Laman

Selasa, 07 September 2021

SELASA, 7 SEPTEMBER 2021/KELAS 6D

 MATERI AJAR HARI SELASA, 07 SEPTEMBER 2021

Hari/Tanggal      : Selasa, 07 September 2021
Tema 3               : Tokoh dan Penemuan
Sub Tema 2        : Penemu dan Manfaatnya
Pembelajaran     : 1
Muatan PB         : Bahasa Indonesia (3.2), IPS (3.2), IPA (3.4)
Tujuan Pembelajaran :
  1. Siswa mampu menyebutkan dan menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang manfaat penemuan televisi dalam bentuk peta pikiran dengan tepat dan sistematis. 
  2. Siswa mampu mengidentifikasi serta mempresentasikan perubahan social budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang Iptek, dan pendidikan dengan mandiri. 
  3. Dengan membuat rangkaian listrik paralel, siswa mampu menguji model rangkaian tersebut dengan tepat dan menyajikan laporan hasil percobaan rangkaian paralel dengan sistematis

 





Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT.


Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid seperti saat ini,  kalian harus tetap waspada, dan selalu lakukan 5 M, yaitu 

1. Memakai masker terutama saat berada di luar rumah dan saat berkomunikasi dengan 

    orang lain, 

2. Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan  kegiatan    

3. Menjaga jarak, 

4. Menghindari kerumunan

5. Mengurangi mobilitas 

 

Jangan lupa agar selalu menjaga imunitas tubuh kita dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kita selalu sehat.


Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, mari kita bersiamemulapembelajaran hari ini. Mintalah  bantuan kepadbunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!

Jangan lupa ucapkan tolong bilminta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.


Anak sholih sholihah pada hari ini Ananda akan belajar tema 3 subtema 1 pembelajaran 1.
Untuk lebih jelasnya, silahkan Ananda tonton dan simak video pembelajaran berikut ini ya
Silakan tonton dan simak video pembelajaran berikut ini !



Bagaimana anak-anak apakah kalian bisa memahaminya. Untuk mengetahui apakah kalian menyimak video diatas, kerjakan tugas dibawah ini. jawabannya ada di video diatas.

1.       1. Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi ?

2.       2. Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif ?


.
Percobaan Membuat Rangkaian Listrik Paralel
Nama bahan dan
alat
FungsiJumlah yang
diperlukan
Bahan yang
diperlukan
Dudukan LampuMeletakan Lampu3 buah
KabelMengalirkan arus listrik100 cm
Switch/sakelar on-offUntuk menyambung dan memutus arus listrik3 buah
Baterai 1,5 vSumber arus listrik2 buah
Lampu dan fittingnyaSebagai sumber cahaya3 buah
Alat yang
digunakan
Gunting/cutterMemotong kabel1 buah
LakbanMenempelkan dudukan lampu1 buah
Gambarlah rencana rangkaian lampu paralel yang akan kamu buat. Sesuaikan rancanganmu dengan bahan-bahan yang kamu miliki. 

Rangkaian Paralel
Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun sebaris, rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali.
Rangkaian Paralel
Kamu dapat menambah jumlah lampu atau baterai, sehingga rangkaian lampu paralel yang dibuat teman-teman sekelas nanti akan beragam.
 
TUGAS TEMATIK 
LATIHAN SOAL IPA KLIK DISINI 
 
 Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru


Tetap semangat belajar di rumah ya ...al

ways pray to Allah, keep your health, and
 
positive thinking

 
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah

See you tomorrow........anak sholih sholihah


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar