Total Tayangan Halaman

Kamis, 19 Maret 2020

JUMAT,20 MARET 2020/KELAS VA

MATERI AJAR HARI JUMAT, 20 MARET 2020

Tema 8         Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3    Upaya Pelestarian Lingkungan
PB 3

Assalamu'alaikum wrwb ananda siswa dan siswi kelas V A home learning hari ini kita akan belajar tentang pengaruh kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan kita. Untuk memulai belajar kita literasi dulu ya. Oke...
Untuk soal-soal latihan bisa disimak ada disela-sela literasi.

Literasi
Muatan Bahasa Indonesia
3.8          Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi

Peta pikiran dapat diartikan sebagai suatu cara untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas, teks bacaan, atau informasilainnya dalam bentuk diagram. Peta pikiran dapat memudahkan pembaca untuk memahami suatu informasi dan lebih mudah diingat, serta mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci. Perhatikan teks bacaan di bawah ini

Pengaruh Kegiatan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi tersebut saling berkaitan satu sama lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat akan mengganggu kegiatan ekonomi lainnya.

1. Produksi
Petani menanam padi di sawah, lalu memberi pupuk, dan menyiangi rumput yang tumbuh disela-sela tanaman padi. Setelah bulir-bulir padi mulai bernas, petani mengusir burung-burung yang berusaha memakan bulir padi itu. Saat padi menguning, itulah saatnya petani memanen. Hasil panen lalu dijual.


Dari ilustrasi tersebut petani telah melakukan kegiatan produksi. Jadi produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.
Kegiatan produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasa yang dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi dapat berasal dari sumber daya alam atau sumber daya manusia. Sumber daya ekonomi dapat diolah menjadi modal dasar pembangunan. Bagi pemilik sumber daya ekonomi adanya proses produksi memungkinkannya memperoleh balas jasa. Balas jasa ini berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi produsen, adanya proses produksi menyebabkan produsen memperoleh keuntungan. Selanjutnya keuntungan tersebut digunakan untuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup. Tujuannya untuk mencapai kemakmuran hidup.

2. Distribusi
Setiap hari kita membutuhkan makanan dan mengenakan pakaian. Bahan makanan tersebut dihasilkan di suatu tempat tertentu. Pakaian juga diproduksi di tempat tertentu. Untuk mendaangkan bahan makanan dan pakaian diperlukan kegiatan penyaluran. Kegiatan inilah yang disebut distribusi. Jadi distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor. Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang memadai. Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.

3. Konsumsi
Perhatikanlah aktivitas teman sekolah ketika waktu istirahat!. Ada yang jajan di kantin ada pula yang makan bekal dari rumah. Jajan dikantin dan makan bekal termasuk kegiatan konsumsi.

Konsumsi adalah kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan dapat berupa uang atau waktu 

Muatan IPS
3.3          menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang


perhatikan peta pikiran di bawah ini 
 
Tugas melakukan identifikasi kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar

Kegiatan
Jenis Kegiatan
Orang yang diuntungkan
Keuntungan yang diperoleh 
Membuat kerupuk
Produksi
Masyarakat yang suka makan kerupuk
Makan lebih lahap
Membuat Lemari



Membuat batu bata



Menjual Pasir



Menjual alat tulis



Menjual pakaian



Makan nasi



Mengenakan seragam



Mengenakan sepatu




Muatan PPKn
3.3         menelaah keragaman sosial budaya masyarakat

Keragaman jenis usaha dalam kegiatan ekonomi menimbulkan keragaman sosial dalam masyarakat. Untuk mendukung keragaman sosial dibutuhkan kebersamaan dalam masyarakat. Berikut ini adalah keuntungan dari keragaman sosial akibat berbagai jenis usaha.
1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
2. Mempercepat proses pertumbuhan ekonomi
3. Tersedianya semua kebutuhan barang dan jasa
4. Terciptanya lapangan kerja baru untuk masyarakat
5. Memudahkan masyarakat mendapatkan barang dan jasa.

Sikap toleransi atas keragaman sosial budaya
Masyarakat Indonesia memiliki keragaman sosial dan budaya. Untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, sikap toleransi sangat dibutuhkan. Sikap toleransi harus terus kita pupuk dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini bentuk sikap toleransi yang bisa kita lakukan di lingkungan tempat tinggal yaitu :
1. Bangga terhadap keragaman budaya di masyarakat
2. Menghargai perbedaan sosial budaya di lingkungan
3. Saling membantu tanpa membeda bedakan status sosial dan budaya
4. Bersikap adil terhadap semua warga meskipun berbeda sosial dan budaya.

MATEMATIKA
       
A. Penyajian data

Berdasarkan hasil sensus diketahui bahwa angkatan kerja dI Indonesia
yang bekerja di sektor pertanian 60 juta, jasa 25 juta, perdagangan 18
juta, industri 12 juta, lain-lain 5 juta. 


















 3. DIGRAM GARIS 
Perhatikan diagram berikut ini

Diagram di atas adalah data dari jumlah pengunjung ke Pantai Gemah dari tanggal 1 sampai tanggl 10 Februari.
SOAL
 
1. Berikut adalah data kegemaran siswa SD Al-Azhar 1 yaitu :
    sepak bola 28 orang, volley 14 orang, renang 18 orang,
    bulutangkis 12 orang dan catur 8 orang.
    Sajikan data tersebut dalam bentuk:
    a. Tabel
    b. Diagram batang
    c. Diagram garis


 B. Menentukan rata-rata hitung dan Modus

 Untuk menentukan rata-rata sebuah data, yang harus dilakukan adalah:
 Susun data tersebut ke dalam tabel frekuensi dari yang terbesar.
 Modus = nilai yang sering muncul dari suatu data.

Contoh 
Nilai ulangan matematika adalah sebagai berikut:
     8   6   7   5   4   5   6   5   7   6
     7   5   6   7   6   5   7   5   5   8



    













Mengurutkan Data termasuk Nilai Tertinggi dan Terendah
Dari 20 siswa kelas V SD Al-Azhar 1 diperoleh data berat badan sebagai
berikut:
30 46 45 50 35
47 50 36 40 45
38 48 40 45 30
30 35 48 46 45
 

Tentukan: a. Berat badan terendah
                 b. Berat badan tertinggi
Jawaban

Terlebih dahulu, urutkan datanya menjadi:
30  30  30  35  35  36  38  40  40  45
45  45  45  46  46  47  48  48  50  50
Maka, berat badan terendah = 30
berat badan tertinggi   = 50
Suatu data diurutkan dari tertinggi ke yang terendah atau dari yang
terendah ke yang tertinggi.


SOAL

2. Dari 10 kali ulangan IPA, Eti memperoleh nilai : 70  60  75  57 80  65  83  70  70  70
    Tentukan :
     a. Nilai tertinggi                 c.   Nilai rata-rata (mean)
     b. Nilai terendah               d.   Modus

 

3. Berikut adalah hasil penimbangan berat badan siswa kelas 5 sebagai berikut :
    2 orang beratnya @ 22 kg
    4 orang beratnya @ 24 kg
    5 orang beratnya @ 25 kg
    7 orang beratnya @ 26 kg
    6 orang beratnya @ 27 kg
    5 orang beratnya @ 28 kg
    1 orang beratnya @ 31 kg
        

    a. Berapa banyak siswa kelas 5?
    b. Berapa kg rata-rata berat badan siswa kelas 5?
    c. Berapa modusnya?
    d. Berapa kg selisih berat badan terberat dan teringan?

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar