Laman

Rabu, 18 Agustus 2021

RABU,18 AGUSTUS 2021/KELAS 6D

MATERI AJAR RABU, 18 AGUSTUS 2021

Tema 2                          Persatuan dalam Perbedaan

Subtema 2                    :  Bekerja Sama Mencapai Tujuan

Pembelajaran ke-         1

Muatan Pelajaran       : Matematika, Bahasa Indonesia (3.4), IPS (3.4), IPA (3.3)

Tujuan Pembelajaran        :

Matematika = Peserta didik mampu melakukan soal hitung campuran dengan benar. 

 

Tematik       = Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif  dan menuliskan                                   peristiwa penting pada teks tentang semangat persatuan menggunakan unsur apa, di                           mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif.                           Menyebutkan makna upaya mempertahankan kemerdekaan melalui peta pikiran.                               Mengidentifikasi ciri-ciri hewan berdasarkan habitatnya

 

 
Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiyah
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
 

 

 

Anak-anak semua, sudah  murojaah, dan sholat duha? Setelah sholat duha,menyimak tausiyah, dan murojaah, mari kita bersiamemulapembelajaran hari ini. Mintalah  bantuan kepadbunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!

Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

 

Ayo anak-anak sholih dan sholihah kita mulai pembelajaran hari ini..

 

OPERASI HITUNG CAMPURAN

KD. 3.  Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi

Anak sholih sholihah, 

          Dalam operasi hitung campuran bilangan cacah, kedudukan penjumlahan sama dengan 

          kedudukan pengurangan, sedangkan kedudukan perkalian sama dengan kedudukan pembagian.

 Urutan Pengerjaan Operasi Hitung Campuran
  1. Tanda kurung dikerjakan terlebih dahulu.
  2. Operasi yang sama kedudukannya dikerjakan urut dari depan ( sebelah kiri)
  3. Operasi perkalian dan pembagian dikerjakan terlebih dahulu, setelah itu mengerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan
Agar mudah mengingat langkah-langkah operasi hitung bilangan cacah, ingatlah KUKABATAKU (Kurung Kali Bagi Tambah Kurang).

Untuk lebih jelas penerapannya dalam menyelesaikan soal matematika, langsung saja anak-anak tonton dan simak video berikut ya .....

  

 

https://www.youtube.com/watch?v=eCmT5IKza2E

Bagaimana penjelasan materi dalam pembelajaran video di atas, semoga anak-anak bu guru dapat memahaminya dengan baik ya....

Untuk mengetahui kemampuan kalian dalam memahami materi hari ini berikut bu guru berikan soal latihan, silakan kerjakan soal berikut dengan caranya
 
 
latihan
 1.  120 + 30 : 6 = ...
 
 2.  20 : 5 x 4 + 3 = ....

 3.  ( - 32 + 50 ) : 9 × 3 = …
 
 4.  16 : 2 + ( -5) x 2- (-3) =... 
 
 5.  7 x (-6) + (-81) :9 = . . . .

TEMATIK

Ayo kita simak video pembelajaran berikut ini :

 

https://www.youtube.com/watch?v=1SAceiwptn4

AGAR WAWASAN KALIAN TAMBAH LUAS JANGAN LEWATKAN MATERI DIBAWAH INI ! DAN KERJAKAN TUGASNYA ADA DI PALING BAWAH
 
 

Peta Pikiran Pertempuran Surabaya

Apa :
Peristiwa yang terjadi adalah Pertempuran di Kota Surabaya
Mengapa :
Pertempuran Surabaya meletus karena Inggris mengeluarkan ultimatum orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya
Siapa :
Pemimpin pasukan Inggris adalah Brigadir Jendral Mallaby dan Pemuda Surabaya

Pertempuran
Surabaya

Bagaimana :
Setelah rakyat menolak ultimatum pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara.
Di Mana :
Kota Surabaya
Kapan :
10 Nopember 1945
Kamu dapat mengembangkan peta pikiran yang telah kamu buat menjadi sebuah tulisan baru dengan menggunakan kata-kata sendiri. Sebelum menulis, perhatikan ciri-ciri kalimat efektif berikut!

Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara/ penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK. Ciri-ciri kalimat efektif.
  1. Memiliki unsur penting atau pokok (minimal unsur subjek dan predikat),
  2. Menggunakan struktur bahasa yang tepat,
  3. Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku,
  4. Menggunakan pilihan kata (diksi) yang tepat dan sesuai kebutuhan
Kamu akan mencari informasi tentang perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan secara berkelompok dengan pembagian tugas sebagai berikut:

1. Peta Pikiran Pertempuran Ambarawa
Apa :
Pertempuran yang berkobar di Ambarawa
Mengapa :
Sekutu mengingkari perundingan damai
Siapa :
Tentara Keamanan Rakyat dan Pasukan Inggris + NICA

Pertempuran
Ambarawa

Bagaimana :
Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu mundur
Di Mana :
Ambarawa
Kapan :
12 Desember 1945

2. Peta Pikiran Pertempuran Medan Area
Apa :
Pertempuran yang berkobar di Kota  Medan
Mengapa :
Kedatangan Sekutu yang diboncengi NICA serta ultimatum Sekutu
Siapa :
Barisan Pemuda Indonesia dan Sekutu dibawah pimpinan T.E.D Kelly

Pertempuran
Medan Area

Bagaimana :
Medan jatuh ke tangan pasukan sekutu dan TKR harus mengungsi Pematang Siantar
Di Mana :
Kota Medan
Kapan :
13 Oktober 1945 - 1946

3. Peta Pikiran Bandung Lautan Api
Apa :
Peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung
Mengapa :
Sekutu mengultimatum agar Bandung Utara dikosongkan oleh penduduk Indonesia, termasuk pasukan bersenjata.
Siapa :
Pasukan Inggris bagian dari Brigade Mac Donald dan Tentara Republik Indonesia

Pertempuran
Bandung Lautan Api

Bagaimana :
TRI bersama milisi rakyat melakukan perlawanan secara gerilya dari luar Bandung.
Di Mana :
Kota Bandung
Kapan :
23 Maret 1946

4. Peta Pikiran Agresi Militer 1
Apa :
 Operasi militer Belanda di Jawa dan Sumatra terhadap Republik Indonesia  
Mengapa :
Belanda merencanakan negara-negara boneka dan ingin mengembalikan kekuasaan Belanda atas Indonesia.
Siapa :
Pemerintah Belanda di bawah van Mook dan Tentara Republik Indonesia di bawah pimpinan Jenderal Soedirman

Pertempuran
Agresi Militer 1

Bagaimana :
Gencatan senjata akhirnya tercipta sementara. Belanda kembali mengingkari dengan Agresi Militer Belanda II.
Di Mana :
Sumatra dan Jawa
Kapan :
21 Juli 1947 sampai 5 Agustus 1947.

5. Peta Pikiran Agresi Militer 2
Apa :
Belanda melancarkan agresinya yang kedua dengan menggempur Ibu kota RI, Yogyakarta.  
Mengapa :
Belanda masih ingin menjajah Indonesia dan mereka melihat persetujuan renvile lebih menguntungkan Indonesia
Siapa :
Pemerintah Belanda di bawah Simon Hendrik Spoor dan Tentara Republik Indonesia di bawah pimpinan Jenderal Soedirman

Pertempuran
Agresi Militer 2

Bagaimana :
Jatuhnya ibu kota menyebabkan dibentuknya Pemerintah Darurat RI di Sumatra yang dipimpin oleh Sjafruddin Prawiranegara.
Di Mana :
Sumatra dan Jawa
Kapan :
19–20 Desember 1948

Ayo Mengamati 
Amati gambar berikut!
Hewan dan Habitatnya

Tuliskan hasil diskusimu pada diagram berikut!
Ciri Hewan dan habitatnya
No.Nama HewanCiri-Ciri dan Habitat
1.AyamCiri ciri ayam yaitu :
Hewan berkaki dua memiliki bulu
Termasuk kedalam kelompok unggas
Memiliki paruh
Berkembang biak dengan bertelur

Ciri ciri habitat ayam : Terdapat di daratan seperti hutan, pertanian, perkebunan, dan lain lain.
2.BebekCiri ciri Bebek :
Memiliki paruh
Memiliki kaki yang lebar dan berselaput
Bernafas dengan paru paru
Berkembang biak dengan bertelur

Ciri ciri habitatnya : Hidup di daratan dan perairan seperti danau, kolam, dan rawa.
3.CicakCiri ciri Cicak
Memiliki kaki perekat
Hewan melata memiliki kulit yang bersisik
Memiliki ekor yang panjang dan dapat putus
Berkembang biak secara ovipar (bertelur)

Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat
4.IkanCiri ciri Ikan :
Memiliki sisik dan lendir
Memiliki sirip dan bernapas dengan insang
Berkembang biak dengan ovipar, ovovivipar, atau vivipar

Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan

Ayo Mengamati
Amati tiga hewan yang ada di sekitarmu!
Berdasarkan pengamatanmu, catat ciri-ciri khusus hewan tersebut beserta habitatnya! Tulis laporan berdasarkan pengamatanmu!
No.Nama HewanCiri-Ciri dan Habitat
1.KucingCiri ciri kucing yaitu :
Memiliki kumis atau misai,
Memiliki bantalan halus di telapak kaki.
Memiliki penglihatan dan penciuman yang baik
Memiliki alat keseimbangan
Memiliki cakar untuk menangkap mangsa

Ciri ciri habitat kucing : Terdapat di daratan seperti hutan dan perumahan
2.KelinciCiri ciri Kelinci
Memiliki telinga panjang
Hewan ini berjalan dengan cara melompat
Selalu siaga bereaksi ageresif untuk menjauhi ancaman
Pertumbuhan giginya secara terus menerus 

Ciri ciri habitatnya yaitu : hidup di darat
3.BelutCiri ciri belut :
Belut tidak memiliki sirip,
Memiliki lendir pada tubuhnya
Bernafas dengan insang.
Banyak menghuni rawa-rawa, persawahan, 

Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan
 kesimpulan berdasarkan hasil pengamatanmu!
Ciri khusus pada hewan tersebut mempunyai hubungan yang erat dengan tempat tinggalnya. Misalnya, kucing memiliki bantalan halus di telapak kaki agar tidak bersuara saat berjalan, kelinci berjalan dengan melompat menggunakan kakinya, dan belut memiliki insang agar dapat bernapas di air.

 TUGAS TEMATIK

BAHASA INDONESIA KLIK DISINI

Laporkan hasil kerjamu, dan foto kegiatan daring hari ini dalam bentuk kolase melalui WA ke ibu guru ya. Jika ada yg belum dipahami bisa ditanyakan ke ibu guru ya..

Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang kalian peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan.
 
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh 
 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar