Total Tayangan Halaman

Senin, 09 November 2020

SENIN,9 NOVEMBER 2020/KELAS 5D

 

JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan     : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                          :  EKOSISTEM

Sub Tema                  :   (Sub Tema 1) KOMPONEN EKOSISTEM

Pembelajaran ke        :1


kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 


Tema 5 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 1


ekosistem

Bagian hidup dan tak hidup pada sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup pada sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.

tema 5 kelas 5


Hari ini kita akan belajar:

  • Menyebutkan pokok pikiran pada teks nonfiksi yang disajikan.
  • Membuat tulisan tentang jenis makanan hewan.
  • Ekosistem

    Semua makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekita makhluk hidup. Sebuah lingkungan terdiri atas bagian yang hidup (biotik) dan bagian tak hidup (abiotik). Bagian yang hidup di sebuah lingkungan terdiri atas tumbuhan, hewan, dan makhluk hidup lainnya. Bagian lingkungan yang tak hidup terdiri atas cahaya matahari, air, udara dan tanah.

    Cahaya matahari dapat menghangatkan udara, air, dan tanah agar mencapai suhu yang sesuai kebutuhan hidup makhluk hidup. Cahaya matahari juga membantu tumbuhan membuat makanan. Air dan tanah merupakan bagian penting dari sebuah lingkungan. Air yang turun dalam bentuk hujan, meresap ke dalam tanah. Air di dalam tanah ini akan dimanfaatkan oleh tumbuhan yang hidup di atasnya dan makhluk hidupkecil lainnya yang hidup di dalam tanah.

    Bagian hidup dan tak hidup di sebuah lingkungan saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan disebut ekosistem. Ekosistem tersusun atas individu, populasi, dan komunitas.

    Individu adalah makhluk hidup tunggal, misalnya seekor kambing, seekor burung, dan sebuah pohon cemara. Tempat individu tinggal disebut habitat. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu. Contoh, di sebuah kolam, terdapat populasi ikan, populasi tumbuhan teratai, dan populasi lumut. Sementara itu komunitas adalah populasi makhluk hidup di suatu daerah tertentu. Contoh komunitas adalah komunitas sungai dan komunitas padang rumput.

tema 5 kelas 5
 Tugas!
Perbedaan apa saja yang dapat kamu jelaskan dari kedua gambar di atas?
Jelaskan hasil pengamatanmu terhadap kedua gambar tersebut.

Jenis Makanan Hewan

Hewan dengan Golongan Makanan Tumbuhan (Herbivora)

  • Herbivora pemakan jenis rumput. Herbivora pemakan jenis rumput makan banyak rumput dan daun-daun segar. Herbivora pemakan rumput antara lain sapi, kerbau, kambing, dan kelinci.
  • Herbivora pemakan jenis buah. Herbivora pemakan jenis buah terdiri dari bangsa kera,  bangsa burung, dan kelelawar.
  • Herbivora pemakan jenis biji-bijian. Herbivora pemakan jenis biji-bijian kebanyakan adalah bangsa burung. Hewan itu mempunyai paruh yang runcing dan kuat. Misalnya burung pipit dan burung bete

Hewan dengan Golongan Makanan Hewan (Carnivora)

Hewan pemakan daging disebut karnivora. Hewan jenis ini mempunyai taring tajam dan kuat. Karnivora bangsa burung mempunyai paruh dan kuku yang tajam dan kuat. Beberapa hewan pemakan daging adalah sebagai berikut :
  • Bangsa burung : burung rajawali, burung elang
  • Bangsa reptil : buaya, ular, biawak
  • Bangsa ikan : hiu, arwana, piranha
  • Bangsa binatang buas : harimau, serigala
Hewan dengan Golongan Pemakan Tumbuhan dan Hewan (Omnivora)

  1. Gorila, memakan tumbuh tumbuhan, terkadang juga memakan serangga.
  2. Monyet, merupakan hewan omnivora yang biasa kita ketahui makan berbagai jenis sayuran, buah buahan, kacang kacangan, hewan kecil, maupun serangga. 
  3. Simpanse, merupakan hewan berbulu yang memakan tumbuh tumbuhan seperti buah buahan, biji bijian, bunga dari pohon, serangga seperti semut, rayap, dan lainnya.
  4. Orang utan, memakan tumbuh tumbuhan dan juga serangga. Meskipun mayoritas dari mereka hanya memakan tumbuh tumbuhan seperti kulit pohon, bunga, dedauanan, buah buahan, madu, nektar, jamur dan lainnya. Orang utan juga tidak perlu turun dari pohon untuk mencari minum, karena mereka bisa minum dari lubang lubang pada pohon yang terkumpul air dari air hujan. 
  5. Beruang, merupakan hewan omnivora yang memakan apa saja termasuk tumbuh tumbuhan maupun daging dari hewan kecil lain. Beruang memakan jenis buah buahan, tanaman, madu, serangga, burung, dan binatang kecil lainnya. Beruang identik dengan makanan kesukaannya yaitu madu. 
  6. Luwak atau musang. Musang ini sebenarnya memakan buah buahan di kebun, seperti pisang, pepaya, dan lainnya. Musang juga memakan serangga, cacing tanah, moluska, tikus, dan hewan kecil lainnya. 
  7. Babi, memiliki bentuk hidung yang khas dan besar dengan telinga yang lebar. Babi merupakan hewan jenis omnivora yang memakan tumbuh tumbuhan seperti rumput dan juga serangga.
  8. Burung Flaminggo, memakan alga biru dan hijau dan udang. Udang dan alga ini merupakan makanan utama yang kaya nutrisi untuk burung flaminggo. Bentuk paruh burung flaminggo berfungsi dalam menyaring makanannya. Warna tubuh mereka yang kemerahan merupakan efek dari tingginya beta karotin yang mereka konsumsi. Udang dan alga memiliki kandungan betakarotin yang cukup tinggi.
  9. Burung jalak,  memakan buah buahan seperti pisang, pepaya, dan juga serangga.
  10. Paus. Hewan laut ini merupakan hewan omnivora yang memakan crustaceae dan cumi cumi. Paus juga memakan krill dan copepoda meskipun di makan dalam jumlah yang tidak banyak.
  11. Lumba lumba. Lumba lumba memakan cumi cumi, ikan ikan kecil, plankton, dan lainnnya.
TUGAS SISWA! 
 
 

Jumat, 06 November 2020

JUMAT, 6 NOVEMBER 2020/KELAS 5

JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan     : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                          :  4 Sehat Itu Penting

Sub Tema                  :   (Sub Tema 3)

Pembelajaran ke        : 6


kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 


Tema 4 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 6


kelas 5 tema 4 subtema 3 pembelajaran 6


Ayo Mengamati

Perhatikan gambar berikut!

kelas 5 tema 4 subtema 3 pembelajaran 6

Berdasarkan gambar di atas, berikan pendapatmu tentang faktor penyebab terjadinya banjir!

Faktor penyebab terjadinya banjir sebagai berikut.

  1. Curah Hujan yang Tinggi
  2. Membuang Sampah Sembarangan
  3. Perusakan Lahan
  4. Penebangan Hutan
  5. Pemukiman Liar

Banyak bentuk tanggung jawab warga masyarakat, misalnya menjaga kebersihan, keamanan, dan ketenangan lingkungan masyarakat. Bagaimanakah akibatnya jika tanggung jawab tersebut tidak dilaksanakan warga masyarakat?  

Akibat-akibat tidak dilaksanakan tanggung jawab sebagai warga masyarakat

  1. Dikucilkan oleh warga masyarakat setempat.
  2. Tidak dipercayai oleh warga masyarakat.
  3. Tidak dihargai oleh warga masyarakat.
  4. Tidak dianggap sebagai warga dilingkungan tersebut.
  5. Menjadi bahan pembicaraan warga masyarakat setempat.
  6. Akan mendapat teguran dari warga masyarakat setempat.

Dengan tanggung jawab kita akan membuat orang lain merasa senang Nasihat tentang pentingnya melaksanakan tanggung jawab sebagai warga masyarakat selain dapat dituangkan melalui pantun juga dapat dituangkan melalui gambar di samping.

Gambar di samping, menceritakan tentang pelaksanaan tanggung jawab warga masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. Menjaga keamanan lingkungan, dapat dilaksanakan melalui kegiatan siskamling secara bergantian.

kelas 5 tema 4 subtema 3 pembelajaran 6

TUGAS 

Untuk hari jumat ini kita hanya tanya jawab  dari materi di atas dan perkalian 

, anak anak diharapkan membaca terlebih dahulu.!

 

Kamis, 05 November 2020

KAMIS,5 NOVEMBER 2020/KELAS 5D

 

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 :  Kamis, 5 November 2020

Kelas                              : V

Tema 4                          : SEHAT ITU PENTING

Subtema 3                    CARA MEMELIHARA KESEHATAN ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA

Pembelajaran               :5

 

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  

Apa langkah-langkah yang harus disiapkan dalam membuat gambar cerita. Kamu bisa mengingat lagi melalui persiapan Udin dalam membuat gambar cerita berikut ini, diantaranya; 1. Menentukan cerita yang akan digambar. Udin akan menggambar cerita Si Pitung. 2. Udin mempelajari cerita Si Pitung. 3. Udin mempelajari karakter tokoh dalam cerita. Misalnya, Si Pitung merupakan sosok pemuda yang pandai mengaji dan pandai silat. Dua teman si Pitung bernama Rais dan Jii memiliki karakter baik hati, penolong, murah hati, pemberani, dan berakhlak mulia. Ada juga karakter kompeni yaitu jahat, egois, keras kepala, dan pemarah. 4. Udin mempelajari alur cerita sederhana tentang Si Pitung. Inilah alur cerita tentang Si Pitung.

·         Si Pitung rajin mengaji dan silat.

·         Si Pitung gemar berlatih silat bersama teman-temannya.

·         Si Pitung gagah berani melawan kompeni demi membela rakyat, bangsa, dan negaranya.

5. Selanjutnya, Udin mulai menggambar sesuai alur cerita yang telah dibuat.

Sebelum menggambar tentu saja Udin menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan seperti berikut.

1.    Alat dan bahan untuk membuat gambar cerita.

2.    Membuat sketsa gambar cerita berdasarkan tema atau cerita yang telah ditentukan.

3.    Menyempurnakan sketsa gambar cerita berdasarkan tema atau cerita yang telah ditentukan.

Inilah gambar cerita yang dibuat Udin.

 


Paling tidak ada tiga manfaat memiliki kemampuan beladiri, yaitu sebagai berikut.


1. Manfaat Fisik
Beladiri sangat bermanfaat bagi fisikmu. Contohnya, terbentuk koordinasi otot-otot tubuh, terbentuk postur tubuh yang seimbang yang sangat penting untuk mengurangi risiko timbulnya penyakit, serta menciptakan stamina dan ketahanan tubuh. Terbentuknya koordinasi otot-otot tubuh yang sangat mendukung kelancaran proses peredaran darah pada tubuh.

 2. Manfaat Emosional

Selain bermanfaat bagi fisikmu, beladiri, juga bermanfaat untuk mengendalikan emosimu. Dalam seni beladiri kamu akan diajarkan cara menghindari dan menghadapi lawan secara efektif dan efisien.

 3. Manfaat Sosial

Dalam seni beladiri kamu akan diajarkan bahwa saat dalam posisi lemah, kamu harus bisa membela diri, sedangkan saat dalam posisi kuat kamu harus bisa menjadi pelindung bagi yang lemah.


TUGAS HARI INI

MODUL TEMATIK HALAMAN 84

MUATAN IPA NOMOR 1 S.d. 5 

MUATAN SBDP NOMOR 1 S.d. 5

Jangan lupa tulis nama lengkap dan nomor absenmu!

Jangan lupa rapikan alat-alat belajar kalian sendiri dan ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih.

WASSALAMUALAIKUM WR.WB.

Rabu, 04 November 2020

RABU,4 NOVEMBER 2020/KELAS 5D

 JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan     : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                          :  4 Sehat Itu Penting

Sub Tema                  :   (Sub Tema 3)

Pembelajaran ke        : 4


kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Tema 4 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 4


tema 4 kelas 5 subtema 3
KITA SIMAK VIDEO PEMBELAJARAN BERIKUT!!


Setelah menyimak video kita kerjakan tugas di bawah ini !
Melakukan pengamatan terhadap upaya pembangunan ekonomi di daerah pantai. dan  mengamati upaya pembangunan ekonomi di daerah pegunungan.


Upaya Pembangunan Ekonomi
Di Daerah Pantai
Di Daerah Pegunungan








 selamat mengerjakan!! 





Senin, 02 November 2020

SELASA,3 NOVEMBER 2020/KELAS 5D

 JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan     : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                          :  4 Sehat Itu Penting

Sub Tema                  :   (Sub Tema 3)

Pembelajaran ke        :3


kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

Tema 4 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 3


tema-4-kelas-5-subtema-3

 Kita simak video berikut ya nak!



Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 

 Hari/tanggal                   : SELASA, 3  NOVEMBER  2020

Kelas                                V

    

Matematika

Penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran dengan bilangan asli !

Kita simak contoh berikut! Anak-anak bias lihat juga di buku cetak halaman 12 .



 Setelah melihat materi anak-anak bisa mengerjakan latihan di buku cetak kalian  halaman 12

kerjakan no 4,5,6 dan ,9

selamat mengerjakan!! 




SENIN,2 NOVEMBER 2020/KELAS 5D



 JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan     : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                          :  4 Sehat Itu Penting

Sub Tema                  :   (Sub Tema 3)

Pembelajaran ke        : 2


kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  Selalu tingkatkan keimanan dan ketakwaan untuk meraih keridhoan Allah SWT.

 

Tema 4 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 2


kelas-5-tema-4-subtema-3-pembelajran-2
KITA SIMAK VIDEO BERIKUT YUK..




Buka link di bawah ini untuk menjawab soal soal. 

https://youtu.be/738otfnVEaE

Setelah menyimak video jawablah soal di bawah ini!

Ayo Berlatih

1. Berdasarkan cerita bergambar di atas, siapakah yang memiliki sikap sombong dan pongah? Bagaimanakah pendapatmu terhadap sikap tersebut?



2. Organ peredaran darah pada hewan berbeda-beda. Coba kamu cari informasi mengenai organ peredaran darah hewan dan cara memeliharanya. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti berikut.

Jawab:

No
Nama Hewan
Organ Peredaran Darah
Gangguan Pada Organ Peredaran Darah
Cara Memelihara
Kesehatan Organ
Peredaran Darah
1.
Ikan


2.
Burung


3.
Kucing