Total Tayangan Halaman

Rabu, 04 September 2019

PEMBAGIAN PECAHAN CAMPURANL/JUMAT 30 AGUSTUS 2019

Pembagian Bilangan Pecahan Campuran

Untuk memmpermudah proses pembagian sebaiknya dilakukan dalam bentuk bilangan pecahan biasa. Oleh karena itu, bila menemukan bilangan pecahan campuran maka diubah dahulu menjadi pecahan biasa lalu lakukan proses pembagian seperti contoh diatas.

Contoh Soal Pembagian Pecahan 4:
Berapakah 5/6 dibagi 1 2/3 ?

 Gambar: contoh soal pembagian pecahan 4

Perhatikan. Untuk bilangan 5/3 yang menjadi penyebut dalam pembagian total maka nilai pembilang dan penyebutnya dibalik terlebih dahulu sebelum dikalikan. Jadi, bilangan 5/3 akan dibalik menjadi 3/5, setelah itu baru dikalikan dengan 5/6. Selanjutnya lakukan perkalian biasa, pembilang dikali pembilang, penyebut dikali penyebut, didapat hasil perkalian tersebut adalah 15/30 atau bisa disederhanakan menjadi 1/2.

SOAL LATIHAN

Berapakah 31/4 : 2 1/2 ?

Berapakah 31/4 : 2 1/2 ?


ips Pembagian Pecahan

Dalam melakukan pembagian pecahan kita bisa melakukan penyederhanaan khususnya pada saat kedua pecahan mulai dikalikan. Kita bisa menyederhanakan sebelum perkalian pecahaan dilakukan. Sebagai contoh lihat potongan perkalian pecahan berikut :

 Gambar: contoh soal pembagian pecahan 6

Perhatikan. Ada angka 5 pada penyebut dan pembilang (warna coklat dan merah). Kita bisa membagi kedua bilangan tersebut dengan 5, sehingga didapat 5:5 = 1. Selanjutnya lihat, kita bisa menemukan angka kelipatan 3, yakni 3 (warna biru) dan 6 (warna hijau). Kedua bilangan tersebut kita bagi dengan 3, sehingga didapat 3:3 = 1; dan 6:3 = 2. Selanjutnya kita gunakan hasil perkalian dengan bilangan yang sudah disederhanakan tersebut. Untuk pembilang didapat 1x1 =1; sedangkan untuk penyebut 2x1 = 2. Jadi hasil akhir adalah 1/2.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar