Laman

Kamis, 30 September 2021

Kamis, 30 September 2021

 Materi Ajar Kelas 6


Hari/Tanggal      : Kamis, 30 September 2021
Tema 4               Globalisasi
Sub Tema 1        : Globalisasi dan Manfaatnya
Pembelajaran     : 2
Muatan PB         PKN (3.3),  SBdP ( 3.1 )
 Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengetahui sikap positif terhadap keberagaman ekonomi.
2. Siswa dapat membuat poster

Assalamualaikum wr. wb
Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT.  Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid ini kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan  kegiatan. makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kalian tetap sehat.  

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, mari kita bersiamemulapembelajaran hari ini. Mintalah  bantuan kepadbunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolongbila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
 
 Baiklah anak sholih sholihah, langsung saja Ananda tonton dan simak video berikut ya :


Globalisasi membawa banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Warga dunia mempunyai banyak kesempatan untuk mengembangkan dirinya. Mang Samad adalah seorang pengusaha yang berhasil mencapai kesuksesan. Ayo simak kisah Mang Samad!

Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut.

Pengrajin Garut yang Menembus Dunia
Sekarang ini, siapa yang tak kenal Mang Samad, pengrajin sandal kulit dari Garut? Ia sering sekali diundang di berbagai acara temu wirausaha untuk menjadi pembicara dan pemberi motivasi bagi para wirausahawan muda. Memang, kerja keras Mang Samad patut dicontoh. Tak banyak wirausahawan kecil seperti dirinya yang bisa berkembang hingga terkenal di mancanegara.

Dulu, Mang Samad hanyalah seorang penjaja sandal kulit keliling. Ia berjalan dari desa ke desa, kemudian memberanikan diri beberapa minggu sekali pergi ke Jakarta untuk menjajakan sandal kulit yang diambilnya dari pabrik. Dari pengalamannya menjajakan dagangan, ia jadi tahu keinginan pembeli. Ia jadi tahu model seperti apa yang menjadi favorit pembeli. Ternyata semakin rumit bentuk jalinan kulit sebuah sandal, apalagi untuk laki-laki, justru tidak diminati. Bentuk sederhana dan klasik tetap menjadi favorit pembeli, namun kualitas kulit dan jahitan sandal menjadi hal yang utama.
ToKo Mang Samad
Merasa tak puas jika hanya menjajakan, Mang Samad pun belajar untuk membuat sandal. Keterampilan dasar memproses dan menjahit kulit sudah Mang Samad miliki, karena desa tempatnya tinggal merupakan desa pengrajin sandal. Mang Samad hanya memperluas keterampilannya dengan belajar membuat pola sandal, belajar mengenal aneka bahan, lalu menambahkan pengetahuan minat pembeli dari pengalamannya berjualan. Mang Samad mulai bereksperimen dengan berbagai model sandal buatannya sendiri. Ia mencoba membuat sedikit, kemudian menitipkan di toko atau ke temannya yang berkeliling. Ketika laku, ia membuat lagi, mencoba model yang baru, mencoba warna yang baru, lalu begitu seterusnya. Hingga satu saat, ia tidak bisa lagi memenuhi permintaan pembeli dengan tenaganya sendiri. Maka, mulailah Mang Samad mencari pegawai yang bisa membantunya. Dari satu-dua pegawai, sekarang sudah lebih dari sepuluh pegawai yang bekerja membantunya. Ia tak pernah jauh-jauh mencari pegawai. Hanya dari orangorang dekat di lingkungan tempat tinggalnya. Ia ingin kemajuan usahanya dirasakan juga oleh lingkungan terdekatnya. Semakin maju usahanya, semakin maju juga tingkat penghidupan pegawai yang bekerja membantunya. Mang Samad tidak saja menaikkan taraf hidupnya, tetapi juga membantu memajukan taraf hidup masyarakat di lingkungannya.

Belajar yang tak pernah henti, membuat usaha yang dirintis Mang Samad terus berkembang. Berbeda dengan produk sandal Garut yang model dan bahannya tak berubah dari waktu ke waktu. Mang Samad sering memperhatikan model sandal di majalah dan model sandal merek luar negeri yang dijual di toko. Ia pun secara berkala mengeluarkan model baru. Walaupun model yang dibuatnya sederhana, ia selalu menggunakan bahan yang terbaik serta teknik jahitan yang kuat. Dengan demikian sandal buatannya tahan lama.

Suatu ketika, datang kesempatan bagi wirausahawan kecil di Garut untuk ikut memperkenalkan produk khasnya di sebuah pameran produk karya Indonesia di Jakarta. Mang Samad berusaha keras untuk ikut dalam pameran ini. Ia bahkan mencari informasi bagaimana membuat brosur produk yang menarik. Ia juga bekerja sama dengan temannya yang pandai bertukang untuk membuat tampilan area pamer yang berbeda.

Ternyata usaha Mang Samad tidak sia-sia. Brosur produk yang informatif, area pamer yang menarik, serta kualitas produk yang baik membuat stan sandal kulit Mang Samad ramai didatangi pengunjung pameran. Tidak hanya sandal yang dijualnya laris manis, Mang Samad juga didekati oleh beberapa importir dari luar negeri yang tertarik dengan produknya. Hanya dari satu pameran, produk Mang Samad sudah dikenal oleh banyak kalangan.

Sekarang produk sandal buatannya sudah menembus ke pasar mancanegara. Model yang sederhana dengan kualitas bahan dan jahitan yang baik membuat sandal buatannya disukai banyak kalangan di luar negeri. Tidak hanya membawa kebanggaan bagi dirinya, bagi keluarganya, atau bagi pekerjanya. Produk sandal kulit buatan Mang Samad dari Garut membuat Indonesia makin dikenal, membuat Indonesia makin bangga dengan kerja keras anak negerinya. Sandal kulit Garut dapat mengharumkan nama Indonesia dan turut memajukan perekonomian bangsa.

Berdasarkan teks di atas diskusikan pertanyaan berikut.
1. Siapakah Mang Samad?
Mang Samad adalah seorang pengrajin sandal kulit dari Garut
2. Bagaimana Mang Samad mengawali usahanya?
Mang Samad mengawali usahanya dengan menjajakan sandal keliling yang diambil dari pabrik
3. Bagaimana Mang Samad mengembangkan usahanya?
Mang Samad mengembangkan usahanya denga terus memperluas keterampilannya, terus belajar, terus berinovasi dengan memperhatikan model sandal di majalah dan model sandal merek luar negeri yang dijual di toko. 
4. Keberhasilan apa yang sudah dicapai oleh Mang Samad?
Mang Samad berhasil menaikkan taraf hidupnya dan membantu memajukan taraf hidup masyarakat di lingkungannya.
5. Keterampilan apa yang dimiliki oleh Mang Samad?
Keterampilan yang dimiliki Mang Samad diantaranya adalah membuat beraneka macam pola sandal, mengenal beraneka bahan dan pengetahuan minat pembeli.
6. Sikap apa yang dimiliki oleh Mang Samad? Jelaskan.
Mang Samad memiliki sikap pantang menyerah dan pekerja keras.
7. Apa dampak dari keberhasilan usaha Mang Samad bagi diri Mang Samad sendiri?
Dampak keberhasilan Mang Samad adalah usahanya semakin berkembang serta hasil kerajinan beliau terkenal di mancanegara

 
TUGAS HARI INI: 
1. MATEMATIKA PH 
 
 
 
Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru


Tetap semangat belajar di rumah ya ...

always pray to Allah, 
keep your health, 
and
 positive thinking

 
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan 

membaca hamdalah

See you tomorrow........anak sholih sholihah

 

Rabu, 29 September 2021

RABU,29 SEPTEMBER 2021/KELAS 6D

  MATERI AJAR KELAS 6 TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1

Hari/Tanggal               : Rabu, 29 September  2021

Tema 4                        : Globalisasi

Sub Tema 2                 : Globalisasi dan manfaatnya

Pembelajaran               : 1

Muatan PB                  : Bahasa Indonesia (3.2), IPS (3.3), IPA (3.6) Matematika (3.5)

Tujuan Pembelajaran :

  •       Siswa mampu menemukan informasi penting dari teks bacaan
  •       Siswa mampu mengidentifikasi kerjasama antar negara anggota Asean dibidang politik
  •       Siswa mampu mengidentifikasi dan mempraktekan cara-cara menghemat energi listrik dalam kehidupan swhari-hari

Assalamualaikum wr. wb

Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT.  Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid ini kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan  kegiatan. makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kalian tetap sehat.   

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, mari kita bersiamemulapembelajaran hari ini. Mintalah  bantuan kepadbunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bilminta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Sekarang waktunya belajar tematik. hari ini kita masuk tema 4 Globalisasi subtema 2 Globalisasi dan manfaatnya Pembelajaran 1, pastinya  anak-anak bu guru sudah siap mengikutinya.

Ayo simak video berikut ini :

https://www.youtube.com/watch?v=k-u2AuBGa4c
 
Bahasa Indonesia Dinilai Layak Jadi Bahasa ASEAN
Bahasa Indonesia dinilai layak menjadi bahasa ASEAN karena merupakan bahasa dari negara dengan penduduk yang besar. “Bahasa Indonesia berasal dari negara dengan penduduk sekitar 250 juta, seharusnya bisa menjadi bahasa ASEAN,” kata Guru Besar Tetap bidang Linguistik Universitas Mataram Prof. Dr. Mahsun, M.S, di Gelar Wicara Internasionalisasi Bahasa Indonesia, di Universitas Negeri Jakarta, Kamis.

Menurut Mahsun, bahasa Indonesia memang hanya memiliki 90.000 kosakata tetapi mempunyai strategi gramatikal untuk menciptakan kata baru. Sehingga, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kaya. “Misalnya dari kata hati banyak dikembangkan menjadi mata hati, jatuh hati, patah hati, dan lainnya. Atau dari kata anak berkembang lagi menjadi peranakan, kekanakan, kanak-kanak, dan sebagainya,” jelas Mahsun.

Pada kesempatan yang sama, budayawan Indonesia Franz Magnis Suseno atau akrab disapa Romo Magnis menilai bahasa Indonesia layak menjadi bahasa global. “Dalam bahasa Indonesia kita bisa ungkapkan apa saja. Jadi masuk akal kalau bahasa Indonesia diakui di ASEAN. Bahasa Indonesia itu sempurna. Tidak kaku dan bisa berkembang,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia menyayangkan semakin banyak generasi saat ini yang merasa lebih percaya diri menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama ketimbang menggunakan bahasa Indonesia. ”Bagi saya memgherankan orang Indonesia pakai bahasa Inggris di rumah. Kemampuan bahasa Inggris cukup dipelajari sebaik mungkin sebagai bahasa asing. Saya dukung orang kita bisa bahasa asing, bisa maju, tetapi kalau bahasa Indonesianya sebagai bahasa ibu diganti, rasanya kosong karena tidak menyentuh ke hati,” jelas Romo Magnis yang belajar bahasa Indonesia sejak tahun 1962 itu.
Peran Bahasa Indonesia
Paragraf 1 Topik Masalah
Bahasa Indonesia dinilai layak menjadi bahasa ASEAN 
Paragraf 2 Deret Penjelas
Bahasa Indonesia mempunyai strategi gramatikal untuk menciptakan kata baru karena bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kaya.
Paragraf 3 Deret Penjelas
Bahasa Indonesia layak menjadi bahasa global karena Bahasa Indonesia itu sempurna. tidak kaku dan bisa berkembang.
Paragraf 4 Simpulan
Banyak generasi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, namun bahasa Indonesianya sebagai bahasa ibu jangan diganti,
 melakukan bentuk bekerja sama dalam bidang budaya. Jika bahasa Indonesia menjadi bahasa ASEAN, bahasa Indonesia akan menjadi budaya di negara-negara anggota dalam hal komunikasi. 

Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara di Bidang politik di Masa Globalisasi
Bentuk Kerja sama
  1. Mempererat hubungan diplomatik dengan pengiriman duta dan konsul
  2. Menciptakan stabilitas politik kawasan ASEAN
  3. Mengadakan perjanjian ekstradisi dengan negara-negara anggota ASEAN.
Peran Indonesia dalam hubungan kerja sama dengan negara di Asia Tenggara
  1. Mengirim duta dan konsul ke negara-negara anggota ASEAN dan menermia duta dan konsul dari negara lain.
  2. Turut andil dalam penyelesaian beberapa konflik yang terjadi di awasan ASEAN
  3. Mengembalian pelau kejahatan ke negara asal.

Belakangan ini banyak bermunculan masalah pemborosan energi. Masalah pemborosan energi secara umum sekitar 80 persen disebabkan oleh faktor sumber daya manusia yang kurang memahami dampak dari pemborosan energi bagi kelangsungan hidup anak cucu kita mendatang. Selain disebabkan oleh manusia, ada pula 20 persen disebabkan oleh faktor teknis. Indonesia merupakan negara yang boros dalam penggunaan energi, bahkan Indonesia termasuk salah satu negara di Asia Tenggara yang tertinggi dalam hal pemborosan energi. Hal ini tercermin dalam indeks elastisitas energi. Skor Indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, bahkan dengan negara maju. Hal ini menunjukkan perlunya masyarakat Indonesia mengonsumsi energi secara lebih efisien dan mengurangi pemborosan.

Dampak dari pemborosan energi sebenarnya sudah kita rasakan. Hal ini terasa dari peningkatan suhu global. Meningkatnya suhu global menyebabkan naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca ekstrem, lebih lamanya cuaca panas darpada cuaca dingin, dan hilangnya gletser, serta akibat-akibat lainnya. Jika fenomena ini terus terjadi tanpa antisipasi dan penanggulangan, mungkin kelangsungan hidup manusia akan terancam. 

TUGAS TEMATIK KLIK DISINI

MATEMATIKA

Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah 

Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas 

lingkaran.

 Contoh :

  1) .Sebuah sepeda motor mempunyai roda dengan jari-jari 35 cm berputar sebanyak 5000 kali. Jarak yang di tempuh oleh sepeda motor tersebut adalah .... km 

        Pembahasan :


Diketahui jari-jari = 35 cm
Ditanyakan keliling dan jarak tempuh?

        Jawab
K = Л x 2 x r
K = 22/7 x 2 x 35 = 220 cm
Jarak tempuh = Keliling lingkaran x banyaknya putaran
Jarak tempuh = 220 cm x 5.000 = 1.100.000 cm = 

                                                            = 1.100.000 cm : 100.000 = 11 km.
Jadi, jarak yang ditempuh oleh sepeda motor adalah 11 km.

 

2.    Ibu membuat taplak meja berbentuk lingkaran berdiameter 1,4 m. Setelah jadi, ibu mengukur keliling taplak meja tersebut dan ternyata panjangnya adalah .... meter.

        Pembahasan       
Diketahui diameter = 1,4 m
Ditanyakan keliling?

        Jawab
K = Л x d
K = 22/7 x 1,4

        K = 22/7 x 14/10 (sederhanakan 7 dan 14, masing2 dibagi 7. Sederhanakn juga 22 dan 10 masing2 dibagi 2)

        K = 22/5

        K = 4,4 m

  

3.  Di belakang rumah Pak Amat ada kolam ikan berbentuk setengah lingkaran. Kolam ikan tersebut memiliki

     jari-jari 3 meter. Berapa luas kolam ikan Pak Amat?  

        Pembahasan 

        L = Л x r²
Luas kolam = 1/2 Л x r x r
Luas kolam = 1/2 x 3,14 x 3 x 3 = 14,13 m²
Jadi, Luas kolam Pak Amat adalah 14,13 m²

  4.  Kak putri pergi ke alun-alun, disana dia melihat sebuah lingkaran yang berdiameter 56 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut adalah....

       Pembahasan

       Diketahui d=56 cm, r = 28

       Ditanyakan : Berapa luas linkaran?

       Jawab
     L = Л x r² /  L = Л x r x r

       L = 22/7 x 28 cm x 28 cm ( sederhanakan 7 dan 28, masing2 bagi 7 )

       L = 22 x 4 cm x 28 cm

      L = 88 x 28 cm 

      L = 2464 cm²

 

  TUGAS MATEMATIKA

  Kerjakan soal berikut ini dengan langkah-langkahnya!

1)  Di belakang rumah Ale terdapat taman berbentuk setengah lingkaran dengan jari-jari 10 cm. Keliling taman tersebut adalah....

 2) Sebuah lapangan berbentuk lingkaran berdiameter 60 m. Andi berlari mengelilingi lapangan tersebut 3 kali. Maka jarak yang ditempuh Andi adalah .... meter.

3) Kak fira minum menggunakan cangkir berbentuk lingkaran yang berdiameter 20 cm. Jika diketahui phi = 3,14 maka luas permukaan cangkir tersebut adalah...

 

Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru


Tetap semangat belajar di rumah ya ...

always pray to Allah, 
keep your health, 
and
 positive thinking

 
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan 

membaca hamdalah

See you tomorrow........anak sholih sholihah

 

 






 

KD.3.5. Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran

Menaksir keliling dan luas lingkaran serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah 

Tujuan Pembelajaran: Peserta didik mampu menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas 

lingkaran.

 Contoh :

  1) .Sebuah sepeda motor mempunyai roda dengan jari-jari 35 cm berputar sebanyak 5000 kali. Jarak yang di tempuh oleh sepeda motor tersebut adalah .... km 

        Pembahasan :


Diketahui jari-jari = 35 cm
Ditanyakan keliling dan jarak tempuh?

        Jawab
K = Л x 2 x r
K = 22/7 x 2 x 35 = 220 cm
Jarak tempuh = Keliling lingkaran x banyaknya putaran
Jarak tempuh = 220 cm x 5.000 = 1.100.000 cm = 

                                                            = 1.100.000 cm : 100.000 = 11 km.
Jadi, jarak yang ditempuh oleh sepeda motor adalah 11 km.

 

2.    Ibu membuat taplak meja berbentuk lingkaran berdiameter 1,4 m. Setelah jadi, ibu mengukur keliling taplak meja tersebut dan ternyata panjangnya adalah .... meter.

        Pembahasan       
Diketahui diameter = 1,4 m
Ditanyakan keliling?

        Jawab
K = Л x d
K = 22/7 x 1,4

        K = 22/7 x 14/10 (sederhanakan 7 dan 14, masing2 dibagi 7. Sederhanakn juga 22 dan 10 masing2 dibagi 2)

        K = 22/5

        K = 4,4 m

  

3.  Di belakang rumah Pak Amat ada kolam ikan berbentuk setengah lingkaran. Kolam ikan tersebut memiliki

     jari-jari 3 meter. Berapa luas kolam ikan Pak Amat?  

        Pembahasan 

        L = Л x r²
Luas kolam = 1/2 Л x r x r
Luas kolam = 1/2 x 3,14 x 3 x 3 = 14,13 m²
Jadi, Luas kolam Pak Amat adalah 14,13 m²

  4.  Kak putri pergi ke alun-alun, disana dia melihat sebuah lingkaran yang berdiameter 28 cm.

       Berapakah luas lingkaran tersebut adalah....

       Pembahasan

       Diketahui d=28 cm

       Ditanyakan : Berapa luas linkaran?

       Jawab
     L = Л x r² /  L = Л x r x r

       L = 22/7 x 28 cm x 28 cm ( sederhanakan 7 dan 28, masing2 bagi 7 )

       L = 22 x 4 cm x 28 cm

      L = 88 x 28 cm 

      L = 2464 cm²

 

  TUGAS MATEMATIKA

  Kerjakan soal berikut ini dengan langkah-langkahnya!

1)  Di belakang rumah Ale terdapat taman berbentuk setengah lingkaran dengan jari-jari 10 cm. Keliling taman tersebut adalah....

 2) Sebuah lapangan berbentuk lingkaran berdiameter 60 m. Andi berlari mengelilingi lapangan tersebut 3 kali. Maka jarak yang ditempuh Andi adalah .... meter.

3) Sebuah roda sepeda memiliki jari-jari 35 cm. Ketika sepeda dikayuh, roda tersebut berputar sebanyak 30 kali. Jarak yang ditempuh oleh sepeda tersebut adalah .... m.
 

 4) Kak fira minum menggunakan cangkir berbentuk lingkaran yang berdiameter 20 cm. Jika diketahui phi = 3,14 maka luas permukaan cangkir tersebut adalah...

5) Sebuah taman berbentuk lingkaran dengan diameter 56 meter akan ditanami rumput. Harga rumput adalah RP 7.500,00/m². Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli rumput adalah ....

 

Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru


Tetap semangat belajar di rumah ya ...


 

Selasa, 28 September 2021

SELASA,28 SEPTEMBER 2021/KELAS 6D



 

 MATERI AJAR KELAS 6

 

Hari/Tanggal               : Selasa, 28 September 2021

Tema 4                        : Globalisasi

Sub Tema 1                 : Globalisasi disekitarku

Pembelajaran               : 5 dan 6

Muatan PB                  : IPS (3.3), SBDP (3.1), PPKn ( 3.3) dan B.Indo (3.2)

Tujuan Pembelajaran :

§  Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN dengan benar

§  Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan tepat.

§  Setelah membaca, siswa mampu menyajikan informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk visual dengan sistematis.

§  Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya menghargai atas keberagaman ekonomi dengan mandiri.

 

Assalamualaikum wr. wb

 

Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak-anak bu guru di rumah selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan tetap dalam lindungan Allah SWT.  Anak sholih sholihah, di masa pandemi covid ini kalian harus tetap waspada, pakailah masker terutama saat berada di luar rumah, rajinlah mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan  kegiatan. makanlah makanan bergizi dan istirahat yang cukup, supaya kalian tetap sehat.   

Anak sholih sholihah, mari awali kegiatan hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan sholat duha. Setelah duha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalabantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.

Sekarang waktunya belajar tematik. hari ini kita masuk tema 4 Globalisasi subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 4, pastinya  anak-anak bu guru sudah siap mengikutinya.

 Ayo anak-anak kita simak video berikut ini:

 


 https://www.youtube.com/watch?v=lLH_j5p2nV4&t=298s

Di era globalisasi ini, Indonesia memegang peran yang sangat penting. Kebudayaan Indonesia yang mendunia membuat Indonesia semakin dikenal.

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut.

Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia

Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada zaman kerajaan di Nusantara. Seiring dengan perkembangannya, kini kain batik telah dipakai oleh berbagai kalangan, bahkan telah mendunia. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Dalam sejarahnya, pulau Jawa merupakan titik awal perkembangan seni batik di Indonesia. Ragam motif batik pun dibedakan berdasarkan area pembuatannya. Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. Berbagai ragam motif dan simbol yang digambarkan di atas sehelai kain memiliki makna filosofis yang menjadi pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan ragam dan makna yang terkandung dalam Batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia.
Batik
Melalui berbagai pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin dikenal dan diminati. Bahkan, beberapa tokoh dunia gemar mengenakan pakaian dengan motif Batik Indonesia setelah mengenalnya sebagai tanda mata ketika berkunjung ke Indonesia. Mendiang Nelson Mandela, misalnya. Beliau kerap menggunakan Batik Indonesia dalam kesehariannya.

Saat ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia adalah membuat kreasi motif dan warna yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negara tujuan.

Kelestarian batik sebagai seni tradisional harus terus dikembangkan dan dipelihara untuk meningkatkan daya jual dan kesejahteraan pengrajinnya.

Sebagai warga Indonesia tentunya kita sangat bangga dengan pengakuan dunia terhadap batik. Indonesia terus mengembangkan kerja samanya di bidang kebudayan dengan negara lain. Misalkan dengan festival kebudayaan negara-negara ASEAN dan pertukaran kebudayaan. Hal ini akan membuat
kebudayaan Indonesia semakin berkembang.

Carilah informasi mengenai satu kerja sama Indonesia yang dilakukan dengan negara-negara ASEAN dalam bidang kebudayaan. Tulis pada tabel berikut.
Kerjasama KebudayaanManfaat Bagi Indonesia
Pertukaran budaya dan seni, juga festival film ASEAN.Budaya indonesia makin dikenal di kawasan Asia dan Dunia
Pertukaran acara program televisi ASEANIndonesia dan Malaysia sebagai negara tetangga semakin erat persahabatannya
Misi kebudayaan dan kesenian dengan diadakannya festival lagu ASEANKebudayaan dan kesenian Indonesia lebih dikenal oleh negara-negara Asean
Pertukaran pelajar antar negara-negara ASEAN Para pelajar Indonesia dapat menimba ilmu di negara-negara luar negeri 
Di era globalisasi ini kita harus tetap mencintai budaya Indonesia. Budaya tersebut merupakan warisan yang tak ternilai harganya.

Ayo Berkreasi
Buatlah poster untuk memamerkan salah satu kebudayaan yang ada di tempat tinggalmu. Buatlah semenarik mungkin sehingga orang ingin tahu dan mengenal kebudayaan daerahmu. Jangan lupa perhatikan kriteria poster yang baik yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Diskusikan terlebih dahulu langkah-langkah membuat poster. Mintalah pendapat temanmu tentang poster yang kamu buat.
 
Contoh poster:
Ebeg Banyumas
Hal-hal yang harus diperhatikkan dalam membuatnya adalah sebagai berikut.
  1. Slogan jelas dan mudah dimengerti.
  2. Bahasa baik dan menarik dengan ukuran huruf yang sesuai.
  3. Ilustrasi menarik dan mudah diingat.
  4. Tata letak gambar dan tulisan baik.

 Ayo Membaca
Amati gambar berikut dengan teliti, dan baca teks eksplanasi di bawahnya dalam hati.
Listrik Mati
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Kehidupan warga dunia saat ini menjadi sangat dekat dengan listrik. Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. Sehingga, saat arus listrik di rumah mendadak terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu, kejadian tersebut menjadi hal yang cukup mengganggu. Faktor apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai perusahaan negara yang mengurus bidang kelistrikan sesungguhnya juga tidak menyukai kejadian mati lampu apalagi padam dalam waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut akan sangat mengganggu berjalannya proses Pembangkit–Transmisi–Distribusi energi listrik. Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain adalah: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang berpengaruh bisa dari luar dan dari dalam. Faktor luar yaitu: gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.

Nah, kita sebagai warga masyarakat pengguna listrik, tentunya dapat membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu. Mari kita bersama-sama ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita.

Kita diciptakan Tuhan Yang Maha Esa dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dan dengan bakat serta potensi yang berbeda-beda. Perbedaan kemampuan dan perbedaan ekonomi tersebut hendaknya tidak menjadi sumber perpecahan. Perbedaan tersebut juga tidak perlu mempengaruhi rasa percaya diri.

Terus berusaha, kenali potensi diri, kembangkan bakat yang dimiliki untuk menutupi kekurangan diri, serta selalu tampil percaya diri. Hidup saling menghargai dan saling membantu tentunya akan menjadi modal untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara kita.

TUGAS TEMATIK :

Di akhir pembelajaran tema 4 subtema 1 ini ayo kerjakan latihan Cerdas Halaman 77-79 (tema 4 subtema 1) Muatan Pembelajaran PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBDP. Kerjakan jawabannya di google form ini yaa KLIK DISINI

Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang anak-anak  peroleh hari ini bermanfaat 

dan dapat menambah wawasan baru.

 
Tetap semangat belajar di rumah ya ......
 
Kerjakan sholat lima waktu ON TIME
 
Biasakan murojaah / tadarrus ba'da maghrib dan shubuh

 Patuhi nasehat Ayah Bunda/Mama Papa

 
Anak sholih sholihah 
Mari akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah
 


See you tomorrow ........and happy day .......