Total Tayangan Halaman

Kamis, 06 Agustus 2020

Kamis, 6 Agustus 2020/Kelas VD

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 Hari/tanggal                   : Kamis, 6  Agustus 2020
     Kelas                                V
      Tema 1                             : Organ Gerak Hewan dan Manusia
      Subtema 3                       : Lingkungan dan Manfaatnya
      Pembelajaran                 :1
     
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyah
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
TEMATIK
Menentukan ide pokok dari bacaan Gerabah dari Pulau Madura

Gerabah dari Pulau Madura

Salah satu warisan karya budaya yang sangat tua, luas persebaranya, dan mampu bertahan hingga sekarang adalah gerabah, yakni barang pecah belah dari tanah bakar yang dibuat secara tradisional. Gerabah juga dikenal dengan sebutan tembikar. Gerabah konon sudah dibuat manusia sejak mereka hidup menetap dan mulai bercocok tanam beberapa ribu tahun sebelum tahun masehi, dan kini masih kita dapatkan di seluruh pelosok Nusantara, tidak terkecuali di Pulau Madura.
 Ayo Membaca
Gerabah dari Pulau Madura
No.ParagrafIde Pokok
1.PertamaSalah satu di antara warisan karya budaya yang sangat tua, luas persebaranya, dan mampu bertahan hingga sekarang adalah gerabah, yakni barang pecah belah dari tanah bakar yang dibuat secara tradisional.
2.KeduaPada situs-situs kebudayaan dan purbakala, banyak dijumpai gerabah atau tembikar yang difungsikan sebagai peralatan atau perkakas rumah tangga dan untuk keperluan peribadahan serta penguburan mayat.
3.KetigaTak terkecuali di Pulau Madura, gerabah dibuat untuk difungsikan sebagai peralatan sehari-hari masyarakat setempat, yang dilakukan secara tradisional seperti apa yang dilakukan oleh para pendahulunya.
4.KeempatGerabah-gerabah yang dihasilkan oleh para pengrajain di Madura adalah gerabah yang dibuat dari tanah liat yang berwarna kuning dengan pasir halus.
5.KelimaBeberapa daerah di Madura menjadi penghasil gerabah seperti di Mandala Andulyang, Duko Ru Baru, Yangkatan Kyangean, Baragung, Pademawa, Dalpenyang Pakaporan, Blega Byangkalan, dan lain-lain.
6.KeenamMemang tidak semua daerah di Madura menghasilkan gerabah.
7.Ketujuh
8.Kedelapan
9.Kesembilan
10.Kesepuluh
11.Kesebelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar