Laman

Senin, 20 Januari 2020

SELASA/21 JANUARI 2020/ KELAS VA

Tema 6 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 1

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 3
Ayo Membaca
Lani memilih benda yang terbuat dari bahan kayu untuk mengaduk kuah panas, karena ia tidak ingin tangannya kepanasan. Di sekitar kita, terdapat banyak bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik dan ada juga yang tidak menghantarkan panas dengan baik. Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama! Salah satu sumber bacaan berikut ini berasal dari buku elektronik, yaitu buku yang dimuat secara digital. Untuk melihat isinya, diperlukan jaringan internet dan alat elektronik seperti telepon genggam atau komputer pribadi. Oleh karenanya, buku elektronik menjadi salah satu media elektronik yang juga sering digunakan oleh masyarakat modern.

Bahan Konduktor dan Isolator

Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut. Misalnya, benda yang dapat menghantarkan panas dan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada bahan yang sedikit dapatmenghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.
Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari bahan logam. Panci, wajan penggorengan, dan beberapa peralatan masak di dapur terbuat dari logam. Jenis logam yang paling sering digunakan untuk membuat alat-alat tersebut antara lain besi, aluminium, dan tembaga.
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 3
Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator. Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.
Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat. Perhatikanlah gambar di bawah ini! Panci yang biasa digunakan untuk memanaskan air ini terdiri atas bahan yang berbeda. Ada bahan yang berfungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator. Pada gambar tersebut, terlihat bahwa penggunaan bahan isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber panas dialirkan ke pengguna panci.
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 3
Aliran panas berhenti pada bahan isolator karena bahan tersebut, tidak dapat mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. Sehingga, penggunaan bahan isolator terutama untuk melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan dan dapat menggunakan alat tersebut sebagaimana mestinya.
Ayo Menulis
Perhatikan dengan saksama bacaan di atas, dan kamu akan menemukan beberapa kata yang dicetak miring. Tuliskan kata-kata tersebut di dalam tabel berikut, lalu carilah artinya dengan menggunakan kamus. Buatlah paling sedikit dua kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut dengan menggunakan kalimat lengkap dan kata yang baku.
Kata
Arti
Kalimat
Bahan
Barang yang akan dibuat menjadi satu benda tertentu; bakal;Panci terbuat dari bahan aluminium
Bahan konduktor biasanya terbuat dari bahan logam. 
Menghantar
Mengirimkan (membawa) ke:Logam besi dapat menghntar panas dengan baik
Bahan isolator sulit menghantar panas.
Konduktor
Benda atau bahan penghantar panas, arus listrik, atau suaraBeberapa contoh bahan yang bersifat konduktor antara lain besi, tembaga, baja, aluminium
Ada banyak bahan yang digolongkan ke dalam jenis konduktor.
Isolator
Penyekat atau pengisolasi Isolator merupakan jenis bahan yang memiliki sifat berlawanan dengan bahan konduktor.
Isolator bersifat tidak menghantarkan panas.
Semikonduktor
Bahan yang mempunyai daya hantar panas/listrik antara konduktor dan isolatorBahan semikonduktor bisa ditemukan pada berbagai komponen elektronika.
Bahan semikonduktor yang paling sering digunakan pada komponen elektronika adalah Germanium (Ge) dan Silikon (Si).
Alat
Benda yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu: perkakas; perabot(an)Isolator melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan.
Panci, wajan, dan kompor termasuk alat-alat dapur.
Berdasarkan bacaan di atas, tentukan hal-hal penting dari setiap paragraph bacaan. Tuliskanlah dalam bentuk kalimat pada tabel berikut ini.
Paragraf
Paragraf
Satu
  1. Di sekitar kita terdapat banyak benda dengan berbagai macam bahan
  2. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut. 
  3. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. 
  4. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator. 
  5. Bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.
Dua
  1. Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari bahan logam. 
  2. Jenis logam yang paling sering digunakan antara lain besi, aluminium, dan tembaga.
Tiga
  1. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator. 
  2. Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik.
Empat
  1. Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat
  2. Ada bahan yang berfungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator. 
  3. Penggunaan bahan isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber panas.
Perlihatkanlah hasil pekerjaanmu kepada teman sebangkumu. Lihatlah persamaan dan perbedaannya. Kamu juga dapat mendiskusikan alasanmu memilih kalimat penting di setiap paragraf. Apakah kalimat yang kamu buat mewakili pokok pikiran pada paragraf tersebut?
Dengan menggunakan hal-hal penting yang kamu tuliskan dalam bentuk kalimat di atas, kamu dapat juga menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskannya. Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan dan tuliskanlah di dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak mewakili satu paragraf.
kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 3
Ceritakanlah diagram yang kamu buat di atas dalam sebuah kelompok yang terdiri atas paling banyak empat orang. Jelaskan pokok pikiran dalam setiap paragraf dengan suara, intonasi, dan lafal yang jelas. Mintalah tanggapan dari temanmu dan lakukanlah diskusi ketika ada pertanyaan di dalam kelompokmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar