Total Tayangan Halaman

Selasa, 23 Maret 2021

SELASA,22 MARET 2021/KELAS 5D

 

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

Hari/tanggal       SELASA , 22  MARET  2021

Kelas             :        V D

Materi        :Penyajian data  

KD : 3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya

 Tujuan : S iswa mampu Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulan Data dalam bentuk diagram batang

  

PENYAJIAN DATA
Diagram Garis

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran


Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 


Menyajikan Data dengan Diagram Garis
 
 
 
Gambar di atas memadukan pengukuran data pribadi berat badan dan tinggi
badan. Data berat badan dan tinggi badan dapat disajikan dalam diagram
garis.
Diagram garis menunjukkan adanya kaitan antardata. Data berat badan dan
tinggi badan dapat diukur setiap waktu, data seperti ini disebut data kontinyu.

Di sekolah, Beni dan teman-temannya akan melakukan penimbangan badan.
Penimbangan badan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan
kesehatan siswa. Lani memiliki catatan berat badannya selama 5 tahun, yaitu
mulai umur 7 tahun hingga umur 11 tahun.
 
Langkah-Langkah Membuat Diagram Garis
1. Membuat garis horisontal (mendatar), garis horisontal biasanya digunakan
untuk waktu. Pada contoh di atas garis horisontal diisi umur siswa.
2. Membuat garis vertikal (tegak), garis vertikal pada contoh di atas diisi berat
badan siswa.
3. Buatlah titik-titik pasangan antarumur dan berat badan. (Misal 7, 25).
4. Hubungkan titik-titik dengan garis.
 
Perkembangan berat badan Beni dapat disajikan dalam diagram garis sebagai
berikut.
 
 
Berdasarkan diagram garis di halaman 240 terlihat adanya peningkatan berat
badan Beni mulai umur 7 tahun sampai umur 11 tahun. Peningkatan yang paling
tinggi adalah waktu Beni berumur 8 tahun ke umur 9 tahun, yaitu dari 28 kg ke
32 kg, adanya peningkatan 4 kg.
Garis menunjukkan perkembangan berat badan. Apabila semakin ke kanan naik,
maka artinya berat badannya naik.
Tinggi badan Meli juga dicatat secara berkala.
Pengukuran berat badan juga untuk memantau
perkembangan anak. Meli memiliki catatan
tinggi badannya selama 5 tahun, yaitu mulai
umur 7 tahun hingga umur 11 tahun.
 
Catatan tinggi badan Meli selama 5 tahun adalah
sebagai berikut.
 

 
Dari diagram garis di atas, pertumbuhan tinggi badan Meli meningkat dari umur
7 tahun sampai umur 11 tahun. Peningkatan tertinggi ketika Meli umur 7 tahun
ke umur 8 tahun.
 
Latihan matematika halaman 242 dibuku cetak asyik mencoba kerjakan nomor 1 dan 2 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar