Total Tayangan Halaman

Senin, 21 Oktober 2019

SENIN 21 OKTOBER 2019/ KELAS 5 TEMA 4 SUB 1 PB 5


Ayo Membaca!
Manfaat Kesehatan bagi Manusia
Kesehatan memang sangat bermanfaat. Kesehatan dapat membuat kita lebih menghargai hidup. Bagi kehidupan, kesehatan mempunyai manfaat, baik secara langsung maupun tidak langsung.dst

Ayo Menulis!
1. Informasi apakah yang kamu dapat dari bacaan di atas?
Informasi yang didapat dari bacaan:
Manfaat kesehatan secara langsung dan secara tidak langsung. Manfaat kesehatan secara langsung meliputi mengurangi pengeluaran, menambah pemasukkan, dan menghemat waktu. Sedangkan manfaat kesehatan secara tidak langsung meliputi peluang untuk sukses, tabungan masa depan, dan kesempatan untuk berbagi.

2. Mengapa kesehatan organ peredaran darah itu penting? Bagaimana upaya yang dapat dilakukan supaya organ peredaran darah tetap sehat?
a. Pentingnya kesehatan organ peredaran darah:
Kesehatan peredaran darah sangat mempengaruhi tubuh kita. Apabila organ peredaran darah terganggu, aliran darah menjadi tidak lancar dan dapat menimbulkan penyakit. Dengan demikian tubuh menjadi tidak sehat.
b. Upaya yang dilakukan supaya organ peredaran darah tetap sehat:
Olahraga dapat membuat organ peredaran darah tetap sehat. Misalnya, untuk menjaga kebugaran jantung, kamu dapat meluangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik dapat membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lancar.

Sebagai manusia kita perlu mengendorkan pikiran dengan mencari hiburan sejenak, misalnya bermain pantun.

Pantun banyak jenisnya. Untuk menghilangkan lelah atau capek, kita bisa memilih bermain pantun jenaka. Berikut contoh pantun jenaka atau pantun berisi hiburan.

Buaya putih hidup di rawa
Meronta-ronta terjerat jaring
Perut sakit menahan tawa
Gigi nenek loncat di piring

Ayo Menulis!
Kamu telah membaca pantun-pantun jenaka di atas. Apakah yang dimaksud pantun jenaka?
Pantun jenaka adalah pantun yang bertujuan untuk menghibur orang yang mendengar, terkadang dijadikan sebagai media untuk saling menyindir dalam suasana yang penuh keakraban, sehingga tidak menimbulkan rasa tersinggung, dan dengan pantun jenaka diharapkan suasana akan menjadi semakin riang.

Contoh pantun jenaka;
Anak manis bernyayi gembira 
Sambil berdendang bergoyang pula 
Siapa yang tidak akan tertawa 
Disangkanya waras ternyata gila



Tidak ada komentar:

Posting Komentar