Total Tayangan Halaman

Senin, 26 Oktober 2020

SENIN,26 OKTOBER 2020/KELAS 5D

  PEMBELAJARAN JARAK JAUH

JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan     : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                          :  4 Sehat Itu Penting

Sub Tema                  :   (Sub Tema 2)

Pembelajaran ke        :  6

 

 Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  Selalu tingkatkan keimanan dan ketakwaan untuk meraih keridhoan Allah SWT.


 Waktu belajar di kelas lima hampir satu semester. Meskipun baru di semester 1, Siti dan teman-teman berkumpul untuk berdiskusi membicarakan rencana pentas seni akhir semester 2. Siti dan teman-teman berkumpul di sebuah pendopo yang cukup besar, letaknya di tengah kota. Ternyata, pendapa itu bagian dari bangunan yang ada di sekitar sekolah seni. Di pendapa itu banyak orang berlatih tari. Mereka menggunakan properti tari dalam memperagakan gerak tarinya. Di pendapa itu pula Siti dan teman temannya sering berlatih menari.

Ayo Mengamati

Amati gerak-gerak tari dengan mengenakan properti berikut! Amatilah juga pola lantai pada kedua gerak. Pola lantai apa yang terbentuk?





Ayo Berlatih

Praktikkan kedua gerak pada gambar di atas. Praktikkan secara berulangulang sampai kamu menguasai gerak tersebut. Praktikkan dengan pola lantai dan properti yang sesuai. Setelah kamu menguasai gerak itu, peragakan di depan guru dan teman-temanmu. Percaya dirilah saat kamu memperagakan gerak.

Ayo Berkreasi

Buatlah gerak tari dengan pola lantai. Kamu boleh menggunakan properti. Buatlah gerak dengan hitungan 2 x 8 saja. Uraikan gerak dan gambarlah pola lantai pada kolom berikut.

Alterntif Jawaban:



Ingatkah kamu arti tanggung jawab?

Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, baik terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, maupun Tuhan Yang Maha Esa.

Pernahkah kamu diberi tugas?

Apakah kamu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadamu?

Apa wujud tanggung jawabmu atas tugas itu?

Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, baik terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, maupun Tuhan Yang Maha Esa.

.

Selain olahraga, menggerakkan badan dengan menari juga menyehatkan. Siti selalu bersyukur atas kesehatan tubuhnya. Siti, Dayu, dan teman-temannya akan membuat gerak tari menirukan kupu-kupu terbang. Mereka akan menggunakan properti berupa selendang dan membuat berbagai pola lantai. Hari itu juga, Siti dan teman-temannya membuat gerak tari dengan properti selendang dan berbagai pola lantai. Berikut di antara gerak yang dibuat Siti dan teman-temannya.




Ayo Berkreasi

Buatlah gerak-gerak tari menggunakan selendang menirukan gerak-gerak kupu-kupu. Buatlah pola lantai untuk gerak-gerak yang kamu buat.

Gerakan Tari Kupu-kupu secara umum melibatkan semua gerak tubuh si penari. Meski begitu, jika diperhatikan, gerak yang paling mendominasi adalah tangan dan kaki. Secara keseluruhan, gerak-gerak pada Tari Kupu-kupu ini mencotohkan prilaku kupu-kupu di alam.

Adapun macam-macam gerak pada Tari Kupu-kupu, sebagai berikut:

Gerakan kupu-kupu yang terbang di tempatnya.

Gerakan kupu-kupu yang terbang memutar.

Gerakan meloncat.

Gerakan buka tutup sayap kupu-kupu.

Gerakan kibasan.

Gerakan ayunan.

Gerakan menoleh kanan dan kiri. 



 TUGAS di modul tematik

Muatan PPKN hlm 77 nomor 1 s.d. 5

Muatan SBDP hlm 78 nomor 1. s.d 5

Tulis dibuku latihan jawabannya saja dan sertai nama lengkap dan nomor absen.

Contoh Pengerjaan:

Nama         : ...

NO. Absen : ....

muatan PPKN :

1. a. hadir karena diundang.

2. .....

dst...

Muatan SBDP

1. ....

2. ....

dst...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar