Total Tayangan Halaman

Jumat, 14 Agustus 2020

JUMAT,14 AGUSTUS 2020/KELAS 5D

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 Hari/tanggal                   : Jum'at, 14 Agustus 2020
     Kelas                                V
      Tema 2                             : Udara Bersih bagi Kesehatan
      Subtema 1                       : 1. Cara Tubuh Mengolah Udara bersih
      Pembelajaran                 :1
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  

“Salam Pramuka” “Hari ini adalah Hari Pramuka tepatnya tanggal 14 Agustus”

Masih ingat  “Tepuk Pramuka'' yuk kita sama-sama tepuk pramuka!
Sebelum kita evaluasi daring yuk literasi dulu dengan membaca teks di bawah ini untuk materi baru di TEMA 2

 

1. Alat dan sistem pernapasan pada cacing
Cacing tidak mempunyai alat pernapasan khusus, cacing bernapas melalaui permukaan kulit, kulit cacing selalu basah dan berlendir untuk memudahkan penyerapan oksigen dari udara. Di bawah kulit cacing yang tipis, terdapat pembuluh udara. saat udara masuk melalui kulit, oksigen diikat oleh darah.


Pada darah cacing terkandung hemoglobin sehingga mampu mengikat oksigen. Oksigen yang diikat oleh hemoglobin langsung diedarkan keseluruh tubuh. Zat sisa pembakaran berupa karbon dioksida dan uap air dikeluarkan dari tubuh juga melalui permukaan kulit.
2. Alat dan Sistem Pernapasan pada Serangga (Insekta)
Seperti hewan lain, serangga bernapas dengan mengisap oksigen dan melepaskan karbon dioksida.  Alat pernapasan serangga berupa trakea, yaitu sistem tabung yang memiliki banyak percabangan di dalam tubuh. Percabangan trakea disebut trakeola. Trakea mengedarkan oksigen langsung ke semua sel tubuh dan organ serta menyerap karbon dioksida dari semua sel tubuh untuk dibuang.

Udara memasuki trakea melalui pori-pori kecil di permukaan tubuh serangga yang disebut spirakel. Selanjutnya udara beredar melalui pembuluhudara kecil. Sel-sel tubuh mengambil oksigen langsung dari pembuluh udara kecil itu. Karbon dioksida dari sel akan mengalir ke trakeola, lalu dibuang melalui lubang spirakel.
3. Alat dan Sistem Pernapasan pada Ikan (Pisces)
 
Ikan bernapas dengan organ khusus miripsaringan yang disebut insang. Insang berbentuk lembaran tipis berwarna merah muda dan selalu lembap. Insang terdapat tepat di belakang rongga mulut pada kedua sisi kepala ikan. Biasanya insang dilindungi oleh selaput atau rangka yang disebuttutup insang (operkulum). Di balik tutup insang ini terdapat empat deret insang yang saling tumpang tindih. Pada insang terdapat pembuluh darah halus. Pembuluh darah itu dapat menyerap oksigen yang terkandung dalam air dan melepaskan karbon dioksida dari darah. Insang juga berfungsi sebagai alat pengeluaran garam-garam dan sebagai penyaring makanan.
4. Alat dan Sistem Pernapasan pada Hewan Amfibi
Katak termasuk hewan amfibi, yaitu hewan yang hidup di darat dan di air. Saat masih berupa kecebong, katak hidup di dalam air dan bernapas menggunakan insang. Insang kecebong terletak di luar tubuhnya dan terdiri atas lembaran-lembaran kulit halus mengandung kapiler darah. Setelah berumur 9 hari, kecebong bernapas menggunakan insang dalam. Insang dalam akan menyusut seiring mulai berfungsinya paru-paru dan katak muda pun tumbuh menjadi katak dewasa. Katak dewasa bernapas menggunakan paru-paru dan permukaan kulit.
 
Di dalam paru-paru terdapat banyak gelembung udara yang sangat kecil, berselaput, dan penuh dengan kapiler darah. Di dalam gelembung udara, oksigen diserap dan karbon dioksida dikeluarkan. Selain dengan paru-paru, katak juga bernapas melalui kulit. Permukaan kulit katak selalu basah agar memudahkan penyerapan oksigen dari udara.
5. Alat dan Sistem Pernapasan pada Reptil
Hewan yang termasuk jenis reptil di antaranya ialah ular, kadal, cecak, buaya, dan biawak. Reptil bernapas mengunakan paru-paru. Udara masuk melalui hidung, lalu ke batang tenggorokan, lalu ke paru-paru. Kantong udara burung berfungsi sebagai tempat menyimpan udara. Saat tidak terbang, burung menghirup udara sebanyak-banyaknya. Udara yang dihirup itu kemudian disimpan dalam kantong udara. Saat terbang, burung tidak menghirup udara melainkan mengambil dari kantong udara.Kantong udara juga membantu burung saat terbang, membantu mencegah
hilangnya panas tubuh yang terlalu besar, dan memperkeras suara.
6. Alat dan Sistem Pernapasan pada Mamalia
Mamalia adalah jenis hewan yang menyusui anaknya. Ada dua jenismamalia, yaitu mamalia darat dan mamalia air. Mamalia darat misalnya kambing, sapi, kerbau, dan kuda. Mamalia air misalnya paus, duyung, dan lumba-lumba. Alat pernapasan mamalia darat terdiri atas hidung, pangkal 
Tenggorok, batang tenggorok, dan paru-paru. Perhatikan gambar organ pernapasan kuda berikut.
Pada mamalia air, hidungnya dilengkapi dengan katup. Saat mamalia tersebut menyelam, katup akan menutup. Sebaliknya, saat mamalia tersebut muncul ke permukaan air, katup terbuka. Saat itulah mamalia air tersebut akan menghirup oksigen serta mengeluarkan karbon dioksida
dan uap air.
anak-anak hari ini seperti janji ibu bahwa kita akan mengadakan evaluasi daring untuk tema 1 subtema 2 dan subtema 3 
Muatan pelajaran hari ini bisa klik link di bawah ini ya anak soleh soleha!

1. muatan Matematika

https://forms.gle/vZ46Wp2tF2hGgA7E9 


2. Muatan PPKN

https://forms.gle/aoazSZzHZsG1Znk66

3. Muatan Sbdp

https://forms.gle/63BPLwgGvsCieBDz5


selamat mengerjakan anak-anak kerjakan dengan jujur dan teliti ya, ingatlah Allah selalu melihat perbuatan kita....
GOOD LUCK!


PESAN UNTUK ORANG TUA

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Semangat kemerdekaan, dan semangat berkarya di rumah. Pada moment kemerdekaan kali ini kita melaksanakan kegiatan untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia.

Mohon Ayah/Bunda untuk mendampingi dan menyemangati ananda untuk ikut serta dalam kegiatan spesial kemerdekaan.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.


Agustus adalah bulan kemerdekaan negara kita, tepatnya nanti tanggal 17 Agustus. Kita akan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Meskipun kita tidak dapat merayakannya seperti tahun-tahun sebelumnya, kita bisa merayakan bersama dengan anggota keluarga di rumah. Sekarang mari kita sambut perayaan HUT RI bersama keluarga dengan cara menyanyikan lagu Hari Merdeka.

Contoh video lagu Hari Merdeka dapat disimak pada link berikut:



Lagu Hari Merdeka adalah salah satu contoh lagu yang bertangga nada diatonis mayor, dengan ciri-ciri sebagai berikut:
 1. Bersifat riang gembira
2. Bersemangat
3. Biasanya diawali dan diakhiri nada do (1). Namun tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada la (5) atau mi (3) dan diakhiri nada do (1).
 Nah, hari ini kita akan melakukan perlombaan. Yeay! 

Tugas kalian adalah proyek kelas yang batas pengumpulan tugasnya sampai tanggal 18 Agustus 2020dapat dipilih salah satu di bawah ini :

1. menyanyikan lagu “Hari Merdeka” bersama keluargamu, diiringi dengan musik (alat musik yang ada di rumah saja)boleh juga video karaoke dari youtube dan menggunakan atribut bernuansa kemerdekaan.

2. Berpose dan bergaya seheboh mungkin bersama anggota di rumah boleh dengan ayah bunda, adik kakak atau berfoto sendiri,jangan lupa ada nuansa merah putihnya ya. foto anak-anak boleh diedit sebagus mungkin.

Kostum yang Paling Sering Kamu Temui Pada Saat 17 Agustusan ...



Kirim hasil pekerjaan kalian berupa video lagu, puisi atau pun foto dan mengunggahnya di WAG kelas.
kegiatan ini akan ibu masukkan dalam penilaian komptensi keterampilan (KI4)

SELAMAT BERKREATIFITAS YA ANAK-ANAK HEBAT!


DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-75
MERDEKA....MERDEKA...MERDEKA JAYALAH SELALU INDONESIAKU!

Jangan lupa rapikan alat-alat belajar kalian sendiri dan ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih.
WASSALAMUALAIKUM WR.WB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar