MATERI AJAR KELAS 6
Hari/Tanggal : Rabu, 6 Oktober 2021
Mata Pelajaran : Tema 4 Globalisasi Subtema 3 Globalisasi dan cinta tanah air
Pembelajaran : 1
Mapel : IPA (3.3), Bahasa Indonesia ( 3.2 ), Pkn ( 3.3 )
Tujuan Pembelajaran :
§ Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan bentuk kerja sama Indonesia dalam lingkup ASEAN dengan benar.
§ Setelah mencari informasi, siswa mampu menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di lingkup ASEAN dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
§ Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengidentifikasi masalah yang terkait dengan luas permukaan bangun gabungan dengan benar.
§ Setelah bereksplorasi, siswa mampu memecahkan masalah yang terkait dengan luas permukaan bangun gabungan dengan benar.
§ Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster berdasarkan poster yang baik dan menarik.
§ Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca dengan tepat.
§ Setelah membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan kalimat efektif dan kosakata baku dengan tepat.
§ Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya cinta produk Indonesia dengan mandiri.
§ Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengampanyekan ajakan cinta produk Indonesia dengan kepedulian yang tinggi.
Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid ini kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kalian tetap sehat.
Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha.
Setelah duha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupaucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapka terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Tema 4 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 1
Globalisasi dan Cinta Tanah Air
Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meluncurkan “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara, yaitu institusi pendidikan dan pelatihan tenaga surya. Peluncuran ini ditandai dengan penyelenggaraan seminar “Solar Energy for Our Future” pada Selasa 24 Juli 2012 di Universitas Indonesia. Seminar dihadiri oleh para pakar energi dari Jerman, wakil dari ASEAN, serta pemerintah selaku penentu kebijakan energi nasional.Seminar membahas tentang potensi, perkembangan, serta penggunaan energi terbarukan tenaga surya di Indonesia dan di Asia Tenggara. Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara merupakan negara kaya potensi sumber energi terbarukan, khususnya tenaga surya. Namun potensi pemanfaatan tenaga surya tersebut belum optimal.
Sel surya merupakan lempengan tipis terbuat dari silikon yang dapat mengubah langsung cahaya matahari menjadi energi listrik. Lempengan sel surya tersebut diberi muatan postif dan muatan negatif. Saat cahaya mengenai lempengan tersebut, kemudian akan memicu muatan positif untuk bertemu dengan muatan negatif sehingga terjadilah arus listrik. Saat ini penggunaan sel surya masih terbatas hanya dalam skala kecil seperti pada barang-barang elektronik dan sebagai pembangkit listrik pada daerah-daerah yang masih sulit dijangkau oleh jaringan listrik. Terbatasnya pengguna sel surya dikarenakan biaya untuk membuat lempengan silikon cukup tinggi. Dengan perkembangan teknologi, diharapkan dapat ditemukan cara untuk meningkatkan efisiensi kerja dari sel surya.
Pendirian Akademi Surya ini merupakan wujud nyata kepedulian UI yang diharapkan dapat menjawab permasalahan bangsa Indonesia mengenai krisis energi saat ini. Usaha mencari sumber energi alternatif yang bersih, tidak berpolusi, aman, dan dengan persediaan yang tidak terbatas, sebagai pengganti bahan bakar fosil perlu terus diupayakan, di antaranya adalah energi surya. Di era globalisasi ini, dengan adanya kebutuhan energi yang makin besar, penggunaan sumber energi listrik yang beragam tampaknya tidak bias dihindari.
Kunci Jawaban
Peluncuran “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara oleh Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI).Paragraf 2 : Deret Penjelas
• Sel surya merupakan lempengan tipis berbahan silikon yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi listrik.• Paragraf 3 : Simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
•Lempengan sel surya yang telah diberi muatan positif dan negatif dapat menghasilkan listrik jika terkena cahaya.
• Karena biaya pembuatan lempengan silikon cukup tinggi, membuat penggunaan sel surya masih kecil seperti pada peralatan elektronik atau sebagai sumber listrik di daerah yang belum dijangkau jaringan listrik.
Pendirian Akademi Surya oleh UI diharapkan dapat menjawab masalah krisis energi akibat kebutuhan energi era globalisasi yang semakin besar. Sel surya dapat menjadi energi alternatif pengganti bahan bakar fosil karena bersih, aman, dan tersedia tanpa batas.
Ayo Mengamati
Di era globalisasi ini, semakin banyak teknologi canggih yang ditemukan.Hampir seluruh penemuan tersebut menggunakan energi, khususnya listrik.Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah mencari sumber energi alternatif yang bersih, aman, bebas polusi, dan selalu tersedia tanpa batas.
Salah satu bentuk energi alternative tersebut adalah sel surya. Kamu telah membaca sedikit informasi tentang prinsip dasar dari cara kerja sel suryaSekarang, amati cara kerja panel listrik tenaga surya berikut.
Proses panel surya
Ketika panel surya terkena cahaya matahari, muatan positif dan negatif pada lempengan silikon panel surya akan bertemu. Hal ini kemudian menghasilkan energi listrik. Listrik dari panel surya akan mengalir menuju electric control system. Di dalam electric control system terdapat komponen berupa controller, baterai, dan inverter.
Awalnya listrik yang menuju electric control system akan masuk ke controller untuk diatur tegangannya. Controller ini juga berfungsi untuk memutus arus listrik ketika baterai sudah penuh. Setelah dari controller, listrik kemudian disimpan pada baterai.
Ketika digunakan, listrik pada baterai akan mengalir dahulu ke inverter untuk dinaikkan tegangannya menjadi 220 v sehingga dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektrik maupun elektronik.
LATIHAN SOAL-SOAL
TEMA 1 : SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
Mata Pelajaran : PKN
1.
Bentuk
penerapan sila pertama Pancasila terhadap tumbuh-tumbuhan yang ada di bumi
dapat berupa……
2.
Adam
memiliki jiwa toleransi pada teman-temannya, termasuk yang berbeda agama. Adam
menjalankan nilai-nilai Pancasila pada sila …..
3. Berteman dengan orang kaya saja merupakan
sikap yang tidak sesuai dengan pengamalan sila ke ...
4. Memanfaatkan kekayaan Indonesia yang penuh
rasa tanggung jawab merupakan salah satu nilai moral Pancasila sila ke
...
5.
Persamaan
derajat merupakan kandungan yang terdapat dalam Pancasila sila ke...
6.
Pak
Afif ingin mendirikan peternakan sapi di samping rumahnya. Sebagian warga
menolak karena khawatir akan menimbulkan polusi udara karena baunya. Pak
Afif bersikukuh tetap mendirikan peternakan sehingga warga menjadi cukup
kesal. Sikap pak Afif tersebut tidak mencerminkan sila keempat pancasila yaitu
…..
7.
Al-Faruq,
Akbar dan Aswa mengikuti lomba hias sepeda dikampungnya. Ada banyak peserta
yang ikut. Akhirnya lomba tersebut dimenangkan oleh Aswa. Sikap Al Faruq dan
Akbar tetap menghargai keputusan juri. Begitupun juga dengan peserta lainnya.
Mereka semua tetap rukun dan menerima hasil nilai yang diperoleh. Sikap para
peserta dalam tetap menjaga kerukunan
merupakan cerminan sila Pancasila yang ke..
8.
Menghargai
pendapat orang lain merupakan nilai-nilai yang terdapat dalam …..
9. Pedoman hidup rakyat
Indonesia dalam berinteraksi antar sesama manusia adalah…..
10. Dalam merawat tumbuhan
yang ada di pekarangan rumah, tiap anggota keluarga Adzra bergantian untuk
menyiram dan memberi pupuk. Keluarga Adzra mengamalkan Pancasila sila …
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
1. Pikiran pokok pada suatu bacaan disebut...
2. Kalimat yang menjelaskan kalimat utama disebut...
3. Tujuan menyimpulkan informasi adalah untuk memudahkan
memahami...
4. Bacalah teks berikut!
Indonesia sebagai negara yang luas memiliki kekayaan alam dan sumber daya
alam yang sangat besar.Beberapa daerah di Indonesia terkenal dengan hasil
sumber daya alamnya baik itu berasal dari pertanian, perkebunan dan juga
pertambangan. Sumber daya alam atau biasa disingkat SDA ada yang sifatnya tidak
akan habis dan ada juga yang bisa habis. Untuk itu kita sebagai manusia
mempunyai kewajiban untuk memelihara dan menjaga sumber-sumber daya yang ada di
bumi ini.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah .…
5. Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok
di berbagai negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau
Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu
tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Ide pokok pada
paragraf diatas adalah ...
6. Perhatikan teks laporan ayam berikut! Ayam merupakan salah satu hewan
unggas.Ayam dipelihara oleh manusia karena bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan
hidup.Seperti bebek, daging dan telur ayam bisa dimanfaatkan sebagai bahan
makanan.Daging dan telur ayam mengandung protein dan vitamin yang diperlukan
tubuh manusia. Bulu ayam bisa dimanfaatkan manusia sebagai bahan
kemoceng.Gagasan pokok teks laporan tersebut adalah ....
7. Wortel merupakan sayuran yang mempunyai beberpa manfaat. Sayuran
tersebut menyuplai serat untuk memperlancar proses pencernaan. Kandungan
vitamin A pada wortel bermanfaat bagi kesehatan mata.Selain itu, wortel dapat
dimanfaatkan untuk pewarna alami. Kalimat utama paragraf tersebut adalah...
8. Hubungan manusia dengan sungai jelas tak bisa dipisahkan. Di tepian
beberapa sungai, manusia membuat rumah terapung. Di Kalimantan, sebutannya
lanting sementara di sepanjang sungai Musi, Palembang disebut rakit. Masyarakat
rumah terapung ini benar-benar memanfaatkan sungai untuk kehidupannya.Kini,
rumah terapung dipertahankan keberadaannya sebagai objek wisata. Kesimpulan
bacaan tersebut adalah......
9. Simpulan merupakan .....akhir dari uraian panjang suatu bacaan atau teks
.
10. Alika memberi informasi kepada temannya. Tetapi, informasi yang
diberikan adalah informasi yang salah.Sebaiknya sebelum memberikan informasi, Alika
memeriksa kebenaran informasi tersebut terlebih dahulu. Kesimpulan yang dapat
ditarik dari teks di atas adalah....
Mata
Pelajaran :
IPA
1. Perkembangbiakan
generatif adalah …
2. Tumbuhan yang berkembang
biak dengan generatif mempunyai …..
3. Alat kelamin jantan pada bunga adalah....
4. Proses bertemunya benang
sari dan kepala putik pada bunga dinamakan …….
5. Hewan yang berkembang
biak dengan cara melahirkan memiliki ciri ....
6. Contoh hewan yang
berkembangbiak dengan cara ovipar adalah ….
7. Hewan yang
berkembangbiak dengan cara bertelur dan beranak contohnya adalah ….
8. Pemerintah berupaya
melestarikan hewan langka yang ada dinegara Indonesia, supaya hewan tersebut
tidak punah. Hewan apa saja yang termasuk jenis hewan endemik yang dilindungi
di Indonesia yaitu ..
9. Mencangkok hanya dapat
dilakukan pada batang tumbuhan yang memilik …..
10. Perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara menempelkan kulit yang bertunas
pada batang pohon induk disebut….
Mata
Pelajaran :
IPS
1. ASEAN adalah sebuah
organisasi internasional yangberanggotakan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
Negara-negara ini bersatu karena adanya persamaan letak geografis dan kemiripan
budaya. Sebutkan nama-nama negara anggota
pertama ASEAN adalah ...
2. Negara Indonesia berbatasan dengan
beberapa negara di kawasan Asia tenggara, yaitu...
3. Kenyamanan dalam
bertetangga perlu diwujudkan karena tiap keluarga memiliki
kepentingan yang sama. Hal ini salah satu yang mendasari terbentuknya ASEAN.
ASEAN dibentuk pada tanggal …
4. Saat penandatanganan
deklarasi Bangkok, Negara Indonesia dan Negara Filipina diwakili oleh …
5. Kota di Malaysia yang
terdaftar dalam UNESCO World Heritage yaitu kota...
6. Yang merupakan ikon dari
negara singapura adalah ...
7. Negara Thailand merupakan negara di
kawasan Asia Tenggara yang memiliki beberapa julukan.
8. Menara kembar petronas merupakan
bangunan khas dari negara …..
9. Sebagian besar wilayah Asia Tenggara beriklim ....
10. Keseimbangan ekosistem dapat terganggu oleh perburuan hewan secara
liar, karena dapat mengakibatkan
Mata
Pelajaran :
SBK
1. Sebutkan bahan-bahan
yang dapat digunakan untuk membuat adonan plastisin!
2. Bagaimana cara membuat
plastisin yang benar ?
3. Sebutkan jenis-jenis patung
!
4. Proses pembuatan patung
tanah liat dapat dilakukan dengan teknik...
5. Patung yang dibuat
dengan tujuan untuk memperingati peristiwa bersejarah, jasa seseorang,
kelompok, dinamakan patung ...
6. Memahat merupakan salah
satu teknik dalam membauat... …
7. Patung adalah salah satu
karya seni….
8. Teknik yang digunakan
dalam membuat patung adalah teknik...
9. Tujuan membuat rancangan
patung adalah...
10. Sebutkan bahan yang dapat
digunakan untuk membuat patung !
MATEMATIKA
Tujuan pembelajaran : Peserta didik dapat memahami garis bilangan dan mengerjakan hitung bilangan bulat dengan benar.
kerjakan latihan berikut !
1.
Kalimat matematika untuk diagram di atas adalah ....
2. Lawan dari 20 adalah ....
3. tentukan hasil dari - 30 + 17 = ....
4. 20 : (-5) x 7 + 5 = .....
5. 120 : (- 6) x (- 3) adalah .......
6. Suhu udara di Bandar Lampung mula-mula 30°C, sedangkan di Bandung -2°C. selisih suhu udara kedua kota tersebut adalah …
7. Seekor ayam yang telah di panggang bersuhu 45°C, setiap 12 menit suhunya turun 4°C. Berapakah suhu ayam panggang setelah dibiarkan di tempat terbuka selama satu jam ?
8. Bentuk desimal dari pecahan 8/25
9. Bentuk sederhana dari pecahan 35/60
10. 30% ; 1,3 ; 3/5, 1 1/2 dan 0,35, urutkan pecahan di samping dari pecahan terbesar !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar