Total Tayangan Halaman

Rabu, 23 September 2020

RABU,23 SEPTEMBER 2020/KELAS 5D

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 : Rabu,  23 September 2020

Kelas                              : V

Tema 3                          : Makanan Sehat

Subtema 2                    : Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh

Pembelajaran               :3


 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!   


Ayo Mengamati 

Amatilah gambar di bawah ini dengan cermat!

tema 3 kelas 5

Masih ingatkah kamu bagaimana sayur dan buah dapat sampai ke rumah kita?
Dari sawah dan kebun para petani yg bekerja keras untuk merawat sayuran dan buah-buahan yang kemudian di distribusikan ke pasar dan dibeli oleh konsumen

Kebiasaan yang mengikat masyarakat dan berlangsung dalam jangka waktu cukup lama dikenal dengan adat istiadat. Adat istiadat merupakan kebiasaan sosial yang sejak lama ada di dalam masyarakat dan bertujuan mengatur tata tertib dalam masyarakat tersebut. Adat istiadat setiap kelompok masyarakat bisa sama atau berbeda satu dengan yang lain. Contohnya saja, ada istiadat masyarakat Osing di Banyuwangi yang merupakan perpaduan antara budaya Jawa, Madura, dan Bali. Kemudian adat istiadat masyarakat desa di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang ternyata memiliki persamaan. Salah satu persamaannyanya bahwa mereka memiliki ikatan yang berdasarkan pada persahabatan.


NoNama ProvinsiAdat Istiadat
1Nanggro Aceh DarussalamPeusijuk merupakan salah satu tradisi leluhur masyarakat Aceh sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah Allah swt pada saat acara pernikahan, kelahiran, naik haji, menempati rumah baru, dan lain-lain.
2Sumatera UtaraTradisi Mangokkal Holi berarti mengambil tulang belulang dari leluhur mereka dari dalam kuburan. Lalu ditempatkan di dalam peti, dan diletakkan dalam buah bangunan tugu khusus untuk menyimpan tulang belulang leluhur.
3Sumatera BaratPerayaan Tabuik merupakan tradisi masyarakat Pariaman, Sumatera Barat untuk memperingati meninggalnya cucu Nabi Muhammad, Hasan dan Husein.
4RiauBalimau Kasai adalah upacara tradisional bagi masyarakat Kampar di Provinsi Riau untuk menyambut bulan suci Ramadan. Balimau sendiri bermakna mandi dengan menggunakan air yang dicampur jeruk yang oleh masyarakat setempat disebut limau.
5Kepulauan RiauBertepuk Tepung Tawar merupakan prosesi adat dengan tujuan memberikan berkah untuk mencapai keselamatan dan kesejahteraan, menghapus sial, majal dan duka nestapa agar terhindar dari orang yang akan di Tepuk Tepung Tawar.

Ayo Membaca

Tahukan kamu apa itu Sisingaan? Bacalah informasi di bawah ini!
Pertunjukan Sisingaan merupakan sebuah pertunjukan yang membutuhkan kerja sama, kekompakan, kerja keras, ketertiban, dan ketekunan. Semua orang dari segala lapisan masyarakat yang beraneka ragam dapat ikut dalam iringiringan tersebut. Iring-iringan dilakukan sambil mengitari kampung hingga akhirnya iringan kembali ke tempat semula. Tanpa adanya kerukunan, tentunya kerja sama yang baik tidak akan dapat terwujud.

Perhatikanlah iklan berikut ini dengan saksama!

 
tema 3 kelas 5

Masih ingatkah kamu dengan iklan media cetak?
• Saat mengamati contoh iklan di depan, apa isi pesan yang dapat kamu temukan dalam kalimat di depan?
Jawab:
Hidup Rukun Cermin Bangsa Indonesia

• Apa jenis bahasa yang digunakan dalam iklan tersebut? Apa yang membuatnya sama atau berbeda dengan kalimat percakapan sehari-hari? Jelaskan!
Jawab:
Bahasa yang digunakan pada iklan di atas menggunakan ragam bahasa resmi.

Jika percakapan sehari-hari memiliki bahasa yang berbeda dengan iklan media cetak, maka iklan media elektronik juga memiliki bahasa yang bisa jadi berbeda dengan iklan media cetak.

YUK KITA SIMAK VIDEO HARI INI!!


Tugas anak anak hari ini mengumpulkan video membuat oralit. di tunggu ya nak!! di bawah ini video membuat oralit yang didemonstrasikan oleh ibu guru berikut in









Tidak ada komentar:

Posting Komentar