Total Tayangan Halaman

Rabu, 29 September 2021

RABU,29 SEPTEMBER 2021/KELAS 6D

  MATERI AJAR KELAS 6 TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1

Hari/Tanggal               : Rabu, 29 September  2021

Tema 4                        : Globalisasi

Sub Tema 2                 : Globalisasi dan manfaatnya

Pembelajaran               : 1

Muatan PB                  : Bahasa Indonesia (3.2), IPS (3.3), IPA (3.6) Matematika (3.5)

Tujuan Pembelajaran :

  •       Siswa mampu menemukan informasi penting dari teks bacaan
  •       Siswa mampu mengidentifikasi kerjasama antar negara anggota Asean dibidang politik
  •       Siswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekan cara-cara menghemat energi listrik dalam kehidupan swhari-hari

Assalamualaikum wr. wb

Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT.  Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid ini kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan  kegiatan. makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kalian tetap sehat.   

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, mari kita bersiamemulapembelajaran hari ini. Mintalah  bantuan kepadbunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bilminta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Sekarang waktunya belajar tematik. hari ini kita masuk tema 4 Globalisasi subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya Pembelajaran 1, pastinya  anak-anak bu guru sudah siap mengikutinya.

Ayo simak video berikut ini :

https://www.youtube.com/watch?v=k-u2AuBGa4c
 
Bahasa Indonesia Dinilai Layak Jadi Bahasa ASEAN
Bahasa Indonesia dinilai layak menjadi bahasa ASEAN karena merupakan bahasa dari negara dengan penduduk yang besar. “Bahasa Indonesia berasal dari negara dengan penduduk sekitar 250 juta, seharusnya bisa menjadi bahasa ASEAN,” kata Guru Besar Tetap bidang Linguistik Universitas Mataram Prof. Dr. Mahsun, M.S, di Gelar Wicara Internasionalisasi Bahasa Indonesia, di Universitas Negeri Jakarta, Kamis.

Menurut Mahsun, bahasa Indonesia memang hanya memiliki 90.000 kosakata tetapi mempunyai strategi gramatikal untuk menciptakan kata baru. Sehingga, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kaya. “Misalnya dari kata hati banyak dikembangkan menjadi mata hati, jatuh hati, patah hati, dan lainnya. Atau dari kata anak berkembang lagi menjadi peranakan, kekanakan, kanak-kanak, dan sebagainya,” jelas Mahsun.

Pada kesempatan yang sama, budayawan Indonesia Franz Magnis Suseno atau akrab disapa Romo Magnis menilai bahasa Indonesia layak menjadi bahasa global. “Dalam bahasa Indonesia kita bisa ungkapkan apa saja. Jadi masuk akal kalau bahasa Indonesia diakui di ASEAN. Bahasa Indonesia itu sempurna. Tidak kaku dan bisa berkembang,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia menyayangkan semakin banyak generasi saat ini yang merasa lebih percaya diri menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama ketimbang menggunakan bahasa Indonesia. ”Bagi saya memgherankan orang Indonesia pakai bahasa Inggris di rumah. Kemampuan bahasa Inggris cukup dipelajari sebaik mungkin sebagai bahasa asing. Saya dukung orang kita bisa bahasa asing, bisa maju, tetapi kalau bahasa Indonesianya sebagai bahasa ibu diganti, rasanya kosong karena tidak menyentuh ke hati,” jelas Romo Magnis yang belajar bahasa Indonesia sejak tahun 1962 itu.
Peran Bahasa Indonesia
Paragraf 1 Topik Masalah
Bahasa Indonesia dinilai layak menjadi bahasa ASEAN 
Paragraf 2 Deret Penjelas
Bahasa Indonesia mempunyai strategi gramatikal untuk menciptakan kata baru karena bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kaya.
Paragraf 3 Deret Penjelas
Bahasa Indonesia layak menjadi bahasa global karena Bahasa Indonesia itu sempurna. tidak kaku dan bisa berkembang.
Paragraf 4 Simpulan
Banyak generasi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, namun bahasa Indonesianya sebagai bahasa ibu jangan diganti,
 melakukan bentuk bekerja sama dalam bidang budaya. Jika bahasa Indonesia menjadi bahasa ASEAN, bahasa Indonesia akan menjadi budaya di negara-negara anggota dalam hal komunikasi. 

Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara di Bidang politik di Masa Globalisasi
Bentuk Kerja sama
  1. Mempererat hubungan diplomatik dengan pengiriman duta dan konsul
  2. Menciptakan stabilitas politik kawasan ASEAN
  3. Mengadakan perjanjian ekstradisi dengan negara-negara anggota ASEAN.
Peran Indonesia dalam hubungan kerja sama dengan negara di Asia Tenggara
  1. Mengirim duta dan konsul ke negara-negara anggota ASEAN dan menermia duta dan konsul dari negara lain.
  2. Turut andil dalam penyelesaian beberapa konflik yang terjadi di awasan ASEAN
  3. Mengembalian pelau kejahatan ke negara asal.

Belakangan ini banyak bermunculan masalah pemborosan energi. Masalah pemborosan energi secara umum sekitar 80 persen disebabkan oleh faktor sumber daya manusia yang kurang memahami dampak dari pemborosan energi bagi kelangsungan hidup anak cucu kita mendatang. Selain disebabkan oleh manusia, ada pula 20 persen disebabkan oleh faktor teknis. Indonesia merupakan negara yang boros dalam penggunaan energi, bahkan Indonesia termasuk salah satu negara di Asia Tenggara yang tertinggi dalam hal pemborosan energi. Hal ini tercermin dalam indeks elastisitas energi. Skor Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, bahkan dengan negara maju. Hal ini menunjukkan perlunya masyarakat Indonesia mengonsumsi energi secara lebih efisien dan mengurangi pemborosan.

Dampak dari pemborosan energi sebenarnya sudah kita rasakan. Hal ini terasa dari peningkatan suhu global. Meningkatnya suhu global menyebabkan naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca ekstrem, lebih lamanya cuaca panas darpada cuaca dingin, dan hilangnya gletser, serta akibat-akibat lainnya. Jika fenomena ini terus terjadi tanpa antisipasi dan penanggulangan, mungkin kelangsungan hidup manusia akan terancam. 

TUGAS TEMATIK KLIK DISINI

MATEMATIKA

Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah 

Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas 

lingkaran.

 Contoh :

  1) .Sebuah sepeda motor mempunyai roda dengan jari-jari 35 cm berputar sebanyak 5000 kali. Jarak yang di tempuh oleh sepeda motor tersebut adalah .... km 

        Pembahasan :


Diketahui jari-jari = 35 cm
Ditanyakan keliling dan jarak tempuh?

        Jawab
K = Л x 2 x r
K = 22/7 x 2 x 35 = 220 cm
Jarak tempuh = Keliling lingkaran x banyaknya putaran
Jarak tempuh = 220 cm x 5.000 = 1.100.000 cm = 

                                                            = 1.100.000 cm : 100.000 = 11 km.
Jadi, jarak yang ditempuh oleh sepeda motor adalah 11 km.

 

2.    Ibu membuat taplak meja berbentuk lingkaran berdiameter 1,4 m. Setelah jadi, ibu mengukur keliling taplak meja tersebut dan ternyata panjangnya adalah .... meter.

        Pembahasan       
Diketahui diameter = 1,4 m
Ditanyakan keliling?

        Jawab
K = Л x d
K = 22/7 x 1,4

        K = 22/7 x 14/10 (sederhanakan 7 dan 14, masing2 dibagi 7. Sederhanakn juga 22 dan 10 masing2 dibagi 2)

        K = 22/5

        K = 4,4 m

  

3.  Di belakang rumah Pak Amat ada kolam ikan berbentuk setengah lingkaran. Kolam ikan tersebut memiliki

     jari-jari 3 meter. Berapa luas kolam ikan Pak Amat?  

        Pembahasan 

        L = Л x r²
Luas kolam = 1/2 Л x r x r
Luas kolam = 1/2 x 3,14 x 3 x 3 = 14,13 m²
Jadi, Luas kolam Pak Amat adalah 14,13 m²

  4.  Kak putri pergi ke alun-alun, disana dia melihat sebuah lingkaran yang berdiameter 56 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut adalah....

       Pembahasan

       Diketahui d=56 cm, r = 28

       Ditanyakan : Berapa luas linkaran?

       Jawab
     L = Л x r² /  L = Л x r x r

       L = 22/7 x 28 cm x 28 cm ( sederhanakan 7 dan 28, masing2 bagi 7 )

       L = 22 x 4 cm x 28 cm

      L = 88 x 28 cm 

      L = 2464 cm²

 

  TUGAS MATEMATIKA

  Kerjakan soal berikut ini dengan langkah-langkahnya!

1)  Di belakang rumah Ale terdapat taman berbentuk setengah lingkaran dengan jari-jari 10 cm. Keliling taman tersebut adalah....

 2) Sebuah lapangan berbentuk lingkaran berdiameter 60 m. Andi berlari mengelilingi lapangan tersebut 3 kali. Maka jarak yang ditempuh Andi adalah .... meter.

3) Kak fira minum menggunakan cangkir berbentuk lingkaran yang berdiameter 20 cm. Jika diketahui phi = 3,14 maka luas permukaan cangkir tersebut adalah...

 

Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru


Tetap semangat belajar di rumah ya ...

always pray to Allah, 
keep your health, 
and
 positive thinking

 
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan 

membaca hamdalah

See you tomorrow........anak sholih sholihah

 

 






 

KD.3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah 

Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas 

lingkaran.

 Contoh :

  1) .Sebuah sepeda motor mempunyai roda dengan jari-jari 35 cm berputar sebanyak 5000 kali. Jarak yang di tempuh oleh sepeda motor tersebut adalah .... km 

        Pembahasan :


Diketahui jari-jari = 35 cm
Ditanyakan keliling dan jarak tempuh?

        Jawab
K = Л x 2 x r
K = 22/7 x 2 x 35 = 220 cm
Jarak tempuh = Keliling lingkaran x banyaknya putaran
Jarak tempuh = 220 cm x 5.000 = 1.100.000 cm = 

                                                            = 1.100.000 cm : 100.000 = 11 km.
Jadi, jarak yang ditempuh oleh sepeda motor adalah 11 km.

 

2.    Ibu membuat taplak meja berbentuk lingkaran berdiameter 1,4 m. Setelah jadi, ibu mengukur keliling taplak meja tersebut dan ternyata panjangnya adalah .... meter.

        Pembahasan       
Diketahui diameter = 1,4 m
Ditanyakan keliling?

        Jawab
K = Л x d
K = 22/7 x 1,4

        K = 22/7 x 14/10 (sederhanakan 7 dan 14, masing2 dibagi 7. Sederhanakn juga 22 dan 10 masing2 dibagi 2)

        K = 22/5

        K = 4,4 m

  

3.  Di belakang rumah Pak Amat ada kolam ikan berbentuk setengah lingkaran. Kolam ikan tersebut memiliki

     jari-jari 3 meter. Berapa luas kolam ikan Pak Amat?  

        Pembahasan 

        L = Л x r²
Luas kolam = 1/2 Л x r x r
Luas kolam = 1/2 x 3,14 x 3 x 3 = 14,13 m²
Jadi, Luas kolam Pak Amat adalah 14,13 m²

  4.  Kak putri pergi ke alun-alun, disana dia melihat sebuah lingkaran yang berdiameter 28 cm.

       Berapakah luas lingkaran tersebut adalah....

       Pembahasan

       Diketahui d=28 cm

       Ditanyakan : Berapa luas linkaran?

       Jawab
     L = Л x r² /  L = Л x r x r

       L = 22/7 x 28 cm x 28 cm ( sederhanakan 7 dan 28, masing2 bagi 7 )

       L = 22 x 4 cm x 28 cm

      L = 88 x 28 cm 

      L = 2464 cm²

 

  TUGAS MATEMATIKA

  Kerjakan soal berikut ini dengan langkah-langkahnya!

1)  Di belakang rumah Ale terdapat taman berbentuk setengah lingkaran dengan jari-jari 10 cm. Keliling taman tersebut adalah....

 2) Sebuah lapangan berbentuk lingkaran berdiameter 60 m. Andi berlari mengelilingi lapangan tersebut 3 kali. Maka jarak yang ditempuh Andi adalah .... meter.

3) Sebuah roda sepeda memiliki jari-jari 35 cm. Ketika sepeda dikayuh, roda tersebut berputar sebanyak 30 kali. Jarak yang ditempuh oleh sepeda tersebut adalah .... m.
 

 4) Kak fira minum menggunakan cangkir berbentuk lingkaran yang berdiameter 20 cm. Jika diketahui phi = 3,14 maka luas permukaan cangkir tersebut adalah...

5) Sebuah taman berbentuk lingkaran dengan diameter 56 meter akan ditanami rumput. Harga rumput adalah RP 7.500,00/m². Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli rumput adalah ....

 

Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru


Tetap semangat belajar di rumah ya ...


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar