Total Tayangan Halaman

Senin, 14 Oktober 2019

SELASA 22 OKTOBER 2019 MOTIF BATIK NUSANTARA /VA

1. Motif Batik Aceh

Motif Batik Aceh


Ciri khas dari batik Aceh adalah menggunakan perpaduan unsur ala dan budaya dari masyarakat Aceh itu sendiri. Untuk masalah warna, batik Aceh lebih dominan menggunakan warna yang cerah.

Keberanian memainkan warna itulah yang menjadikan batik Aceh terkesan unik dan glamor. Selain itu, Aceh merupakan daerah yang memiliki pengaruh Agama Islam yang kuat. 

2. Motif Batik Bali

Motif Batik Bali


Ciri khas dari kain batik Bali adalah terletak pada motifnya yang memadukan antara motif tradisional dan motif modern. Selain itu, kain batik Bali mempunyai ciri khas adanya lambang-lambang daerah seperti naga, burung bangau, kura-kura, dan rusa.

Dilihat dari motif dan bentuknya dapat dikatakan bahwa motif yang ada pada batik Bali ini tidak mempunyai batasan dalam hal pengeksplorannya. Batik Bali sendiri banyak terinspirasi oleh semua hal yang berada di Bali. 

3. Motif Batik Cirebon

Motif Batik Cirebon


Batik Cirebon mempunyai 2 kategori motif, yaitu motif keraton dan motif pesisiran. Motif keraton diambil dari ornamen-ornamen keraton dan warnanya cenderung warna sogan dan babar mas. Sedangkan motif pesisiran mengandung unsur flora dan fauna baik dari darat maupun dari laut dan mempunyai warna yang lebih terang.

Motif batik Cirebon yang paling terkenal sekaligus dijadikan sebagai lambang kota tersebut adalah motif Awan Mega Mendung. Motif ini banyak dipengaruhi oleh budaya china yang berkembang di Indonesia.

4. Motif Batik Papua

Jenis dan Macam Motif Batik Papua


Ciri khas batik Papua adalah mengkombinasikan warna yang cerah dengan motif etnik Papua yang asimetris. Kombinasi ini membuat batik Papua terlihat lebih eksotis. Sebagian besar motif batik Papua menampilkan unsur alam dan budaya masyarakat Papua.

Motif hewan yang biasa digunakan adalah burung cendrawasih, cicak, kadal, dan buaya. Biasanya motif-motif yang sifatnya natural ditambah dengan warna-warna yang relatif beragam membuat batik Papua semakin khas dan mempesona.

5. Motif Batik Rembang 

Macam dan Jenis Motif Batik Rembang


Batik Rembang biasa disebut dengan nama batik Lasem. Ciri khas batik Rembang adalah motif dan warnanya dipengaruhi oleh kebudayaan China. Selain itu ciri khas dalam segi pewarnaan adalah warna merahnya menyerupai warna darah.

Warna merah yang khas ini menarik minat pembatik dari daerah-daerah lainnya untuk melakukan proses pewarnaan merah di daerah Rembang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar