RABU,18 MARET 2020
Informasi penting apa yang dapat kamu temukan pada teks “Air untuk
Kebutuhan Sehari-hari?” Tulislah dalam bentuk peta pikiran berikut.
KUNCI JAWABAN MATEMATIKA
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Balok adalah bangun ruang yang dapat dibentuk oleh bangun datar ....
a. persegi
b. persegi dan persegi panjang
c. persegi panjang dan lingkaran
d. persegi panjang dan segitiga
2. Perhatikan gambar di bawah ini !
Yang bukan merupakan jaring-jaring balok adalah gambar ....
a. A
b. B
c. C
d. D
3. Rumus volume dan luas permukaan balok adalah ....
a. V = p x l x t, L = p x l + p x t + l x t
b. V = p x l x t, L = 2 (p x l + p x t + l x t)
c. V = p x l x t , L = 4 (p x l + p x t)
d. V = p x l x t , L = 6 (p x l)
4. Sebuah balok memiliki panjang 28 cm, lebar 14 cm, dan tingginya 12 cm. Volume balok tersebut adalah .... cm³
a. 4.700
b. 4.702
c. 4.704
d. 4.706
5. Volume suatu balok dengan panjang 17 cm, lebar 11 cm, dan tinggi 8 adalah .... cm³
a. 1.496
b. 1.498
c. 1.502
d. 1.516
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Balok adalah bangun ruang yang dapat dibentuk oleh bangun datar ....
a. persegi
b. persegi dan persegi panjang
c. persegi panjang dan lingkaran
d. persegi panjang dan segitiga
2. Perhatikan gambar di bawah ini !
Yang bukan merupakan jaring-jaring balok adalah gambar ....
a. A
b. B
c. C
d. D
3. Rumus volume dan luas permukaan balok adalah ....
a. V = p x l x t, L = p x l + p x t + l x t
b. V = p x l x t, L = 2 (p x l + p x t + l x t)
c. V = p x l x t , L = 4 (p x l + p x t)
d. V = p x l x t , L = 6 (p x l)
4. Sebuah balok memiliki panjang 28 cm, lebar 14 cm, dan tingginya 12 cm. Volume balok tersebut adalah .... cm³
a. 4.700
b. 4.702
c. 4.704
d. 4.706
5. Volume suatu balok dengan panjang 17 cm, lebar 11 cm, dan tinggi 8 adalah .... cm³
a. 1.496
b. 1.498
c. 1.502
d. 1.516
Tema 8 subtema 3 Pb 2
Tema 8 Subtema 3 Pb 2
Kamis, 19 Maret 2020
Kamis, 19 Maret 2020
Assalamualaikum wr wb. Siswa siswi kelas V
semoga kita selalu sehat ya. Mari bersiap untuk Home learning day 3
Hari ini kita akan membahas tentang dampak
kualitas air dalam kehidupan. Periapkan buku latihan mu ya. Semangat!
Literasi
Muatan
IPA
Pengaruh Kualitas Air
3.8
Menganalisis
siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan hidup
Air tercemar tidak layak untuk kita minum.
Kita akan mengalami sakit perut jika meminum air yang tercemar. Air yang
tercemar juga tidak dapat digunakan untuk mencuci baju. Misalnya kita tidak
bisa mencuci baju menggunakan air yang tercampur minyak. Air tersebut justru
membuat baju kita tidak bersih karena minyak menempel pada baju.
Air tercemar biasanya mengandung banyak
limbah detergen dan limbah cair dari industri. Limbah detergen dan limbah cair
dari industri tidak baik bagi ikan-ikan di sungai. Sebab limbah tersebut
mengandung bahan kimia yang berbahaya. Jika limbah tersebut dibuang ke sungai
kehidupan disungai akan terganggu. Ikan dan tumbuhan air akan mati. Jadi
kualitas air sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup. Baik manusia, hewan,
dan tumbuhan memerlukan air yang tidak tercemar. Oleh karena itu kita harus
menjaga ketersediaan air.
Cara menjaga ketersediaan air bersih.
Pengaruh Kulaitas Air bagi keluarga
Air berperan penting bagi kehidupan, air
yang kita konsumsi harus memiliki kualitas yang baik jika kualitas air tidak
baik akan terjadi hal-hal berikut ini:
1. Kesehatan keluarga dan hewan peliharaan
akan terganggu
2. Pakaian dan peralatan makan akan kotor
3. Tanaman akan layu dan mati
Jika kita menggunakan air yang berkualitas
maka anggota keluarga akan menjadi sehat, pakaian, peralatan makan, dan rumah
kita pun menjadi bersih.
Bahasa Indonesia
3.8
Menguraikan
urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
Bacalah dengan seksama teks
berikut ini
Tugas Home Learning day 3
Berdasarkan teks di atas jawablah
pertanyaan di bawah ini
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Setiap tanggal berapa diperingati
Hari Air Sedunia?
|
|
2.
|
Faktor-faktor apasaja yang
menyebabkan berkurangnya persediaan air bersih?
|
|
3.
|
Apa akibat kekurangan air
bersih?(Tuliskan 2)
|
|
4.
|
Upaya apa yang dapat
dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih?(tuliskan 2)
|
SBdP
3.1
Memahami
gambar Cerita
Gambar cerita adalah gambar yang
menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa.
Gambar cerita menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Gambar cerita lebih
fokus pada sajian gambar yang membentuk sebuah alur cerita. Objek sebuah gambar
cerita disesuaikan dengan narasi atau tema yang telah dibuat. Perhatikan contoh
gambar cerita di bawah ini.
Gambar cerita banyak ditemui pada buku
cerita terutama untuk anak-anak, untuk menceritakan sebuah peristiwa, baik
peristiwa yang benar-benar terjadi atau cerita imajinasi.
Dalam buku cerita ada gambar berseri.
Gambar berseri dibuat secara urut sesuai dengan urutan cerita didalamnya.
Fungsi gambar cerita adalah memperjelas
alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi barang, menarik
perhatian, menambah nilai artistik/keindahan. Dan sarana untuk mengungkapkan
perasaan penggambarnya.
Ciri-ciri gambar cerita
1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu
penjelasan atau cerita
2. Memberikan gambaran singkat isi tulisan
atau cerita yang disampaikan
3. Menambah nilai keindahan sajian sebuah
tulisan atau cerita.
Menentukan Tema dalam membuat Gambar cerita
Setiap gambar cerita biasanya memiliki
tema. Tema merupakan ide atau gagasan ketika kita akan membuat sebuah gambar.
Tema dapat memudahkan kita dalam menentukan objek gambar dan alur cerita dalam
gambar cerita. Kita bisa menentukan tema gambar cerita berdasarkan pengalaman
yang pernah kita lakukan.
Menggambar cerita dapat dilakukan dengan
teknik kering dan teknik basah. Menggambar cerita dengan teknik kering tidak
memerlukan pengencer seperti air melainkan langsung dibuat pada kertas gambar.
Teknik basah menggunakan media berupa cat air, cat minyak, tinta bak, atau media lain yang memerlukan air atau minyak khusus sebagau pengencer.
Matematika
Membaca data
dalam bentuk daftar, dan tabel
Latihan Soal
1. Berikut beberapa nilai ulangan matematika Nisya
70,70,80,90,70,80,90
a.
Berapa kali Nisya ulangan matematika?
b.
Berapa kali Nisya mendapatkan nilai 80?
c.
Berapakah nilai tertinggi yang diperoleh Nisya?
2. Berikut ini data berat badan (dalam kg) siswa
kelas 5
31,33,40,35,34,40,32,35,47,34
33,35,38,36,32,40,44,42,50,43
39,41,43,40,37,39,41,48,46,35
33,35,38,36,32,40,44,42,50,43
39,41,43,40,37,39,41,48,46,35
a. Berapakah jumlah siswa kelas V?
b.
Berapa kg berat siswa yang paling tinggi?
c.
Berapa banyak siswa yang memilki berat badan 40 cm?
d.
Berapa berat badan siswa paling rendah?
e.
Berapakah selisih jumlah siswa yang memiliki berat 35 cm dengan siswa yang memiliki tinggi 33 cm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar