Total Tayangan Halaman

Senin, 23 November 2020

SENIN, 23 NOVEMBER 2020/KELAS 5D

 Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 :  Senin, 23 November 2020

Kelas                            : V

Tema 5                         : Ekosistem

Subtema 2                    : Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem

 Pembelajaran               : 5 dan 6

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  

 


Yuk kita simak video berikut ini untuk mengtahui materi kita pada hari ini.








Perubahan Ekosistem

Ekosistem mengalami perubahan sepanjang waktu. Komponen-komponen di dalam ekosistem dapat mengalami peningkatan maupun penurunan jumlah. Misal, pada saat musim hujan, sebuah kebun akan mendapatkan lebih banyak air hujan daripada saat musim kemarau. Tanaman tumbuh dengan baik. Tikus-tikus tanah juga akan mendapatkan lebih banyak makanan daripada biasanya. Kondisi ini akan peningkatan populasi tikus tanah di kebun tersebut. Peningkatan jumlah tikus tanah akan mengakibatkan meningkatnya populasi ular tanah. Peningkatan ini disebabkan ular tanah mendapatkan banyak makanan berupa tikus tanah pada musim itu.

Pada musim kemarau, air hujan yang turun di kebun tersebut tentu berkurang. Tanaman tumbuh lebih lambat. Makanan yang dihasilkannya juga lebih sedikit. Keadaan ini akan mengakibatkan menurunnya populasi tikus tanah yang memakan tanaman di kebun itu. Akibatnya, populasi ular tanah pun akan berkurang karena berkurangnya sumber makanan pada musim itu.

Ekosistem mengalami perubahan baik secara alami maupun karena kegiatan manusia. Perubahan musim, seperti dijelaskan di atas, merupakan salah satu contoh perubahan alami. Selain musim, hal yang termasuk faktor perubahan alami adalah bencana alam berupa gunung meletus, gempa, tanah longsor, kebakaran hutan, tsunami, angin ribut, dan banjir. Manusia dapat menjadi faktor penyebab terjadinya perubahan ekosistem. Manusia melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pembukaan lahan hutan untuk dijadikan sawah dan perkebunan akan mengubah ekosistem. Kegiatan manusia yang menimbulkan pencemaran lingkungan, dapat mengubah keseimbangan ekosistem. Masih banyak lagi kegiatan manusia yang dapat mengubah ekosistem.


Berdasarkan bacaan di atas perhatikanlah setiap pokok pikiran di setiap paragraf. Garis bawahilah informasi penting yang terdapat di dalamnya. Lalu, buatlah sebuah peta pikiran yang menjelaskan isi bacaan tersebut di tempat yang tersedia. Bandingkan peta pikiranmu dengan peta pikiran yang ibu contohkan di bawah ini.


latihan

1. Semangat gotong royong dan kekeluargaan di lingkungan rumah yaitu ….
a. menghindari tetangga yang terkena musibah
b. belajar bersama dengan teman di lingkungan rumah
c. meninggalkan orang tua yang sedang repot
d. menghindari kegiatan kerja bakti yang diadakan   

2. Musim hujan telah tiba. Pada musim hujan, air sungai di perkotaan meluber ke daerah pemukiman penduduk. Hal ini disebabkan daerah aliran sungai terlalu sempit dan dangkal. Kebiasaan masyarakat yang membuang sampah ke sungai menyebabkan aliran sungai terhambat. Sampah-sampah itulah yang membuat sungai tidak bersahabat lagi dengan manusia.
Ringkasan yang tepat dari paragraf tersebut adalah ….
a. Pada musim hujan, banjir terjadi karena daerah aliran sungai terlalu sempit dan dangkal akibat  dari kebiasaan masyarakat membuang sampah ke sungai.
b. Para penduduk seharusnya tidak membuang sampah di sekitar sungai agar aliran sungai tidak terhambat sehingga banjir tidak akan terjadi.
c. Bencana banjir dapat membawa kerugian yang besar bagi kehidupan manusia, makhluk hidup lain, dan lingkungan sekitar.
d. Pembuangan sampah di sekitar aliran sungai akan membuat pemukiman rumah di sekitar sungai menjadi tidak sehat dan mendatangkan bencana.


3. Sesuai paragraf tersebut, mengapa air sungai di perkotaan bisa meluber ke pemukiman warga?
  1. a. Karena sungai di perkotaan tidak lagi bersahabat dengan manusia.
    b. Karena debit air pada musim hujan melebihi daya tampung sungai.
    c. Karena daerah aliran sungai terlalu sempit dan dangkal akibat masyarakat membuang sampah ke sungai.
    d. Karena sampah-sampah membuat sungai tidak bersahabat lagi dengan manusia.
4. Perhatikan paragraf berikut!
  1. Sudah banyak calon pemudik yang menjadi korban calo. Calo sanggup mencarikan tiket untuk para pemudik dengan harga yang cukup tinggi. Bahkan, bisa dua kali lipat harga tiket. Namun, para pemudik tetap saja tergiur untuk membelinya. Hal ini karena mereka ingin pulang ke kampung halaman meskipun dengan harga tiket yang melambung.
    Kalimat tanya yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ….
    a. Siapa yang menjadi korban para calo?
    b. Mengapa para calo suka menaikkan harga tiket?
    c. Mengapa para pemudik ingin pulang ke kampung halaman?
    d. Apakah para pemudik tidak rugi dengan harga tiket yang tinggi?
5. Perhatikan paragraf berikut!
  1. Sisa makanan dan bakteri di gigi sering kita jumpai. Jika tidak dibersihkan, sisa-sisa makanan tersebut dapat mengikis gigi. Keduanya akan membentuk satu titik yang tidak terlihat. Semakin lama, titik tersebut akan membentuk lubang gigi. Oleh karena itu, menggosok gigi sesudah makan sangat penting untuk dilakukan.
    Informasi penting yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar