Total Tayangan Halaman

Senin, 16 November 2020

SENIN,16 NOVEMBER 2020/KELAS 5D

 

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 :  Senin, 16 November 2020

Kelas                            : V

Tema 5                         : Ekosistem

Subtema 1                    : Komponen Ekosistem

 Pembelajaran               :6

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  



Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 6


Hari ini kita akan belajar:
• Menjelaskan isi bacaan dengan menggunakan peta pikiran.
• Menyanyikan lagu bertangga nada minor dengan iringan musik.

tema-5-kelas-5-pembelajaran-6

tema-5-kelas-5-pembelajaran-6

Perhatikan gambar dua jenis ekosistem tersebut dengan saksama. Diskusilah bersama dengan teman sebangkumu, perbedaan apa sajakah yang dapat kamu lihat dari keduanya? Perhatikan semua komponen ekosistem yang tampak pada gambar. Kelompokkan setiap komponen ekosistem yang termasuk komponen biotik dan abiotik. Pernahkah kamu melihat kedua jenis ekosistem di atas?

Apakah kamu pernah melihat ekosistem yang berubah dari masa ke masa? Mengapa ekosistem dapat berubah? Apa sajakah yang menyebabkan perubahan ekosistem? Simaklah dengan saksama bacaan berikut ini!

Perubahan Ekosistem

Ekosistem mengalami perubahan sepanjang waktu. Komponen-komponen di dalam ekosistem dapat mengalami peningkatan maupun penurunan jumlah. Misal, pada saat musim hujan, sebuah kebun akan mendapatkan lebih banyak air hujan daripada saat musim kemarau. Tanaman tumbuh dengan baik. Tikus-tikus tanah juga akan mendapatkan lebih banyak makanan daripada biasanya. Kondisi ini akan peningkatan populasi tikus tanah di kebun tersebut. Peningkatan jumlah tikus tanah akan mengakibatkan meningkatnya populasi ular tanah. Peningkatan ini disebabkan ular tanah mendapatkan banyak makanan berupa tikus tanah pada musim itu.

Pada musim kemarau, air hujan yang turun di kebun tersebut tentu berkurang. Tanaman tumbuh lebih lambat. Makanan yang dihasilkannya juga lebih sedikit. Keadaan ini akan mengakibatkan menurunnya populasi tikus tanah yang memakan tanaman di kebun itu. Akibatnya, populasi ular tanah pun akan berkurang karena berkurangnya sumber makanan pada musim itu.

Ekosistem mengalami perubahan baik secara alami maupun karena kegiatan manusia. Perubahan musim, seperti dijelaskan di atas, merupakan salah satu contoh perubahan alami. Selain musim, hal yang termasuk faktor perubahan alami adalah bencana alam berupa gunung meletus, gempa, tanah longsor, kebakaran hutan, tsunami, angin ribut, dan banjir. Manusia dapat menjadi faktor penyebab terjadinya perubahan ekosistem. Manusia melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pembukaan lahan hutan untuk dijadikan sawah dan perkebunan akan mengubah ekosistem. Kegiatan manusia yang menimbulkan pencemaran lingkungan, dapat mengubah keseimbangan ekosistem. Masih banyak lagi kegiatan manusia yang dapat mengubah ekosistem.

Berdasarkan bacaan di atas perhatikanlah setiap pokok pikiran di setiap paragraf. Garis bawahilah informasi penting yang terdapat di dalamnya. Lalu, buatlah sebuah peta pikiran yang menjelaskan isi bacaan tersebut di tempat yang tersedia. Bandingkan peta pikiranmu dengan peta pikiran yang dibuat oleh temanmu.

Ceritakan temuanmu!

tema-5-kelas-5-pembelajaran-6
Ayo Berkreasi
Kemarin kamu telah mempelajari sebuah lagu bernada minor, bukan? Sudahkah kamu belajar menyanyikannya sesuai dengan nada yang terdapat pada lagu tersebut? Bagaimana perasaanmu ketika menyanyikannya?

Pelajari kembali lagu tersebut, lalu gunakan alat musik yang dapat kamu mainkan untuk mengiringi lagu tersebut. Berlatihlah kembali menyanyikan lagu tersebut dengan iringan musik. Pahamilah isi lagu untuk membantumu menghayati lagu bertangga nada minor tersebut. Secara bergantian, nyanyikanlah lagu bertangga nada minor tersebut di depan kelas dengan percaya diri.
 
Tugas siswa :

Ayo Berlatih

1. Apa saja yang menyebabkan terjadinya perubahan ekosistem?
2. Kegiatan manusia seperti apa sajakah yang dapat mempengaruhi ekosistem?
3. Usaha-usaha apa sajakah yang telah dilakukan masyarakat Indonesia untuk mempertahankan NKRI?
4. Sebutkan paling sedikit dua lagu nasional bertangga nada mayor dan minor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar