Total Tayangan Halaman

Rabu, 18 November 2020

RABU,18 NOVEMBER 2020/KELAS 5D

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 :  Rabu, 18 November 2020

Kelas                           : V E

Tema 5                        : Ekosistem

Subtema 2                  : Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Pembelajaran            : 2



kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Hari ini kita akan belajar:
• Menjelaskan rantai makanan yang ada pada suatu ekosistem.
• Mengenal tarian daerah dan propertinya.

Apakah sarapan pagimu hari ini? Adakah di antaramu yang sarapan dengan telur ayam? Lezat, bukan? Salah satu manfaat sarapan adalah memberikan energi bagimu untuk beraktivitas pada hari itu. Telur merupakan salah satu makanan protein yang sangat berguna bagi kesehatan tubuhmu. Tahukah kamu berasal dari manakah telur yang kamu makan saat sarapan? 

Ayo Berlatih

Kamu tentu tahu bahwa ayam menghasilkan telur yang bermanfaat bagi manusia. Ketika kita memakan telur ayam saat sarapan, kita mendapatkan energi dari telur ayam tersebut. Lalu, dari manakah ayam mendapatkan energi untuk menghasilkan telur? Diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu.

tema-5-kelas-5-subtema-2

berikut ini penjelasan mengenai rantai makanan pada gambar di atas

  1. Tumbuhan padi memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Jenis makanan yang diproduksi oleh tumbuhan berupa gula. Oleh tumbuhan padi makanan disimpan dalam bentuk biji.
  2. Konsumen tingkat I merupakan hewan herbivor atau pemakan tumbuhan. Contoh: konsumen tingkat I di ekosistem sawah adalah tikus. Biji padi yang dimakan tikus akan diubah ke dalam bentuk energi untuk melakukan aktivitas dan bereproduksi. 
  3. Konsumen tingkat II merupakan hewan karnivor yang akan memakan konsumen tingkat I. Contoh hewan konsumen tingkat II dalam ekosistem sawah adalah ular. Ular memakan tikus untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas. Konsumen tingkat I (tikus) merupakan sumber energi bagi konsumen tingkat II (ular) agar dapat bertahan hidup. 
  4. Konsumen tingkat III dalam ekosistem sawah memakan konsumen tingkat II. Contoh hewan konsumen tingkat III dalam ekosistem sawah adalah burung elang. Burung elang mendapatkan energi dengan cara memangsa hewan ular.
  5. Pada saat konsumen tingkat III mati, tubuhnya akan membusuk. Pada proses pembusukan, tubuhnya akan diurai oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Hasil penguraian ini kemudian akan diubah oleh mikroorganisme dalam tanah untuk menjadi sumber makanan bagi tumbuhan, seperti tanaman padi.
Keberadaan ekosistem juga dijadikan sebagai inspirasi dalam berkarya, seperti yang terdapat dalam beberapa tari daerah. Hasil panen yang diperoleh dari ekosistem sawah atau ladang dituangkan menjadi karya tari yang indah dan menarik. Beberapa tarian daerah juga menjadikan tindak tanduk hewan dalam sebuah ekosistem sebagai inspirasi tarian mereka. Berikut adalah beberapa tari daerah yang mengetengahkan tentang berkah Tuhan lewat ekosistem di sekitar.

tema-5-kelas-5-subtema-2

Setiap tarian daerah memerlukan perlengkapan (properti) yang dikenakan penari pada saat menarikannya. Properti tari bisa jadi berbeda antara satu tarian dengan tarian yang lain. Properti yang digunakan menjadi ciri khas tersendiri tarian tersebut. Bahkan, beberapa properti tari dijadikan sebagai nama bagi tarian tersebut. Misal payung yang digunakan dalam Tari Payung atau caping yang digunakan dalam Tari Caping Ngancak.


hapalakan tabel berikut dengan nama tarian dan properti yang digunakan.

Nama Tarian
Properti tari
Tari Payung
Payung
Tari Topeng
Topeng
Tari Pakarena
Kipas
Tari Bosara
Bosara
Tari Rangguk Ayak
Rebana
Tari Kuda Lumping
Kuda – kudaan dari rotan
Tari Remo
Keris dan Selendang

b. Menurut pendapatmu, apakah properti-properti tari yang digunakan memperkuat pesan yang disampaikan lewat tarian?
jawab: 
Ya, Karena properti - properti tari yang digunakan dalam menari memang sejatinya guna memperkuat, mempertegas, serta memperjelas pesan yang disampaikan.

c. Sebutkan tarian yang menggunakan lebih dari dua properti untuk menarikan tarian tersebut.
jawab:
  1. Tari Cakalele (dari Maluku Utara Minahasa), Properti utamanya berupa Perisai dan Parang.
  2. Tari Kancet Papatai (dari Dayak Kalimantan), Properti utamanya berupa mandau, baju perang, dan perisai.

TUGAS TEMATIK HARI INI
LKS pad modul TEMATIK
Halaman 91 MUATAN IPA dan SBDP tulis dengan rapi dan lampirkan nama lengkap dan nomor absenmu!
Selamat mengerjakan!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar