Laman

Selasa, 05 Oktober 2021

SELASA,5 OKTOBER 2021/KELAS 6D


 MATERI AJAR KELAS 6 

Hari/Tanggal                      : Selasa, 5 Oktober  2021

Mata Pelajaran                 :  Tema 4 Globalisasi Subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya 

Pembelajaran                   :  5 dan 6

Mapel                                :  IPS (3.3), SBDP (3.1), Bahasa Indonesia ( 3.2 ), Pkn ( 3.3 )

 

Tujuan Pembelajaran        : 

§  Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan bentuk kerja sama Indonesia dalam lingkup ASEAN dengan benar.

§  Setelah mencari informasi, siswa mampu menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di lingkup ASEAN dalam bentuk peta pikiran dengan benar.

§  Setelah bereksplorasi, siswa mampu mengidentifikasi masalah yang terkait dengan luas permukaan bangun gabungan dengan benar.

§  Setelah bereksplorasi, siswa mampu memecahkan masalah yang terkait dengan luas permukaan bangun gabungan dengan benar.

§  Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster berdasarkan poster yang baik dan menarik.

§  Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca dengan tepat.

§  Setelah membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan kalimat efektif dan kosakata baku dengan tepat.

§  Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya cinta produk Indonesia dengan mandiri.

§  Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengampanyekan ajakan cinta produk Indonesia dengan kepedulian yang tinggi.

 


Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan 
sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT. 

 

Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid ini kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan  kegiatan. makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kalian tetap sehat.  

 

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. 

Setelah duha, mari kita bersiamemulapembelajaran hari ini. Mintalah  bantuan kepadbunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupaucapkan tolong bilminta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapka terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

    


Anak sholih sholihah baiklah anak sholih sholihah, langsung saja Ananda tonton dan simak

videopembelajaran  berikut ya 

 


 

https://www.youtube.com/watch?v=_SSPJfCNWL0 


Pada era globalisasi ini sangat diperlukan semangat untuk cinta tanah air. Semangat cinta tanah air akan membuat Indonesia semakin berkembang dan siap menghadapi era globalisasi. Apa lagi yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan sikap cinta tanah air?

Ayo Berkreasi
Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk mengajak orang lain cinta tanah air adalah membuat poster. Buatlah poster yang bertema cinta tanah air (membeli produk dalam negeri). Perhatikan kriteria poster yang baik. 
  1. Terdapat kalimat ajakan untuk selalu menggunakan produk dalam negeri.
  2. Terdapat keterangan singkat tentang pentingnya menggunakan produk dalam negeri.
  3. Terdapat contoh sikap cinta produk dalam negeri.
  4. Menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
  5. Poster jelas, menarik, tulisan rapi, dan bersih
Poster Cinta Produk Dalam Negeri
Sampaikan poster tersebut ke orang-orang di sekitarmu. Sampaikan kepada mereka pentingnya menggunakan produk dalam negeri.
Ayo Menulis
Indonesia telah melakukan kerja sama dengan negara-negara ASEAN di beberapa bidang. Apa tujuan dari kerja sama tersebut? Sikap apa yang harus kita kembangkan dengan adanya kerja sama tersebut?

Tulislah pada peta pikiran berikut.
Peta Pikiran Kerjasama Asean
Sikap sebagai warga negara
  • Saling membantu dan mendukung agar kerjasama berhasil.
  • Menghormati dan menghargai kerjasama tersebut
  • Menjadikan kerjasama sebagai sarana mempererat persatuan
  • Mengembangkan kreativitas seluas-luasnya
  • Memanfaatkan pasar bebas untuk menjual produk

Tujuan
  • Bekerja sama secara lebih efektif dan menguntungkan di berbagai bidang
  • Meningkatkan kesejahteraan negara-negara anggota di berbagai bidang

Manfaat
  • Mempererat hubungan antar negara ASEAN
  • Saling mengenal budaya antar negara ASEAN
  • Saling membantu menyelesaikan konflik
  • Meningkatkan ekonomi antar negara ASEAN
  • Mengembangkan iptek antar negara ASEAN

Contoh
  • Mengadakan program pertukaran pelajar
  • Penyelesaian konflik Kamboja
  • Mengadakan festival dan pekan karya seni
  • Dibukanya pasar bebas (MEA)
  • Mengadakan perjanjian ekstradisi
  • Pembentukan ASEAN COST

Semangat kerja keras adalah hal yang perlu terus kita kembangkan dalam menghadapi era globalisasi ini. Sebagai pelajar, salah satu kerja keras adalah giat belajar. Belajarlah untuk mencapai cita-citamu. Giat belajar untuk menghadapi era globalisasi. 


 
Sekarang tulislah cinta produk Indonesia ke dalam diagram berikut.
Cinta Produk Indonesia
Cinta produk Indonesia
Contoh :
Membeli buah-buahan lokal
Menggunakan baju batik
Bangga menggunakan produk dalam negeri

Bukan contoh :
Membeli buah-buahan impor 
Menggunakan baju buatan luar negeri
Malu menggunakan produk dalam negeri

Manfaat :
Mendorong ekonomi Indonesia meningkat
Membuat usaha-usaha dalam negeri berkembang
Lapangan pekerjaan semakin luas

Definisi :
Cinta produk Indonesia adalah menghargai, melestarikan, menjaga, dan juga menggunakan produk-produk Indonesia.

Ayo Menulis
Cermati kembali teks eksplanasi pada pembelajaran 1. Temukan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut.

Kemudian tuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri berikut ini: Perhatikan pengunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
Gambar Seri

Halaman 1 (Judul)
Indonesia Luncurkan Program Akademi Energi Surya Pertama Di Asia Tenggara 

Halaman 2 : Pernyataan Umum 
Paragraf 1 : 
Teknik Elektro FTUI meluncurkan “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara, yaitu institusi pendidikan dan pelatihan tenaga surya. 

Halaman 3 : Deret Penjelas 
Paragraf 2 : 
Sel surya merupakan lempengan tipis berbahan silikon yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi listrik. 
Lempengan sel surya yang telah diberi muatan positif dan negatif dapat menghasilkan listrik jika terkena cahaya. 
Karena biaya pembuatan lempengan silikon cukup tinggi, membuat penggunaan sel surya masih kecil seperti pada peralatan elektronik atau sebagai sumber listrik di daerah yang belum dijangkau jaringan listrik. 

Halaman 4 : Simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis 
Paragraf 3 : 
Pendirian Akademi Surya oleh UI diharapkan dapat menjawab masalah krisis energi akibat kebutuhan energi di era globalisasi yang semakin besar. Sel surya dapat menjadi energi alternatif pengganti bahan bakar fosil karena bersih, aman, dan tersedia tanpa batas.

Evaluasi 
1. Jelaskan makna dari “Berpikir Global, Bertindak Lokal”. Berikan contoh
Berpikir global, bertindak lokal yaitu bersikap terbuka terhadap perkembangan dunia namun tidak melupakan budaya sendiri. Contohnya adalah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di seluruh dunia, namun tidak melupayakan budaya luhur bangsa.

2. Gambarkan dan jelaskan proses panel listrik tenaga surya.
Panel Surya
Cahaya matahari mengenai panel surya yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Lalu listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Setelah tegangannya diatur, listrik kemudian disimpan pada baterai. Saat listrik digunakan, listrik akan mengalir menuju inverter dahulu untuk dinaikkan tegangannya. Akhirnya listrik dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.

3. Apa yang kamu ketahui tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)? Tuliskan dalam bentuk teks eksplanasi sederhana. Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif!

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Paragraf 1 : Pernyataan Umum
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan pembangkit yang mengubah energi panas dari sinar matahari menjadi energi listrik. Pembangkit listrik jenis ini terdiri dari panel-panel yang disusun secara horizontal untuk menangkap cahaya matahari.

Paragraf 2 : Deret Penjelas
Pada proses awalnya cahaya matahari ditangkap oleh panel-panel surya. Panel surya menerima cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya dapat langsung disalurkan ke beban ataupun disimpan dalam baterai. Sebelum disimpan di baterai, listrik akan mengalir menuju controller untuk diatur tegangannya. Pada malam hari panel surya tidak menghasilkan listrik sehingga listrik yang sudah terkumpul (tersimpan) dalam baterai tersebut dapat digunakan. Arus listrik dari baterai akan dinaikkan terlebih dahulu tegangannya oleh inverter agar bisa digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik. 

Paragraf 3 : Simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dapat dijadikan solusi untuk mengurangi dampak pemanasan global. Cahaya matahari yang dimanfaatkan PLTS merupakan energi yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi, dan tersedia tanpa batas. Kelebihan ini harus dimanfaat secara optimal mengingat juga Indonesia merupakan negara tropis yang disinari matahari sepanjang hari.

4. Mencintai produk dalam negeri adalah merupakan sikap cinta tanah air. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasanmu.
TUGAS HARI INI :

Kerjakan cerdas Tema 4 Subtema 3 halaman 89-90 (PKN, BHS INDO, IPA, IPS, SBDP) silakan kerjakan jawabannnya KLIK DISINI

Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat 

dan dapat menambah wawasan baru.

 
Tetap semangat belajar di rumah ya ......
 
Kerjakan sholat lima waktu
 
Biasakan murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh

 Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa

 
Anak sholih sholihah 
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
 


See you tomorrow ........


Tidak ada komentar:

Posting Komentar