Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan
PB 3
Assalamu'alaikum wrwb ananda siswa dan siswi kelas V A home learning hari ini kita akan belajar tentang pengaruh kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan kita. Untuk memulai belajar kita literasi dulu ya. Oke...
Untuk soal-soal latihan bisa disimak ada
disela-sela literasi.
Literasi
Muatan
Bahasa Indonesia
3.8
Menguraikan
urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
Peta pikiran dapat diartikan sebagai suatu
cara untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas, teks bacaan,
atau informasilainnya dalam bentuk diagram. Peta pikiran dapat memudahkan
pembaca untuk memahami suatu informasi dan lebih mudah diingat, serta
mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci. Perhatikan
teks bacaan di bawah ini
Pengaruh Kegiatan Ekonomi Terhadap
Kesejahteraan Masyarakat
Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak
lepas dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi,
distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi tersebut saling berkaitan
satu sama lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat akan mengganggu kegiatan
ekonomi lainnya.
1. Produksi
Petani menanam padi di sawah, lalu memberi
pupuk, dan menyiangi rumput yang tumbuh disela-sela tanaman padi. Setelah
bulir-bulir padi mulai bernas, petani mengusir burung-burung yang berusaha
memakan bulir padi itu. Saat padi menguning, itulah saatnya petani memanen.
Hasil panen lalu dijual.
Dari ilustrasi tersebut petani telah
melakukan kegiatan produksi. Jadi produksi adalah kegiatan yang dikerjakan
untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga
lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan
produksi disebut produsen.
Kegiatan produksi berpengaruh terhadap
kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi
adalah barang atau jasa yang dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber
daya ekonomi dapat berasal dari sumber daya alam atau sumber daya manusia.
Sumber daya ekonomi dapat diolah menjadi modal dasar pembangunan. Bagi pemilik
sumber daya ekonomi adanya proses produksi memungkinkannya memperoleh balas
jasa. Balas jasa ini berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini
pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhi kebutuhan hidup.
Bagi produsen, adanya proses produksi
menyebabkan produsen memperoleh keuntungan. Selanjutnya keuntungan tersebut
digunakan untuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup.
Tujuannya untuk mencapai kemakmuran hidup.
2. Distribusi
Setiap hari kita membutuhkan makanan dan
mengenakan pakaian. Bahan makanan tersebut dihasilkan di suatu tempat tertentu.
Pakaian juga diproduksi di tempat tertentu. Untuk mendaangkan bahan makanan dan
pakaian diperlukan kegiatan penyaluran. Kegiatan inilah yang disebut
distribusi. Jadi distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari
produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor.
Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang
memadai. Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen
dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.
3. Konsumsi
Perhatikanlah aktivitas teman sekolah
ketika waktu istirahat!. Ada yang jajan di kantin ada pula yang makan bekal
dari rumah. Jajan dikantin dan makan bekal termasuk kegiatan konsumsi.
Konsumsi adalah kegiatan manusia mengurangi
atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi
kebutuhannya. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk
mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan tertentu.
Pengorbanan dapat berupa uang atau waktu
Muatan IPS
3.3
menganalisis
peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial
dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia serta
hubungannya dengan karakteristik ruang
perhatikan
peta pikiran di bawah ini
Tugas melakukan identifikasi kegiatan
ekonomi di lingkungan sekitar
Kegiatan
|
Jenis Kegiatan
|
Orang yang diuntungkan
|
Keuntungan yang
diperoleh
|
Membuat kerupuk
|
Produksi
|
Masyarakat yang suka makan
kerupuk
|
Makan lebih lahap
|
Membuat Lemari
|
|||
Membuat batu bata
|
|||
Menjual Pasir
|
|||
Menjual alat tulis
|
|||
Menjual pakaian
|
|||
Makan nasi
|
|||
Mengenakan seragam
|
|||
Mengenakan sepatu
|
Muatan PPKn
3.3
menelaah
keragaman sosial budaya masyarakat
Keragaman jenis usaha dalam kegiatan
ekonomi menimbulkan keragaman sosial dalam masyarakat. Untuk mendukung
keragaman sosial dibutuhkan kebersamaan dalam masyarakat. Berikut ini adalah
keuntungan dari keragaman sosial akibat berbagai jenis usaha.
1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
2. Mempercepat proses pertumbuhan ekonomi
3. Tersedianya semua kebutuhan barang dan jasa
4. Terciptanya lapangan kerja baru untuk
masyarakat
5. Memudahkan masyarakat mendapatkan barang
dan jasa.
Sikap
toleransi atas keragaman sosial budaya
Masyarakat Indonesia memiliki keragaman
sosial dan budaya. Untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, sikap
toleransi sangat dibutuhkan. Sikap toleransi harus terus kita pupuk dalam
kehidupan sehari-hari. Berikut ini bentuk sikap toleransi yang bisa kita
lakukan di lingkungan tempat tinggal yaitu :
1. Bangga terhadap keragaman budaya di
masyarakat
2. Menghargai perbedaan sosial budaya di lingkungan
3. Saling membantu tanpa membeda bedakan
status sosial dan budaya
4. Bersikap adil terhadap semua warga meskipun
berbeda sosial dan budaya.
MATEMATIKA
A. Penyajian data
Berdasarkan hasil sensus diketahui bahwa angkatan kerja dI Indonesia
yang bekerja di sektor pertanian 60 juta, jasa 25 juta, perdagangan 18
juta, industri 12 juta, lain-lain 5 juta.
3. DIGRAM GARIS
Perhatikan diagram berikut ini
Diagram di atas adalah data dari jumlah pengunjung ke Pantai Gemah dari tanggal 1 sampai tanggl 10 Februari.
SOAL
1. Berikut adalah data kegemaran siswa SD Al-Azhar 1 yaitu :
sepak bola 28 orang, volley 14 orang, renang 18 orang,
bulutangkis 12 orang dan catur 8 orang.
Sajikan data tersebut dalam bentuk:
a. Tabel
b. Diagram batang
c. Diagram garis
B. Menentukan rata-rata hitung dan Modus
Untuk menentukan rata-rata sebuah data, yang harus dilakukan adalah:
Susun data tersebut ke dalam tabel frekuensi dari yang terbesar.
Modus = nilai yang sering muncul dari suatu data.
Contoh
Nilai ulangan matematika adalah sebagai berikut:
8 6 7 5 4 5 6 5 7 6
7 5 6 7 6 5 7 5 5 8
Mengurutkan Data termasuk Nilai Tertinggi dan Terendah
Dari 20 siswa kelas V SD Al-Azhar 1 diperoleh data berat badan sebagai
berikut:
30 46 45 50 35
47 50 36 40 45
38 48 40 45 30
30 35 48 46 45
Tentukan: a. Berat badan terendah
b. Berat badan tertinggi
Jawaban
Terlebih dahulu, urutkan datanya menjadi:
30 30 30 35 35 36 38 40 40 45
45 45 45 46 46 47 48 48 50 50
Maka, berat badan terendah = 30
berat badan tertinggi = 50
Suatu data diurutkan dari tertinggi ke yang terendah atau dari yang
terendah ke yang tertinggi.
SOAL
2. Dari 10 kali ulangan IPA, Eti memperoleh nilai : 70 60 75 57 80 65 83 70 70 70
Tentukan :
a. Nilai tertinggi c. Nilai rata-rata (mean)
b. Nilai terendah d. Modus
3. Berikut adalah hasil penimbangan berat badan siswa kelas 5 sebagai berikut :
2 orang beratnya @ 22 kg
4 orang beratnya @ 24 kg
5 orang beratnya @ 25 kg
7 orang beratnya @ 26 kg
6 orang beratnya @ 27 kg
5 orang beratnya @ 28 kg
1 orang beratnya @ 31 kg
a. Berapa banyak siswa kelas 5?
b. Berapa kg rata-rata berat badan siswa kelas 5?
c. Berapa modusnya?
d. Berapa kg selisih berat badan terberat dan teringan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar