Total Tayangan Halaman

Jumat, 16 Oktober 2020

JUMAT, 16 OKTOBER 2020/KELAS 5D

 

Kisi-kisi PTS Matematika kelas 5 semester 1

 

Operasi Penjumlahan Pecahan.

 

Opersai Penjumlahan Pecahan Dengan Berpenyebut Sama.

Untuk melakukan operasi penjumlahan pecahan dengan berpenyebut sama, kita hanya tinggal menjumlahkan pembilahnya saja. Berikut rumusnya :


Contoh Soal

 

Catatan ! Berapapun jumlahnya asalkan penyebutnya sama maka kita bisa langsung menjumlahkan pembilangnya.

 

Opersai Penjumlahan Pecahan Dengan Berpenyebut Berbeda

 

untuk melakukan operasi penjumlahan pecahan dengan berpenyebut berbeda maka kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu dengan menggunakan KPK dari penyebut dari masing-masing pecahan tersebut. Atau bisa dengan cara mudahnya tanpa mencari KPK dari penyebut masing-masing pecahan. Berikut cara mudahnya.

 


itulah rumusnya, sekarang mari kita kecontoh soal untuk lebih memperdalam penguasaan materinya.

Contoh Soal

Contoh lain

 

Penjumlahan Pecahan Biasa Dengan Pecahan Campuran.

untuk melakukan operasi pecahan biasa dengan pecahan campuran langkah-langkahnya hampir sama dengan penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan biasa, hanya saja ada pecahan salah satunya pecahannya adalah pecahan campuran. Berikut cara cepatnya untuk penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan campuran.

 

Itulah rumus cara cepat operasi penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan campuran atau sebaliknya. Sekarang mari kita ke contoh soal.

Contoh Soal


Penjumlahan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran. 

Berikut untuk lebih mengusai materi pecahan campuran dengan pecahan campuran, rumus lebih mudah untuk menguasai materi ini.



Rumus diatas bisa mempermudah menguasai materi operasi penjumlahan pecahan campuran dengan pecahan campuran, karena ada yang menjelaskan cara menjumlahkan pecahan campuran dengan pecahan campuran dengan cara mengubah menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. sebenarnya sama saja namun cara ini lebih mudah untuk di pahami dan di kuasai. Untuk memperdalamnya berikut contoh soal untuk penjumlahan pecahan campuran dengan pecahan campura.

 


Operasi Pengurangan Pecahan.

Opersai Pengurangan Pecahan Dengan Berpenyebut Sama.

Operasi pengurangan pecahan dengan berpenyebut sama sebenarnya juga sama saja melakukan operasi penjumlahan pecahan dengan berpenyebut sama, yaitu hanya menjumlahkan pembilangnya saja, berapapun banyaknya pengurangannya. Namun untuk lebih menguasai materi operasi pengurangan pecahan dengan berpenyebut sama kita kita bahas bersama. Berikut rumus awal untuk operasi pengurangan pecahan dengan berpenyebut sama.

 

Berikut contoh soal yang harus di pahami.

 

Ingat! Berapapun banyaknya pengurangannya kita hanya mengurangi pembilangnya saja, penyebutnya adalah sama.

Opersai Pengurangan Pecahan Dengan Berpenyebut Berbeda.

untuk operasi pengurangan pecahan dengan berpenyebut berbeda maka kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu, namun dengan rumus yang berikan tidak usah menyamakan penyebutnya, kita langsung saja melakukan operasi dengan rumus yang admin berikan. berikut rumus dan contoh soalnya, untuk operasi pengurangan pecahan dengan berpenyebut berbeda.



 

Operasi Pengurangan Bilangan Asli Dengan Pecahan.

Operasi Pengurangan Bilangan Asli dengan Pecahan, ini sedikit berbeda, maksudnya adalah kita mengurangankan bilangan asli, seperti (1,2,3,4,5 dst..) dengan pecahan. Tentunya ini akan sedikit lebih sulit dari pembahasan sebelumnya, namun jika memperhatikan dengan baik dan benar maka tidak ada yang sulit. Berikut untuk rumus dan contoh soal agar lebih menguasai materi ini.



 

Itulah cara mudahnya untuk melakukan operasi pengurangan bilangan asli dengan pecahan.

Operasi Pengurangan Pecahan Biasa Dengan Pecahan Campuran atau Sebaliknya

Berikut admin langsung bagikan rumus cepat dan contoh soal untuk Operasi pengurangan pecahan biasa dengan pecahan campuran.

 


Pada operasi pengurangan pecahan biasa dengan pecahan campuran atau sebalinya kita harus mengelompokkan bilangan asli dan pecahanannya. Untuk operasi pengurangan pecahan bilangan asli tetap di tambahkan dengan pecahannya, perhatikan rumus dan contoh soal di atas.

 

Operasi Pengurangan Pecahan Campuran dengan Pecahan Campuran

Setela paham operasi pengurangan pecahan biasa dengan pecahan campuran atau sebalinya, maka untuk operasi pecahan campuran dengan pecahan campuran cara pengerjaannya sama saja, yaitu kita harus mengelompokkan bilangan asli dengan bilangan asli dan pecahan dengan pecahan. Berikut langsung saja untuk cara cepat, atau rumus dan contoh soal agar lebih menguasai materi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar