MATERI AJAR KELAS 6 TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1
Hari/Tanggal : Rabu, 29 September 2021
Tema 4 : Globalisasi
Sub Tema 2 : Globalisasi dan manfaatnya
Pembelajaran : 1
Muatan PB : Bahasa Indonesia (3.2), IPS (3.3), IPA (3.6) Matematika (3.5)
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu menemukan informasi penting dari teks bacaan
- Siswa mampu mengidentifikasi kerjasama antar negara anggota Asean dibidang politik
- Siswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekan cara-cara menghemat energi listrik dalam kehidupan swhari-hari
Assalamualaikum wr. wb
Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT. Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid ini kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kalian tetap sehat.
Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Sekarang waktunya belajar tematik. hari ini kita masuk tema 4 Globalisasi subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya Pembelajaran 1, pastinya anak-anak bu guru sudah siap mengikutinya.
Ayo simak video berikut ini :
https://www.youtube.com/watch?v=k-u2AuBGa4cBahasa Indonesia dinilai layak menjadi bahasa ASEAN
Bahasa Indonesia mempunyai strategi gramatikal untuk menciptakan kata baru karena bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kaya.
Bahasa Indonesia layak menjadi bahasa global karena Bahasa Indonesia itu sempurna. tidak kaku dan bisa berkembang.
Banyak generasi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, namun bahasa Indonesianya sebagai bahasa ibu jangan diganti,
- Mempererat hubungan diplomatik dengan pengiriman duta dan konsul
- Menciptakan stabilitas politik kawasan ASEAN
- Mengadakan perjanjian ekstradisi dengan negara-negara anggota ASEAN.
- Mengirim duta dan konsul ke negara-negara anggota ASEAN dan menermia duta dan konsul dari negara lain.
- Turut andil dalam penyelesaian beberapa konflik yang terjadi di awasan ASEAN
- Mengembalian pelau kejahatan ke negara asal.
Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas
lingkaran.
Contoh :
1) .Sebuah sepeda motor mempunyai roda dengan jari-jari 35 cm berputar sebanyak 5000 kali. Jarak yang di tempuh oleh sepeda motor tersebut adalah .... km
Pembahasan :
Diketahui jari-jari = 35 cm
Ditanyakan keliling dan jarak tempuh?
Jawab
K = Л x 2 x r
K = 22/7 x 2 x 35 = 220 cm
Jarak tempuh = Keliling lingkaran x banyaknya putaran
Jarak tempuh = 220 cm x 5.000 = 1.100.000 cm =
= 1.100.000 cm : 100.000 = 11 km.
Jadi, jarak yang ditempuh oleh sepeda motor adalah 11 km.
2. Ibu membuat taplak meja berbentuk lingkaran berdiameter 1,4 m. Setelah jadi, ibu mengukur keliling taplak meja tersebut dan ternyata panjangnya adalah .... meter.
Pembahasan
Diketahui diameter = 1,4 m
Ditanyakan keliling?
Jawab
K = Л x d
K = 22/7 x 1,4
K = 22/7 x 14/10 (sederhanakan 7 dan 14, masing2 dibagi 7. Sederhanakn juga 22 dan 10 masing2 dibagi 2)
K = 22/5
K = 4,4 m
3. Di belakang rumah Pak Amat ada kolam ikan berbentuk setengah lingkaran. Kolam ikan tersebut memiliki
jari-jari 3 meter. Berapa luas kolam ikan Pak Amat?
Pembahasan
L = Л x r²
Luas kolam = 1/2 Л x r x r
Luas kolam = 1/2 x 3,14 x 3 x 3 = 14,13 m²
Jadi, Luas kolam Pak Amat adalah 14,13 m²
4. Kak putri pergi ke alun-alun, disana dia melihat sebuah lingkaran yang berdiameter 56 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut adalah....
Pembahasan
Diketahui d=56 cm, r = 28
Ditanyakan : Berapa luas linkaran?
Jawab
L = Л x r² / L = Л x r x r
L = 22/7 x 28 cm x 28 cm ( sederhanakan 7 dan 28, masing2 bagi 7 )
L = 22 x 4 cm x 28 cm
L = 88 x 28 cm
L = 2464 cm²
TUGAS MATEMATIKA
Kerjakan soal berikut ini dengan langkah-langkahnya!
1) Di belakang rumah Ale terdapat taman berbentuk setengah lingkaran dengan jari-jari 10 cm. Keliling taman tersebut adalah....
2) Sebuah
lapangan berbentuk lingkaran berdiameter 60 m. Andi berlari
mengelilingi lapangan tersebut 3 kali. Maka jarak yang ditempuh Andi
adalah .... meter.
3) Kak fira minum menggunakan cangkir berbentuk lingkaran yang berdiameter 20 cm. Jika diketahui phi = 3,14 maka luas permukaan cangkir tersebut adalah...
.
KD.3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran
Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas
lingkaran.
Contoh :
1) .Sebuah sepeda motor mempunyai roda dengan jari-jari 35 cm berputar sebanyak 5000 kali. Jarak yang di tempuh oleh sepeda motor tersebut adalah .... km
Pembahasan :
Diketahui jari-jari = 35 cm
Ditanyakan keliling dan jarak tempuh?
Jawab
K = Л x 2 x r
K = 22/7 x 2 x 35 = 220 cm
Jarak tempuh = Keliling lingkaran x banyaknya putaran
Jarak tempuh = 220 cm x 5.000 = 1.100.000 cm =
= 1.100.000 cm : 100.000 = 11 km.
Jadi, jarak yang ditempuh oleh sepeda motor adalah 11 km.
2. Ibu membuat taplak meja berbentuk lingkaran berdiameter 1,4 m. Setelah jadi, ibu mengukur keliling taplak meja tersebut dan ternyata panjangnya adalah .... meter.
Pembahasan
Diketahui diameter = 1,4 m
Ditanyakan keliling?
Jawab
K = Л x d
K = 22/7 x 1,4
K = 22/7 x 14/10 (sederhanakan 7 dan 14, masing2 dibagi 7. Sederhanakn juga 22 dan 10 masing2 dibagi 2)
K = 22/5
K = 4,4 m
3. Di belakang rumah Pak Amat ada kolam ikan berbentuk setengah lingkaran. Kolam ikan tersebut memiliki
jari-jari 3 meter. Berapa luas kolam ikan Pak Amat?
Pembahasan
L = Л x r²
Luas kolam = 1/2 Л x r x r
Luas kolam = 1/2 x 3,14 x 3 x 3 = 14,13 m²
Jadi, Luas kolam Pak Amat adalah 14,13 m²
4. Kak putri pergi ke alun-alun, disana dia melihat sebuah lingkaran yang berdiameter 28 cm.
Berapakah luas lingkaran tersebut adalah....
Pembahasan
Diketahui d=28 cm
Ditanyakan : Berapa luas linkaran?
Jawab
L = Л x r² / L = Л x r x r
L = 22/7 x 28 cm x 28 cm ( sederhanakan 7 dan 28, masing2 bagi 7 )
L = 22 x 4 cm x 28 cm
L = 88 x 28 cm
L = 2464 cm²
TUGAS MATEMATIKA
Kerjakan soal berikut ini dengan langkah-langkahnya!
1) Di belakang rumah Ale terdapat taman berbentuk setengah lingkaran dengan jari-jari 10 cm. Keliling taman tersebut adalah....
2) Sebuah lapangan berbentuk lingkaran berdiameter 60 m. Andi berlari mengelilingi lapangan tersebut 3 kali. Maka jarak yang ditempuh Andi adalah .... meter.
3) Sebuah roda sepeda memiliki jari-jari 35 cm. Ketika sepeda dikayuh, roda
tersebut berputar sebanyak 30 kali. Jarak yang ditempuh oleh sepeda
tersebut adalah .... m.
4) Kak fira minum menggunakan cangkir berbentuk lingkaran yang berdiameter 20 cm. Jika diketahui phi = 3,14 maka luas permukaan cangkir tersebut adalah...
5) Sebuah taman berbentuk lingkaran dengan diameter 56 meter akan ditanami rumput. Harga rumput adalah RP 7.500,00/m². Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli rumput adalah ....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar