. | Belut | Ciri ciri belut : Belut tidak memiliki sirip, Memiliki lendir pada tubuhnya Bernafas dengan insang. Banyak menghuni rawa-rawa, persawahan, Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan |
Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, kucing memiliki bantalan halus di telapak kaki agar tidak bersuara saat berjalan, kelinci berjalan dengan melompat menggunakan kakinya, dan belut memiliki insang agar dapat bernapas di air.
TUGAS TEMATIK
BAHASA INDONESIA KLIK DISINI
Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang kalian peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar