Laman

Selasa, 19 Januari 2021

SELASA,19 JANUARI 2020/KELAS 5D

Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

 

Hari/tanggal                 :Selasa, 19  Januari 2021

Kelas                            : Vd

Tema 6                         : Panas dan Perpindahannya

Subtema 2                   : Pengaruh Kalor terhadap kehidupan 

 Pembelajaran             :2

Tujuan   Tema            : siswa dapat menyebutkan benda yang bersifat konduktor dan isolator                  

 Matematika                : siswa dapat menghitung volume balok dengan kubus satuan


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? 

Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  


Yuk literasi bacaan berikut ini!

 

Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan

.Ayo Membaca
Sejarah Termos
Hampir semua keluarga memiliki termos dirumahnya. Termos memang sering digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan. Biasanya keluarga yang memiliki bayi yang memerlukan susu setiap saat, menggunakan termos untuk menyimpan air panas. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding Bu. Benda ini dirancang berbentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat. Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, dapat ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari bahan mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa saat tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya digunakan untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air dingin agar tetap dingin.
Sejarah Termos
Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat. Tetapi saat itu, untuk menjaga suhu minuman agar tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang dingin seperti di Eropa.lanjutkan membaca di bukumu halaman 146!

Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dengan menggunakan kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!
  1. Apakah fungsi sebuah termos? Termos digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan.
  2. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu? Bahan yang digunakan pada masa itu adalah botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat.
  3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas.
Thermos
  1. Apa saja benda di sekitarmu yang menggunaan prinsip yang hampir sama dengan termos? Selimut dan jaket.
Ayo Membaca
Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator
Kamu sudah tahu, bahwa panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ingat kembali, apa yang dimaksud dengan konduksi, konveksi, dan radiasi? Pikirkan bersama dalam kelompok kecil! Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu?
Benda Konduktor dan Isolator
Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Selimut memerangkap
udara. Udara adalah isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.
Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan, ke dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! Buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.
Peta Pikiran
Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu. Gunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi sifat hantaran benda tersebut dan kegunaannya. Lalu buatlah kesimpulannya!
Nama Benda/Alat di
Sekolah
Sifat HantaranKegunaan
Bel ListrikKonduktorPenanda waktu masuk atau istirahat
Sarung tanganIsolatorMenjaga tangan tetap hangat
Thermos EsIsolatorMenjaga es tidak mencair
JaketIsolatorMenjaga badan tetap hangat
SolderKonduktorMenyambung/memasang komponen elektronik

Nama Benda/Alat di
Rumah
Sifat HantaranKegunaan
SetrikaKonduktorMerapikan baju
PanciKonduktorMemasak dan merebus air
ThermosIsolatorMenjaga air tetap panas
SpatulaIsolatorMengambil masakan dari wajan
SelimutIsolatorMenjaga badan tetap hangat

Kesimpulan :
Panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ketiga cara perpindahan panas dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari,

Gambar cerita adalah gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi gambar cerita antara lain untuk:
  1. memperjelas alur atau isi cerita,
  2. memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang,
  3. menarik perhatian,
  4. menambah nilai artistik/ keindahan,
  5. sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya.
Gambar cerita sering juga ditemukan dalam buku cerita, majalah, dan buku pelajaran. Poster dan brosur juga sering disertai gambar cerita agar menarik. Petunjuk cara penggunaan barang pun sering dilengkapi dengan gambar cerita untuk membantu pengguna menggunakannya.

Ayo Berlatih
Perhatikanlah gambar cerita berikut ini! Lengkapilah keterangan sesuai gambar cerita yang ditampilkan. Di manakah kamu menemukan gambar cerita tersebut? Kesan apa yang kamu rasakan pada saat mengamati gambar ilustrasi tersebut?
Gambar Cerita
Bersama dengan teman sekelompok, buatlah sebuah kliping dengan mengumpulkan gambar-gambar cerita yang ada di berbagai media. Carilah gambar-gambar cerita yang ada pada buku pelajaran, buku cerita, koran, majalah, brosur, dan poster yang ada di sekitarmu. Berilah keterangan asal gambar cerita dan kesan yang kamu tangkap dari gambar tersebut seperti contoh di atas.

Berikut ini salah satu contohnya :
Gambar Cerita Kakek Bangau


 Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )

Hari/tanggal        : Selasa, 19 JANUARI 2021

Kelas                     V

Materi : Volume Bangun ruang Kubus 

Matematika

 

Latihan Soal matematika

Kerjakan soal di bawah ini hanya nomor 1 sd 5 saja, buat tabel/kolom seperti contoh di atas.

Tidak perlu untuk di gambar ya !

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar