Laman

Rabu, 18 Maret 2020

KAMIS,19 MARET 2020/KELAS VA

KUNCI JAWABAN TEMA
RABU,18 MARET 2020

Informasi penting apa yang dapat kamu temukan pada teks “Air untuk Kebutuhan Sehari-hari?” Tulislah dalam bentuk peta pikiran berikut.


KUNCI JAWABAN MATEMATIKA 

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Balok adalah bangun ruang yang dapat dibentuk oleh bangun datar ....
a. persegi
b. persegi dan persegi panjang
c. persegi panjang dan lingkaran
d. persegi panjang dan segitiga

2. Perhatikan gambar di bawah ini !


Soal Bangun Ruang Balok plus Kunci Jawaban 1

Yang bukan merupakan jaring-jaring balok adalah gambar ....
a. A
b. B
c. C
d. D

3. Rumus volume dan luas permukaan balok adalah ....
a. V = p x l x t, L = p x l + p x t + l x t
b. V = p x l x t, L = 2 (p x l + p x t + l x t)
c. V = p x l x t , L = 4 (p x l + p x t)
d. V = p x l x t , L = 6 (p x l)

4. Sebuah balok memiliki panjang 28 cm, lebar 14 cm, dan tingginya 12 cm. Volume balok tersebut adalah .... cm³
a. 4.700
b. 4.702
c. 4.704
d. 4.706

5. Volume suatu balok dengan panjang 17 cm, lebar 11 cm, dan tinggi 8 adalah .... cm³
a. 1.496
b. 1.498
c. 1.502
d. 1.516
 

Tema 8 subtema 3 Pb 2

Tema 8 Subtema 3 Pb 2
Kamis, 19 Maret 2020
Assalamualaikum wr wb. Siswa siswi kelas V semoga kita selalu sehat ya. Mari bersiap untuk Home learning day 3
Hari ini kita akan membahas tentang dampak kualitas air dalam kehidupan. Periapkan buku latihan mu ya. Semangat!
Literasi
Muatan IPA
Pengaruh Kualitas Air
3.8          Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan hidup
Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Setiap hari kita selalu menggunakan air. Air yang kita gunakan tentunya air yang layak dan tidak tercemar. Air yang tercemar tidak dapat kita gunakan untuk keperluan sehari-hari. Ciri-ciri air yang tercemar antara lain terlihat keruh, mempunyai rasa, mempunyai warna, terdapat endapan, mengandung banyak kuman, mempunyai bau yang cenderung tidak sedap, dan mengandung zat kimia yang berlebihan maupun beracun.
Air tercemar tidak layak untuk kita minum. Kita akan mengalami sakit perut jika meminum air yang tercemar. Air yang tercemar juga tidak dapat digunakan untuk mencuci baju. Misalnya kita tidak bisa mencuci baju menggunakan air yang tercampur minyak. Air tersebut justru membuat baju kita tidak bersih karena minyak menempel pada baju.
Air tercemar biasanya mengandung banyak limbah detergen dan limbah cair dari industri. Limbah detergen dan limbah cair dari industri tidak baik bagi ikan-ikan di sungai. Sebab limbah tersebut mengandung bahan kimia yang berbahaya. Jika limbah tersebut dibuang ke sungai kehidupan disungai akan terganggu. Ikan dan tumbuhan air akan mati. Jadi kualitas air sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup. Baik manusia, hewan, dan tumbuhan memerlukan air yang tidak tercemar. Oleh karena itu kita harus menjaga ketersediaan air.
Cara menjaga ketersediaan air bersih.
 
Pengaruh Kulaitas Air bagi keluarga
Air berperan penting bagi kehidupan, air yang kita konsumsi harus memiliki kualitas yang baik jika kualitas air tidak baik akan terjadi hal-hal berikut ini:
1. Kesehatan keluarga dan hewan peliharaan akan terganggu
2. Pakaian dan peralatan makan akan kotor
3. Tanaman akan layu dan mati
Jika kita menggunakan air yang berkualitas maka anggota keluarga akan menjadi sehat, pakaian, peralatan makan, dan rumah kita pun menjadi bersih.
Bahasa Indonesia
3.8         Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
Bacalah dengan seksama teks berikut ini 


Tugas Home Learning day 3 
Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan di bawah ini

No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Setiap tanggal berapa diperingati Hari Air Sedunia?
2.
Faktor-faktor apasaja yang menyebabkan berkurangnya persediaan air bersih?
3.
Apa akibat kekurangan air bersih?(Tuliskan 2)
4.
Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih?(tuliskan 2)
SBdP
3.1          Memahami gambar Cerita
Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Gambar cerita menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Gambar cerita lebih fokus pada sajian gambar yang membentuk sebuah alur cerita. Objek sebuah gambar cerita disesuaikan dengan narasi atau tema yang telah dibuat. Perhatikan contoh gambar cerita di bawah ini.
Gambar cerita banyak ditemui pada buku cerita terutama untuk anak-anak, untuk menceritakan sebuah peristiwa, baik peristiwa yang benar-benar terjadi atau cerita imajinasi.
Dalam buku cerita ada gambar berseri. Gambar berseri dibuat secara urut sesuai dengan urutan cerita didalamnya.
Fungsi gambar cerita adalah memperjelas alur atau isi cerita, memperjelas isi pesan dalam promosi barang, menarik perhatian, menambah nilai artistik/keindahan. Dan sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya.
Ciri-ciri gambar cerita
1. Memudahkan pembaca dalam memahami suatu penjelasan atau cerita
2. Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan
3. Menambah nilai keindahan sajian sebuah tulisan atau cerita.

Menentukan Tema dalam membuat Gambar cerita
Setiap gambar cerita biasanya memiliki tema. Tema merupakan ide atau gagasan ketika kita akan membuat sebuah gambar. Tema dapat memudahkan kita dalam menentukan objek gambar dan alur cerita dalam gambar cerita. Kita bisa menentukan tema gambar cerita berdasarkan pengalaman yang pernah kita lakukan.
Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Menggambar cerita dengan teknik kering tidak memerlukan pengencer seperti air melainkan langsung dibuat pada kertas gambar.

Teknik basah menggunakan media berupa cat air, cat minyak, tinta bak, atau media lain yang memerlukan air atau minyak khusus sebagau pengencer. 

Matematika

Membaca data dalam bentuk daftar, dan tabel

Latihan Soal
 
1. Berikut beberapa nilai ulangan matematika Nisya 70,70,80,90,70,80,90
a.       Berapa kali Nisya ulangan matematika?
b.      Berapa kali Nisya mendapatkan nilai 80?
c.       Berapakah nilai tertinggi yang diperoleh Nisya?

2. Berikut ini data berat badan (dalam kg) siswa kelas 5
 31,33,40,35,34,40,32,35,47,34
 33,35,38,36,32,40,44,42,50,43
 39,41,43,40,37,39,41,48,46,35

a. Berapakah jumlah siswa kelas  V? 
b.      Berapa kg  berat siswa yang paling tinggi?
c.       Berapa banyak siswa yang memilki berat badan 40 cm? 
d.      Berapa berat badan siswa paling rendah? 
e.      Berapakah selisih jumlah siswa yang memiliki berat 35 cm dengan siswa yang memiliki tinggi 33 cm  
 
3. Sajikan data berikut dalam bentuk tabel turus.
Berikut ini adalah olahraga kegemaran siswa kelas 5 yaitu sepak bola 7 siswa, futsal 8 siswa, 
basket 5 siswa, voli 3 siswa, renang 5 siswa, bulu tangkis 4 siswa.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar