Total Tayangan Halaman

Jumat, 23 Oktober 2020

JUMAT,23 OKTOBER 2020/KELAS 5D

 PEMBELAJARAN JARAK JAUH

JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan     : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                          :  4 Sehat Itu Penting

Sub Tema                  :   (Sub Tema 2)

Pembelajaran ke        : 5

Assalamualaikum wr.wb.

Anak shalih dan shalihah pasti sudah mandi, sholat dhuha, murojaah dan sarapan yaa

Anak shalih dan shalihah mari kita awali kegiatan belajar kita dengan berdoa. Sudah siap ya untuk belajar hari ini.

Jangan lupa untuk mengucapkan kata tolong jika meminta bantuan ayah atau bunda.

Kegiatan 


Tema 4 Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajaran 5


Setelah berolahraga beladiri, tiba-tiba kepala Edo terasa pusing. Edo teringat jika peredaran darah pada tubuhnya pernah terkena gangguan tekanan darah rendah. Kemudian, Edo beristirahat di ruang UKS. Tahukah kamu penyebab terjadinya tekanan darah rendah?

tema 4 kelas 5 subtema 2


Bacalah artikel tentang gangguan pada organ peredaran darah manusia, baik dari surat kabar, majalah, maupun internet. Tuliskan nama gangguan dan penyebab penyebabnya.

Jawab:
No
Nama Gangguan
Penyebab
1Jantung koroner
Penyebab jantung koroner adalah adanya penyumbatan pembuluh darah dalam jantung, misalnya lemak.
2Hipertensi
Penyebab hipertensi adalah tingginya tekanan darah dari tekanan darah normal (120/80 mmHg), bisa karena stress, makan berlebihan, merokok, dan banyak minum alkohol.
3Skelrosis
Penyebab skelrosis adalah terbentuknya kerak keras di bagian dalam dinding pembuluh nadi.
4Varises
Penyebab varises adalah tekanan darah yang terlalu besar dan jumlah darah yang dipompa oleh jantung terlalu banyak. Umumnya terjadi pada bagian betis.
5Anemia
Penyebab anemia di antaranya perdarahan akibat kecelakaan atau luka di bagian luar atau dalam tubuh dan kekurangan produksi sel darah merah akibat tubuh kekurangan zat besi.
6Leukimia
Leukimia atau kanker darah adalah penyakit yang disebabkan oleh bertambahnya sel darah putih yang tak terkendali. Penyebab leukimia adalah kelainan kromosom, paparan polusi, paparan radiasi, merokok, obesitas, dan lain sebagainya.
7Hipotensi
Hipotensi adalah keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal dan biasa disebut dengan tekanan darah rendah. Penyebabnya adalah faktor usia, pengobatan, dan kondisi cuaca.
8
Haemoroid (ambein),
Vena bengkak dan meradang di rektum dan anus yang menyebabkan ketidaknyamanan dan perdarahan. Penyebabnya adalah pembengkakan pembuluh darah di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus
9Hemofili
Hemofilia adalah penyakit darah yang sulit membeku. Penyeababnya adalah kelainan genetik pada darah yang disebabkan adanya kekurangan faktor pembekuan darah. 
10Penyakit Kuning
Penyakit kuning alias jaundice adalah kondisi yang membuat kulit menjadi kuning. Penyakit kuning disebabkan oleh zat yang disebut bilirubin yang berlebihan dalam darah dan jaringan tubuh. Bilirubin adalah pigmen kuning yang terbentuk dari sel darah merah yang mati di hati..

Kesehatan begitu penting bagi kehidupan manusia. Banyak faktor yang memengaruhi kesehatan kita. Apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan tubuh manusia?

Ayo Membaca

Empat Faktor yang Memengaruhi Kesehatan

Kesehatan adalah anugerah yang paling berharga bagi setiap insan manusia. Buat apa banyak harta, tetapi badan kita sakit. Ada juga yang mengatakan “Health is not everything, but without health everything is nothing”. Memang, kesehatan itu bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tiada artinya. Saat sakit, kita akan mengalami banyak kerugian. Selain biaya berobat yang mahal, waktu produktif kita juga terbuang percuma. Kita yang biasanya per jam dibayar Rp100.000,00 maka dalam satu hari saja sudah Rp2.400.000,00 uang yang seharusnya kita dapatkan akan terbuang percuma. Kalau kita sakit selama sebulan, berapakah uang yang seharusnya masuk ke tabungan kita itu hilang begitu saja.

Menurut Hendrick L. Blumm, terdapat empat faktor yang memengaruhi derajat kesehatan masyarakat, yaitu
 
1. Faktor Perilaku

2. Faktor Lingkungan

3. Faktor Pelayanan Kesehatan

4. Faktor Keturunan

Ayo Menulis

Menari juga merupakan kegiatan yang menggerakkan anggota tubuh. Dalam menari hendaknya menggunakan pola lantai supaya gerak yang diperagakan lebih indah. Dalam menari kadang-kadang juga dilengkapi dengan properti tari. Pada tema sebelumnya kamu sudah belajar mengenai pola lantai. Pada pembelajaran 2 di sub tema ini, kamu juga sudah mengenal tentang properti tari. Coba cari tahu kembali mengenai pola lantai dan property tari.

Ayo Menulis

Coba cari tahu kembali tentang pola lantai. Kamu dapat melakukanya dengan cara mengingat kembali pembelajaran pada tema-tema sebelumnya. Kemudian, tuliskan hasilnya dalam kolom berikut!

Jawab:
Pola lantai merupakan garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari.  Pada dasarnya, ada dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus memberikan kesan sederhana tetapi kuat. Sedangkan garis lengkung memberikan kesan lembut tetapi lemah.

Gambarkan bentuk pola lantai kelompok yang sudah kamu kenal pada kolom berikut!

tema 4 kelas 5 subtema 2

Siti dan teman-temannya menari. Mereka melakukan gerak tari dengan alat. Perhatikan gambar gerakan mereka.

tema 4 kelas 5 subtema 2
1. Apa alat yang digunakan Siti dan teman-temannya untuk melakukan gerak tari?
Busur dan Panah

2. Bagaimana Siti dan teman-teman menggerakkan propertinya? Uraikan gerakan Siti dan teman-teman sesuai pengamatanmu terhadap gambar di atas. Sebelum kamu menguraikan, coba kamu tirukan terlebih dahulu gerakannya. Peragakan dengan pola lantai yang terlihat pada gambar.

Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menemukan informasi yang mereka temukan

tema 4 kelas 5 subtema 2
Tugas jumat ini anak-anak dapat memilih minimal 2 kegiatan  di bawah ini! dan jangan lupa mengirimkan foto melalui wa japri ya!
1. mencuci piring setelah makan
2. menyiram tanaman
3. menjaga adik
4. membantu ibu memasak
5. merapikan tempat tidur
6. melakukan sedekah jumat
7. membaca surat al kahfi
8. merangkum tausiah 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar