Laman

Senin, 16 Agustus 2021

SENIN, 16 AGUSTUS 2021/KELAS 6D

  PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ)


Hari/Tanggal               : Senin,16 Agustus 2021

Kelas                           : VI

Tema 2                        : Persatuan dalam Perbedaan 

Subtema 1                   : Rukun dalam Perbedaan

Pembelajaran               : 5 dan 6 

Muatan Pembelajaran  : IPS (3.4), SBDP (3.3), B. INDONESIA (3.4), PKN (3.4)

Tujuan Pembelajaran   : Peserta didik mampu menyebutkan makna proklamasi kemerdekaan  dengan benar, menggambarkan pola lantai tari daerah dengan benar, menyebutkan informasi penting menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat, menemukan 3 contoh pelaksanaan pengamalan sila pancasila.

 


 
Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiyah
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
 

 

 

Anak-anak semua, sudah  murojaah, dan sholat duha? Setelah sholat duha,menyimak tausiyah, dan murojaah, mari kita bersiamemulapembelajaran hari ini. Mintalah  bantuan kepadbunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

 

Ayo anak-anak sholih dan sholihah kita mulai pembelajaran hari ini..

 

 

Ayo kita simak video pembelajaran berikut ini :

 


Indonesia memiliki ragam tarian yang sangat indah. Keragaman tersebut menambah kekayaan Indonesia yang luar biasa. Kamu sudah belajar tentang pola lantai tarian daerah dan mempraktikkannya.
Amatilah gambar berikut dan pola lantainya!
Pola Lantai


No.Nama tarianJenis Pola Lantai
1.Tari Seudati
Garis Lurus (horizontal/vertikal)
 
2.Tari AndunDiagonal

3.Tari TandakGaris Melengkung

4.Tari Tambun dan BungaiGaris Lurus (Horizontal)


Bentuk-bentuk pola lantai :


Pengibar Sang Saka Merah Putih

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan melibatkan banyak pihak. Salah satunya adalah mereka yang mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Berkibarnya bendera Merah Putih menegaskan berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Abdul Latif Hendraningrat adalah salah satu pengibar bendera pada 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur, Jakarta. Ia adalah lulusan Sekolah Tinggi Hukum. Saat menjadi mahasiswa, ia mengajar Bahasa Inggris di beberapa sekolah menengah swasta, seperti yang dikelola oleh Muhammadiyah dan perguruan rakyat. Ia juga ditugaskan ke New York untuk memimpin rombongan tari.

Abdul Latif Hendraningrat pernah menjadi pasukan Pembela Tanah Air (PETA) dan ikut dalam berbagai pertempuran. Ia pernah menjabat komandan komando kota ketika Belanda menyerbu Yogyakarta (1948).

Kemudian ia ditunjuk sebagai atase militer RI untuk Filipina (1952), lalu dipindahkan ke Washington hingga tahun 1956.

Berdasarkan bacaan di atas, informasi penting dapat kita ringkas mejadi pada peta pikiran berikut ini :
                          Abdul Latif 

Berikut ini adalah contoh wujud persatuan di kelas beserta manfaatnya.

  1. Bekerja sama saat melaksanakan piket kelas. Manfaatnya adalah kelas menjadi bersih sehingga pembelajaran menjadi nyaman
  2. Saling membantu saat ada yang mengalami kesulitan saat belajar.  Manfaatnya adalah ikatan persahabatan menjadi lebih erat.
  3. Saat bermain tidak memilih milih teman. Manfaatnya adalah persatuan dan kesatuan menjadi lebih kuat.

 

Setelah anak-anak menyimak video membelajaran dan memahami materi di atas, ayo kerjakan tugas tematik berikut ini:

TUGAS TEMATIK :
1. SBDP KLIK DISINI 
2. IPS KLIK DISINI


Laporkan hasil kerjamu, dan foto kegiatan daring hari ini dalam bentuk kolase melalui WA ke ibu guru ya. Jika ada yg belum dipahami bisa ditanyakan ke ibu guru ya..

Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang kalian peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan.
 
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar