Total Tayangan Halaman

Senin, 13 April 2020

SENIN, 13 APRIL 2020/KELAS VA

TEMA 9 SUB 1 PB 6 

MATERI AJAR HARI SENIN, 13 APRIL 2020

TEMA 9    BENDA-BENDA DISEKITAR KITA
Subtem 1    Zat Tunggal dan Campuran
PB 6
               Assalaamu'alaikum..hai anak-anak bu guru, semoga kalian selalu sehat wal 'afiat dan selalu dilindungi oleh Allah SWT. jangan lupa pesan bu guru untuk selalu menjalankan ibadah dan patuh pada orang tua.

PKN
                                Kerukunan dalam keragaman budaya Indonesia
Wilayah Indonesia  terbentang dari Sabansampai  Merauke. Luasnya wilayah Indonesia menyebabkan munculnya  keragama budaya,  seperti upacaraadat, rumah adat, tari daerah,  dan lagu daerah.  Perbedaan  budaya di Indonesia tidak boleh menjadi sumber  konflik.  Setiap warga Indonesia wajib  menghargainya sehingga persatuan dan kesatuan  dapat  terjaga. Oleh karena itu, Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal lka yang berarti berbeda-beda, tetapi tetap satu  jua
Semboyan Bhinneka Tunggal lka berisi tekad bangsa Indonesia  untuk tetap menjunjung persatuan dan kesatuan  meskipun memiliki  banyak perbedaan. Oengan demikian, meskipun kita berasal  dari  suku,  budaya, dan agama yang berbeda, kita tetap satu Indonesia.    Kita  mempunyai bahasa persatuan dan tanah air yang sama, yaitu  bahasa  Indonesia dan tanah  air Indonesia. Kita juga  memiliki   bender kebangsaa sebagai lambang identitas bangsa,  yakni bendera merah putih.  Kita  bersatu  di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

Kunci dari persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia  adalah kerukunan antarsuku, budaya, dan agama di Indonesia. Hal tersebut  dapat terwujud dengan  sikap   saling menghargai  dan menoleransi  keragaman. Dengan demikian, kita dapat hidup   rukun, saling  membantu, dan bekerja sama.
 


Berikut   ini beberapa   contoh perilaku hidup rukun sebagai warga masyarakat.


1.  Menyapa dan senyum kepada tetangga  saat berpapasan.
2.  Bersikap sopan dan berkata santun saat berbicara.
3.  Menghargai tetangga  yang berbeda agama, suku,  atau status sosial.
4.  Mengikuti kegiatan di masyarakat seperti  kerja bakti  dan ronda.
5.  Membantu tetangga yang mengadakan hajatan

Bahasa Indonesia
Memberi pendapat terhadap iklan cetak


iklan    tersebut     berisi    pengumuman     berbagai macam lomba dengan tema kerukunan umat beragama. Tujuan pembuatannya adalah     menarik    perhatian    masyarakat    untuk mengikuti lomba.   lklan   tersebut    disajikan   dengan  kalimat singkat dan mudah dipahami masyarakat.Penggunaan  gambar  pada iklan mendukung damemperjelas isi iklan. Bahasa    iklan   menonjolkan keunggulan  yang berupa hadiayang  diperebutkan sehingga dapat menjadi   daya tarik  masyarakat.Di sisi lain, unsur-unsur iklan  yang terdapat dalam  iklan  cetak  tersebut  juga lengkap  meliputi judul, subjudul, isi  iklan,serta gambar


SBdP

                                       Alat Musik Melodis

Alat musik melodis merupakan alat musik yang dapat membunyikan melodi dalam lantunan lagu, namun pada umumnya tidak dapat memainkan kord secara sendirian.
Dengan kata lain, dimaksudkan bahwa alat musik melodis adalah alat musik yang dapat menghasilkan suatu nada atau notasi do, re, mi, fa, so, la, si, do yang dapat melengkapi bunyi yang dihasilkan oleh alat musik ritmis.

Fungsi Alat Musik Melodis

Alat musik melodis dapat berfungsi sebagai alat pengaturan nada dalam sebuah musik maupun lagu.
1. Angklung                                   2. kecapi                                    3. Sasando



Tidak ada komentar:

Posting Komentar