Materi Ajar : Kamis, 19 Agustus 2021 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 2
Materi Kelas 6
Hari/Tanggal : Kamis, 19 Agustus 2021
Tema : 2 (Persatuan dalam Perbedaan)
Subtema : 2 (Bekerja sama mencapai Tujuan)
Pembelajaran : 2
Mapel : Matematika, PPKN (3.4), SBDP (3.3)
Tujuan Pembelajaran:
1.Peserta didik mampu mengubah pecahan ke berbagai bentuk pecahan lainnya
2. Dapat menerapkan pengamalan sila ketiga Pancasila
3. Dapat mempraktekkan gerakan tari Indang.
Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar anak sholih dan sholiha? Semoga semunya dalam keadaan sehat wal afiayah dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Dalam masa pandemi sekarang ini Ibu Guru harapa kalian tetap waspada dan selalu menerapkan 5M yaitu:
1. Memakai masker
2. Menjaga Jarak
3. Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
4. Menjauhi kerumunan
5. Mengurangi mobilitas
Baik
anak sholih dan sholiha kita awali kegiatan kita pada pagi hari ini
dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah dan sholat dhuha.
Mari kita
mulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan Ayah/Bunda untuk
mendampingi ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran. jangan lupa
ucapkan "Tolong" ketika meminta bantuan, dan ucapkan "Terima kasih"
setelah mendapat bantuan, serta ucapkan "maaf" apabila berbuat
kesalahan.
Baik materi yang akan kita pelajari hari ini yaitu tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan) subtema 2 (Bekerja sama mencapai Tujuan) pembelajaran 2 dan Matematika.
Manfaat Bekerjasama
- Tangan kiri menumpu tangan kanan (membentuk sudut siku-siku) sembari menggerakkan ujung-ujung jari agar berbunyi (tuk). Dilakukan bergantian selama tiga kali. Kemudian, tangan kanan diayunkan ke arah kiri sehingga posisi tangan kanan menumpu tangan kiri.
- Tangan kanan ke depan, kemudian memukul lantai (bagian depan badan). Sedangkan tangan kiri ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang badan). Dilakukan secara bergantian selama tiga kali. Selanjutnya, tangan kanan dan kiri ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tangan kiri menumpu tangan kanan).
- Tangan kiri ke depan, kemudian memukul lantai (bagian depan badan). Sedangkan tangan kanan ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang badan). Dilakukan secara bergantian selama 3x. Selanjutnya, tangan kiri dan kanan ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku (tangan kanan menumpu tangan kiri).
- Ulangi gerakan nomor 2.
- Ulangi gerakan nomor 3
- Posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan. Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan
- Posisi badan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan di atas paha kiri. Tangan kiri di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.
- Ulangi gerakan nomor 6.
- Ulangi gerakan nomor 7.
- Posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan. Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan
- Posisi badan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan di atas paha kiri. Tangan kiri di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan. Digerakkan selama empat hitungan.
MENGUBAH PECAHAN
KD. 3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu mengubah pecahan ke berbagai bentuk pecahan lainnya
Mengubah Pecahan
1. Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran
Ubahlah pecahan 35/4 menjadi pecahan campuran
Caranya :
35 : 4 = 8 sisa 3
2. Mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa
ubahlah pecahan campuran 2 5/9 ke bentuk pecahan biasa.
2 5/9 = 2 × 9 + 5/9
3. Mengubah pecahan biasa ke desimal
Contoh:
atau bisa juga menjadikan penyebutnya 10,100,1000, seperti contoh berikut
4. Mengubah Pecahan desimal ke Pecahan biasa
Langkah-langkah penyelesainnya:
5. Pecahan Biasa ke Bentuk Persen
Persen
(%) artinya perseratus. 3% dibaca tiga persen. 10% dibaca sepuluh
persen. 3% sama artinya dengan 3/100 . 10% sama artinya dengan 10/100.
Contoh :
Mengubah penyebut pecahan menjadi 100.
a. | 1 | = | … % |
4 |
b. | 8 | = | … % |
10 |
a. | 1 | = | 1 × 25 | = | 25 | = | 25% |
4 | 4 × 25 | 100 |
b. | 8 | = | 8 × 10 | = | 80 | = | 80% |
10 | 10 × 10 | 100 |
6. Mengubah Pecahan Persen Menjadi Pecahan Biasa
Sebaliknya
untuk mengubah pecahan persen menjadi pecahan biasa dilakukan dengan
mengubah persen menjadi perseratus yang selanjutnya disederhanakan.
Contoh :
25% = 25/100 = (bagi dengan FPB 25 dan 100 yaitu 25) = 1/4
Untuk lebih jelasnya mari kita simak video pembelajaran berikut ini:
Nah bagaimana dengan penjelasan materi di atas, Ibu harap kalian dapat memahaminya dengan baik.
Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman kalian, silahkan kalian kerjakan soal latihan di bawah ini!!!
TUGAS HARI INI
1. Matematika : KLIK DI SINI
2. SBDP : Silahkan ananda mencoba gerakan tari Indang di rumah masing-masing dengan dibimbing Bunda/Kakaknya.
Tugas dikirim beserta kolase kegiatan daring kalian hari ini ke WA bu guru ya Nak!!!
Demikian pembelajaran kita hari ini, semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat.
Tetap semangat belajar di rumah, kerjakan sholat lima waktu on time, biasakan membaca Alquran dan murojaah hafalannya serta patuhi nasehat orangtua. Ibu akhiri
Wassalmualaikum wr.wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar