I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
Muatan Pelajaran : PPKn
1. Kita sebagai bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk menghargai setiap budaya yang ada di tanah air. Sikap yang sesuai untuk menghargai kebudayaan adalah ....
a. melestarikan nilai-nilai budaya yang ada pada masyarakat
b. bangga terhadap budaya diri sendiri
c. menjelekkan budaya daerah lain
d. sekadar menghormati budaya daerah lain
2. Berikut yang menjadi bagian dari keragaman sosial budaya penduduk Indonesia adalah ....
a. penduduk berasal dari beragam suku dan agama
b. kebebasan dalam berpendapat
c. pilihan presiden yang berbeda-beda
d. perbedaan penyerapan teknologi
3. Perhatikan bentuk kebudayaan berikut !
(1) Adat istiadat
(2) Ilmu pengetahuan
(3) Kesenian
(4) Peraturan
Bentuk kebudayaan berupa gagasan ditunjukkan oleh ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (2), (3), dan (4)
c. (1), (2), dan (4)
d. (1), (3), dan (4)
4. Made beragama Hindu dan berasal dari Bali. Yusuf beragama Islam dan berasal dari Jawa Tengah. Berikut bagian dari keragaman kedua anak tersebut adalah ....
a. Made beribadah di pura, Yusuf beribadah di masjid.
b. Made dan Yusuf berasal dari provinsi yang sama.
c. Yusuf beribadah di masjid, Made beribadah di wihara.
d. Made berasal dari suku Bali, dan Yusuf berasal dari suku Jawa.
5. Adat istiadat penduduk Indonesia sangat beraneka ragam. Salah satunya adalah rambu solo. Adat istiadat ini berasal dari suku ....
a. Jawa
b. Sasak
c. Bugis
d. Toraja
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia
6. Pernyataan:
(1) memberikan informasi.
(2) membujuk,
(3) mengingatkan,
(4) mengkritik,
(5) memberi masukan.
Fungsi iklan ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (2), (3), dan (4)
d. (3), (4), dan (5)
7. Menginformasikan tempat penjualan produk kepada calon konsumen merupakan salah satu contoh fungsi ....
a. transportasi
b. formal
c. marketing
d. informasional
8. Iklan yang menggunakan bahasa berupa singkatan-singkatan disebut ....
a. iklan niaga
b. iklan jasa
c. iklan baris
d. iklan baliho
9. Berikut ini kalimat iklan yang komunikatif adalah ....
a. Sabun ini memiliki aroma seperti buah jeruk
b. Cukup banyak orang yang membeli produk ini
c. Mereka ingin mencoba produk yang diiklankan
d. Beli produk kami sekarang dan menangkan hadiahnya
10. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1) Kalimat singkat dan jelas.
(2) Tulisan dan gambar menarik
(3) Menggunakan bahasa asing.
(4) Disampaikan dengan warna-warni.
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat iklan adalah ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)
Muatan Pelajaran : IPA
11. Berikut ini yang termasuk fungsi dari sistem pencernaan pada manusia dan hewan adalah ....
a. mengedarkan oksigen ke otak
b. membantu sirkulasi udara dalam tubuh
c. mengedarkan sari-sari makanan ke seluruh tubuh
d. memperhalus makanan sehingga nutrisi dapat diserap oleh tubuh
12. Berikut proses pencernaan yang menjadi ciri khas dari hewan ruminansia adalah ....
a. makanan tidak langsung dicerna
b. proses mencerna makanan berlangsung sekali
c. proses mencerna makanan berlangsung dua kali
d. makanan dicernah hingga lembut di dalam rongga mulut
13. Kelopmpok hewan-hewan berikut ini yang digolongkan menjadi hewan ruminansia adalah ....
a. kambing, sapi, dan domba
b. ulat, ular, dan kadal
c. kambing, paus, dan harimau
d. ayam, itik, dan burung
14. Proses pencernaan makanan pada manusia pada tahap tertentu akan mengalami penyerapan makanan. Tahap penyerapan makanan terjadi pada organ ....
a. anus
c. usus halus
b. mulut
d. kerongkongan
15. Proses pencernaan makanan pada manusia melalui beberapa tahap. Tahap setelah makanan ditelan di kerongkongan adalah ....
a. memasukkan makanan ke rongga mulut
b. makanan dikunyah di dalam rongga mulut
c. makanan masuk ke usus halus dan diserap sari-sarinya
d. makanan masuk ke lambung dan mengalami proses pemecahan
Muatan Pelajaran : IPS
16. Suatu hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok disebut ....
a. sosialisasi
b. interaksi sosial
b. proses sosial
d. komunikasi
17. Dalam kehidupannya, manusia akan menjalin hubungan dengan lingkungan sekitar dalam berbagai keperluan. Keadaan ini membuktikan bahwa manusia telah melakukan yang namanya ....
a. interaksi sosial
h. konflik sosial
c. bakti sosial
d. kerja sosial
18. Pembangunan ekonomi merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Pembangunan ekonomi lebih bersifat ....
a. kualitatif
b. produktif
c. persuasif
d. kuantitatif
19. Pelaku ekonomi.
(1) Penjual nasi
(2) Tukang cukur rambut.
(3) Dokter.
(4) Penjual baju.
(5) Penjual es.
Pelaku kegiatan ekonomi yang menjual jasa adalah ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
20. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
(1) Meningkatkan taraf hidup masyarakat
(2) Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
(3) Meningkatkan kuantitas masyarakat
(4) Meningkatkan kualitas masyarakat
Tujuan utama pembangunan ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)
Muatan Pelajaran : SBdP
21. Tari Gantar dari Kalimantan salah satu tari tradisional yang dimiliki Indonesia. Tarian ini menggambarkan gerakan ....
a. orang menanam padi
b. membersihkan beras
c. orang mendayung
d. mengambil air
22. Tangga nada dibedakan menjadi dua, yaitu tangga nada mayor dan minor. Tangga nada mayor memiliki ciri-ciri, di antaranya ....
a. bersifat riang gembira
b. tidak semangat
c. diawali nada la
d. bersifat sedih
23. Alat yang digunakan untuk membatik berupa teko kecil dari tembaga ringan memiliki corong pada ujungnya disebut ....
a. canting
b. corong
c. gawangan
d. anglo
24. Alat musik:
(1) Gendang,
(3) Biola
(2) Drum,
(4) Gitar
Alat musik yang termasuk alat musik ritmis adalah ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (1) dan (3)
d. (3) dan (4)
25. Jenis ragam hias berbentuk segitiga sama kaki yang pada zaman prasejarah melambangkan hal magis disebut ....
a. pilin
b. swastika
c. meander
d. tumpal
TEMA 4
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Kalau ada sumur di ladang
Boleh kita menumpang mandi
Kalau ada umurku panjang
Boleh kita bertemu lagi
Bacaan di atas merupakan sebuah ....
a. pantun
b. cerita
c. sajak
d. syair
2. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri dari pantun adalah ....
a. baris 2 dan 3 isi
b. bersajak a-b-b-a
c. baris 1 dan 3 sampiran
d. satu bait terdiri dari 8-12 suku kata
3. Perhatikan pantun berikut!
Pagi-pagi berolahraga.
Keliling kampung berlari-lari.
Belajar itu perlu berdoa.
Supaya kita berilmu tinggi.
Pantun tersebut termasuk pantun ....
a. anak-anak
b. dewasa
c. jenaka
d. nasihat
4. Pisang emas bawa berlayar.
Masak sebiji di dalam peti.
Isi pantun yang tepat untuk melengkapi adalah ....
a. Mahal emas dapat dibayar. Utang budi pikir sendiri.
b. Barang pecah harus dibayar. Utang budi dibawa mati
c. Jika berhutang harus dibawa. Utang budi tidak pasti
d. Utang emas dapat dibayar. Utang budi dibawa mati
5. Perhatikan pantun berikut ini!
(1) Kucing hitam halus bulunya
(2) Kumis panjang putih warnanya
(3) Geram sudah hatiku dibuatnya
(4) Uang hilang, siapa pelakunya?
Sampiran pada pantun ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (3) dan (4)
6. Perhatikan pantun berikut!
Berakit-rakit ke hulu.
Berenang-renang ke tepian.
Bersakit-sakit dahulu.
Bersenang-senang kemudian.
Pantun di atas termasuk pantun ....
a. jenaka
b. nasihat
c. kiasan
d. teka-teki
7. Pergi ke toko beli kedondong
Buahnya matang dibeli dua.
Jadi anak jangan berbohong.
Agar disayang orang tua.
Amanat dari pantun di atas adalah ....
a. Jika pergi ke toko jangan lupa beli dua buah kedondong.
b. Jika ingin di sayang orang tua harus pandai berbohong.
c. Agar disayang orang tua maka harus membeli kedondong.
d. Agar disayang orang tua maka ketika bicara jangan suka berbohong.
8. Perhatikan pantun rumpang berikut!
Jalan-jalan ke Pulau Buru.
Sungguh elok mentari pagi.
Isi yang sesuai untuk melengkapi pantun di atas adalah ....
a. Ingatlah selalu nasihat guru. Belajar giat raih prestasi
b. Ingatlah selalu nasihat ibu. Raihlah cita-cita untuk masa depan.
c. Nasihat guru kan kukenang. Belajar giat raih prestasi.
d. Setinggi langit cita-citamu. Belajar giat pasti tercapai
9. Bunga mawar warnanya merah.
Bunga melati warnanya putih.
Isi baris yang ketiga dan keempat yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah ....
a. Hidup harus jangan gelisah. Tetaplah sabar menghadapinya.
b. Kamu harus pantang menyerah. Tetaplah semangat giat berlatih.
c. Baju mereka warnanya merah. Baju milikku warnanya putih.
d. Kita harus selalu pasrah. Terpenting kita telah berusaha.
10. Perhatikan pernyataan berikut !
(1) Tidak mengenal sampiran.
(2) Bersajak a-b-a-b.
(3) Bersajak a-a-a-a.
(4) Merupakan jenis puisi lama.
Pernyataan tersebut yang bukan merupakan ciri syair adalah ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
1. Contoh interaksi sosial yang mengarah ke persatuan adalah ....
a. menanam pohon
b. kerja bakti
c. berkelahi
d. tawuran
2. Berikut ini yang termasuk interaksi sosial dalam masyarakat adalah ....
a. pemilihan ketua OSIS
b. kegiatan piket kelas
c. kerja bakti
d. beribadah
3. Manusia disebut sebagai makhluk sosial karena ....
a. dapat hidup sendiri
b. tidak suka berteman
c. membutuhkan bantuan orang lain
d. tidak membutuhkan bantuan orang lain
4. Berikut ini manfaat dari interaksi sosial yang tepat adalah ....
a. menciptakan konflik antarwarga
b. memupuk persatuan dan kesatuan
c. menumbuhkan sikap acuh tak acuh
d. mempercepat terjadinya dominasi sosial
5. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
(1) Menjaga kerukunan.
(2) Menciptakan kedamaian.
(3) Menciptakan permasalahan.
(4) Menciptakan keharmonisan.
Tujuan menjaga interaksi yang baik antarwarga di desa ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)
6. Interaksi yang terjadi antara manusia dan lingkungan alam harus berjalan harmonis. Untuk menciptakan interaksi yang harmonis, manusia sebaiknya ....
a. meningkatkan penemuan di bidang teknologi pertanian
b. mengeksploitasi alam sebesar-besarnya
c. membiarkan lingkungan alam tanpa memanfaatkan
d. memanfaatkan lingkungan alam secara bijaksana
7. Saat kita berbelanja di pasar, kita berkomunikasi dengan penjual dan banyak orang lainnya. Ini membuktikan bahwa manusia sedang berinteraksi dengan lingkungan ....
a. sendiri
b. alam
c. buatan
d. sosial
8. Faktor pendorong keberhasilan dalam pembangunan adalah ....
a. jumlah manusia yang makin banyak
b. tingkat pendidikan yang terbatas
c. kualitas sumber daya manusia
d. kemiskinan yang merajalela
9. Berikut ini yang bukan contoh interaksi sosial adalah ....
a. kegiatan gotong royong
b. membeli barang di pasar
c. bermain video game sendirian
d. membantu orang lain yang kesulitan
10. Perhatikan contoh pendidikan berikut ini!
(1) Seminar
(2) Diskusi panel
(3) Perguruan tinggi
(4) Sekolah dasar
Bentuk pendidikan informal ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
1. Jantung manusia terdiri atas ....
a. 3 serambi dan 2 bilik
b. 1 serambi dan 2 bilik
c. 3 bilik dan 1 serambi
d. 2 serambi dan 2 bilik
2. Pembuluh nadi terbesar disebut ....
a. kapiler
b. aorta
c. paru-paru
d. serambi
3. Peredaran darah manusia termasuk peredaran darah ....
a. tertutup
b. terbuka
c. pendek
d. panjang
4. Perhatikan gambar berikut ini !
Ruangan dalam jantung yang bertugas memompa darah ke paru-paru ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
5. Denyut jantung kita akan meningkat, jika kita melakukan aktivitas. Berikut ini aktivitas yang dapat meningkatkan denyut jantung adalah ....
a. duduk santai
b. lari pagi
c. jalan kaki
d. tidur
6. Penyakit ini disebabkan oleh kelebihan produksi sel darah putih yang jumlahnya abnormal. Sel darah putih tersebut akan memakan eritrosit dan menyebabkan menutupnya jumlah eritrosit. Penyakit tersebut adalah ....
a. leukimia
b. anemia
c. hipertensi
d. hemofilia
7. Agar kita terhindar dari penyakit anemia adalah dengan makan makanan yang banyak mengandung ....
a. azat besi
b. karbohidrat
c. protein
d. lemak
8. Penyakit pada peredaran darah yaitu darah sukar membeku jika terjadi luka disebut ....
a. hipertensi
b. hepotensi
c. anemia
d. hemofilia
9. Makan buah-buahan seperti pisang dan alpukat serta mengurangi mengkonsumsi makanan yang menggunakan garam dapur dapat mencegah penyakit ....
a. thalasemia
b. hipertensi
c. hemofilia
d. diare
10. Organ peredaran darah manusia antara lain adalah ....
a. jantung dan paru-paru h
b. paru-paru dan ginjal
c. jantung dan pembuluh dara
d. kerongkongan dan paru-paru
1. Urutan nada yang disusun secara berjenjang disebut dengan ....
a. tangga nada
b. irama
c. vokal
d. iringan musik
2. Tangga nada minor akan menimbulkan kesan
a. riang
b. bahagia
c. bersemangat
d. sedih
3. Jenis tangga nada yang memakai tujuh nada pokok adalah tangga nada ....
a mayor
b. minor
c. diatonis
d. pentatonis
4. Pola interval dari tangga nada mayor adalah ....
a. 1 1 ½ 1 1 1 ½
b. 1 ½ 1 1 1,1 ½
c. 1 1 1 ½ 1 1 ½
d. 1 1 ½ 1 1 ½ 1
5. Perhatikan lagu berikut ini !
(1) Hari Merdeka.
(2) Indonesia Pusaka.
(3) Berkibarlah Benderaku.
(4) Ambilkan Bulan.
Contoh lagu bertangga nada mayor ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3) ( d
d. (2) dan (4)
6. Tari Reog berasal dari daerah ....
a. Madura
b. Ponorogo
c. Yogyakarta
d. Jakarta
7. Tari Saman menggunakan pola lantai ....
a. lurus
b. zig-zag
c. lingkaran
d. melengkung
8. Properti kuda kepang yang sering digunakan untuk pertunjukan tari Jatilan dibuat bahan dasar .... yang dianyam.
a. bambu
b. rotan
c. kayu
d. daun pandan
9. Tari kupu-kupu gerakannya menirukan ....
a. tumbuhan
b. hewan
c. khayalan
d. manusia
10. Propertí tari jaipong dari Jawa Barat biasanya menggunakan ....
a. bunga
b. sanggul
c. selendang
d. ikat kepala
Tidak ada komentar:
Posting Komentar