Pembelajaran
Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal
: Senin, 16 November 2020
Kelas : V
Tema
5
: Ekosistem
Subtema
1
: Komponen
Ekosistem
Pembelajaran :6
Assalamu'alaikum
warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih
sholihah
Semoga semuanya dalam
keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar
hari ini dengan berdoa
Anak-anak sudah siap
belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun
pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci
tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca
doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan
kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada
ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan lupa ucapkan TOLONG
bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan
TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 6
Hari ini kita akan belajar:
• Menjelaskan isi bacaan dengan menggunakan peta pikiran.
• Menyanyikan lagu bertangga nada minor dengan iringan musik.
Perhatikan gambar dua jenis ekosistem tersebut dengan saksama.
Diskusilah bersama dengan teman sebangkumu, perbedaan apa sajakah yang
dapat kamu lihat dari keduanya? Perhatikan semua komponen ekosistem yang
tampak pada gambar. Kelompokkan setiap komponen ekosistem yang termasuk
komponen biotik dan abiotik. Pernahkah kamu melihat kedua jenis
ekosistem di atas?
Apakah kamu pernah melihat ekosistem yang berubah dari masa ke masa?
Mengapa ekosistem dapat berubah? Apa sajakah yang menyebabkan perubahan
ekosistem? Simaklah dengan saksama bacaan berikut ini!
Perubahan Ekosistem
Ekosistem mengalami perubahan sepanjang waktu. Komponen-komponen di
dalam ekosistem dapat mengalami peningkatan maupun penurunan jumlah.
Misal, pada saat musim hujan, sebuah kebun akan mendapatkan lebih banyak
air hujan daripada saat musim kemarau. Tanaman tumbuh dengan baik.
Tikus-tikus tanah juga akan mendapatkan lebih banyak makanan daripada
biasanya. Kondisi ini akan peningkatan populasi tikus tanah di kebun
tersebut. Peningkatan jumlah tikus tanah akan mengakibatkan meningkatnya
populasi ular tanah. Peningkatan ini disebabkan ular tanah mendapatkan
banyak makanan berupa tikus tanah pada musim itu.
Pada musim kemarau, air hujan yang turun di kebun tersebut tentu
berkurang. Tanaman tumbuh lebih lambat. Makanan yang dihasilkannya juga
lebih sedikit. Keadaan ini akan mengakibatkan menurunnya populasi tikus
tanah yang memakan tanaman di kebun itu. Akibatnya, populasi ular tanah
pun akan berkurang karena berkurangnya sumber makanan pada musim itu.
Ekosistem mengalami perubahan baik secara alami maupun karena kegiatan
manusia. Perubahan musim, seperti dijelaskan di atas, merupakan salah
satu contoh perubahan alami. Selain musim, hal yang termasuk faktor
perubahan alami adalah bencana alam berupa gunung meletus, gempa, tanah
longsor, kebakaran hutan, tsunami, angin ribut, dan banjir. Manusia
dapat menjadi faktor penyebab terjadinya perubahan ekosistem. Manusia
melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pembukaan
lahan hutan untuk dijadikan sawah dan perkebunan akan mengubah
ekosistem. Kegiatan manusia yang menimbulkan pencemaran lingkungan,
dapat mengubah keseimbangan ekosistem. Masih banyak lagi kegiatan
manusia yang dapat mengubah ekosistem.
Berdasarkan bacaan di atas perhatikanlah setiap pokok pikiran di setiap
paragraf. Garis bawahilah informasi penting yang terdapat di dalamnya.
Lalu, buatlah sebuah peta pikiran yang menjelaskan isi bacaan tersebut
di tempat yang tersedia. Bandingkan peta pikiranmu dengan peta pikiran
yang dibuat oleh temanmu.
Ceritakan temuanmu!
Ayo Berkreasi
Kemarin kamu telah mempelajari sebuah lagu bernada minor, bukan?
Sudahkah kamu belajar menyanyikannya sesuai dengan nada yang terdapat
pada lagu tersebut? Bagaimana perasaanmu ketika menyanyikannya?
Pelajari kembali lagu tersebut, lalu gunakan alat musik yang dapat kamu
mainkan untuk mengiringi lagu tersebut. Berlatihlah kembali menyanyikan
lagu tersebut dengan iringan musik. Pahamilah isi lagu untuk membantumu
menghayati lagu bertangga nada minor tersebut. Secara bergantian,
nyanyikanlah lagu bertangga nada minor tersebut di depan kelas dengan
percaya diri.
Tugas siswa :
Ayo Berlatih
1. Apa saja yang menyebabkan terjadinya perubahan ekosistem?
2. Kegiatan manusia seperti apa sajakah yang dapat mempengaruhi ekosistem?
3. Usaha-usaha apa sajakah yang telah dilakukan masyarakat Indonesia untuk mempertahankan NKRI?
4. Sebutkan paling sedikit dua lagu nasional bertangga nada mayor dan minor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar