Total Tayangan Halaman

Minggu, 29 Maret 2020

SENIN, 30 MARET 2020

MATERI AJAR HARI SENIN, 30 MARET 2020

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Anak sholeh/sholehah, semoga kalian selalu dalam lindungan Allah SWT, dan selalu diberi kesehatan serta dijauhkan dari wabah penyakit.

TEMA  9    : BENDA-BENDA DISEKITAR KITA
Subtema 1  : Benda Tunggal dan Campuran
PB 1

Bahasa Indonesia
                                            Pengertian Iklan Cetak
Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.

                                          Menentukan Isi Iklan Cetak

Perhatikan contoh di bawah ini 

Iklan tersebut merupakan iklan mesin cuci dengan merek “Prima”. Iklan terseut berisi informasi kelebihan poduk mesin cuci yang ditawarkan. Kelebihan mesin cuci “Prima” meliputi kapasitas pencucian besar, hemat listrik, bahan pembuat mesin cuci yang berkualitas. Program mesin cuci pun bisa diatur sesuai kebutuhan serta dapat digunakan utuk mencuci smua jenis kain.
 IPA

                                       Mengenal  Zat Tunggal dan Campuran
Disekitar kita banyak terdapat benda. Ada benda cair, benda padat, dan jug benda gas. Benda-benda tersebut menempati ruang dan memiliki massa sehingga volume dan massa dapat diukur, Segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa dapat kita sebut sebagai materi.
Berdaarkan komposisi penyusunnya, materi dapat kita bedakan menjadi zat tunggal dan campuran.
1.       Zat Tunggal
Zat tunggal adalah suatu materi yang komponen penyusunnya hanya terdiri dari satu jenis zat. Contoh Zat tunggal antara lain, air, gula, garam, dan emas murni
2.       Campuran
Campuran adalah suatu materi yang komponen penyusunnya terdiri dari dua jenis zat atau lebih. Campuran dapat dibedakan menjadi dua yaitu Campuran homogen dan campuran heterogen.
  • Campuran Homogen adalah Suatu materi yang komponen penyusunnya  terdiri dari dua jenis zat atau lebih yang menyatu secara sempurna. Artinya, Zat penyusun pada campuran homogen tidak dapat dibedakan. Salah satu contohnya adalah air garam. Garam akan menyatu dengan air jika dilarutkan sehingga garam dan air sudah tidak dapat dibedakan lagi.
  • Campuran heterogen Campuran Heterogen adalah suatu materi yang komponen penyusunnya terdiri dari dua jenis zat atau lebih yang tidak menyatu secara sempurna. Artinya zat penyusun pada campuran heterogen masih dapat dibedakan. Salah satu contohnya adalah campuran air dan kopi. Air dan kopi masih dapat kita bedakan meskipun telah tercampur. Kita dapat melihat butiran-butiran kopu mengendap di dasar gelas, sehingga bagian atas campuran terlihat lebih bening.
untuk lebih jelasnya lagi, mari kita nonton video berikut ini. klik dsini
Menentukan Zat Tunggal dan Zat Campuran di Lingkungan Sekitar.

Latihan Tematik
1.  Apa yang dimaksud zat tunggal ? jelaskan sesuai penjelasan dalam video diatas ! 
2.  Apa yang dimaksud zat campuran ? jelaskan sesuai penjelasan dalam video diatas !
3.  Berilah tanda ceklis (V) pada barang yang menunjukan zat tunggal dan campuran
No
Nama Benda
Zat Tunggal
Campuran
1
Arang
2
Soda Kue
3.
Air pasir
4
Sirup
5
Asam cuka
6.
Air Tepung
7.
Besi
8
Alumunium
9
Minuman Susu
10
Air gula
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar