Laman

Jumat, 30 Juli 2021

JUMAT,30 JULI 2021/KELAS 6D

 Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )


 Hari/tanggal                   : Jumat, 30 Juli 2021

     Kelas                                VI
      Tema 1                             : Selamatkan Makhluk Hidup
      Subtema 2                       : Hewan Sahabatku
      Pembelajaran                 : 5 dan 6
     Tujuan Pembelajaran    : Peserta didik dapat membandingkan dua negara asean di bidang ekonomi dan merancang pembuatan patung.




Ayo membaca !

Kegiatan Ekonomi Negara-Negara ASEAN
Indonesia mengekspor hasil bumi seperti timah, tembaga, besi, minyak, gas, dan nikel. Selain itu, Indonesia menghasilkan pupuk, tapioka, karet, kopi, kelapa sawit, dan tembakau. Ikan tuna, udang, dan teh juga diekspor ke negara lain.

Brunei Darussalam terkenal sebagai pengekspor minyak mentah, gas alam, dan produk minyak.

Penduduk Malaysia bermata pencaharian dalam bidang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Pertambangannya menghasilkan bijih timah terbesar di dunia.

Singapura mengekspor mesin dan alat transportasi, alat elektronik, dan barang-barang konsumsi. Bahan kimia dan produk olahan minyak dihasilkan juga di Singapura. Singapura termasuk negara Asia Tenggara yang berpendapatan paling tinggi.

Mata pencaharian penduduk Thailand adalah pertanian, kehutanan, pertambangan, dan industri. Penghasil beras terbesar di Asia dan tiga sedunia (dijuluki Gajah Putih, negara Seribu Pagoda, lumbung padi ASEAN)

Mata pencaharian penduduk Filipina adalah pertanian, pertambangan, dan industri. Komoditas ekspor Filipina terdiri atas gula, kopra, kayu, nanas, dan bijih tembaga.

Perekonomian sebagian besar penduduk Vietnam adalah pertanian. Padi merupakan hasil utama pertanian di Vietnam. Industri di Vietnam meliputi tekstil, semen, pupuk, kaca, dan ban. Pertambangan di Vietnam menghasilkan emas, bijih besi, timah, gamping, fosfat, tungsten (wolfram), dan seng. Hasil hutannya adalah bambu, kina, kayu, dan kayu manis. Terdapat dua sungai penting, yaitu sungai Mekong dan sungai Songka.

Sebagian besar penghidupan penduduk Kamboja di sektor pertanian.

Rakyat Laos hidup di sektor pertanian yang menghasilkan beras, jagung, tembakau, jeruk, dan kopi.

Komoditas perdagangan Myanmar meliputi kayu (terutama kayu jati), beras, pupuk, dan berbagai barang kerajinan


Ayo Berkreasi
Foto di bawah ini adalah patung di Indramayu. Buah mangga merupakan identitas kota tersebut. Begitu pula dengan patung Rusa. Banyak seniman menggunakan benda atau makhluk hidup di sekitar sebagai inspirasi mereka. Patung apa yang kamu buat?


Patung Buah

PEMBELAJARAN 6

Ayo Membaca
Hewan ini memiliki fakta yang menarik. Kelelawar memiliki indra pendengaran yang sangat baik, lebih baik daripada manusia. Berikut ini fakta tentang kelelawar.
  1. Kelelawar merupakan hewan mamalia.
  2. Tubuh kelelawar sangat bersih.
  3. Pada umumnya kelelawar mempunyai satu anak dalam satu tahun.
  4. Kelelawar hidup 20 sampai 30 tahun.
  5. Kelelawar berperan besar dalam penyebaran dan penyerbukan tanaman.
  6. Kotoran kelelawar yang menempel pada gua justru akan melestarikan ekosistem, karena pada kotoran tersebut beberapa bakteri dan organisme lain menggantungkan hidup.
  7. Kelelawar tidur di siang hari dan mencari makan di malam hari.
Kegiatan hari ini membutuhkan panca indra pendengaran. Kamu harus konsentrasi agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. ideo pembelajaran di bawah ini  akan dibactakan teks laporan dan kamu harus menyimpulkannya. Kesimpulanmu harus ditulis dengan menggunakan kosakata baku.

silahkan tonton dan simak video berikut ini !



Ayo Berdiskusi
Siti dan teman-temannya diundang menghadiri acara syukuran di rumah Udin. Di sana banyak makanan. Di meja sebelah kiri ada ayam goreng, sate ayam, dan ikan bakar. Di meja sebelah kanan terlihat ada rendang dan soto ayam. Wah, Siti dan teman-temannya bingung memilihnya. Semua terlihat enak. Beni mulai berjalan mengambil 10 tusuk sate ayam, 2 rendang, dan sepotong ikan bakar. Siti mengambil 3 tusuk sate saja. Edo mengingatkan Beni agar mengambil makanan secukupnya saja.

Setelah membaca teks pembelajaran di atas, diskusikan pertanyaan berikut dengan ayah/bundamu

1. Apa pendapatmu tentang sikap Beni ?

2. Apa pendapatmu tentang sikap Siti?

3. Apa pendapatmu tentang sikap Edo?


Ayo Menulis
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima pancasila :
  1. Bersikap adil, dengan menghargai semua teman, guru dan semua pegawai-pegawai di sekolah
  2. Menghormati hak-hak orang lain, dengan minta ijin sebelum meminjam barang milik teman.
  3. Suka memberi pertolongan, dengan membantu teman yang kesulitan memahami pelajaran.
  4. Tidak boros, ditunjukan dengan mengambil makanan secukupnya saja.
  5. Tidak bergaya hidup mewah, dengan menggunakan pakaian sesuai aturan sekolah.
  6. Tidak merugikan kepentingan orang lain, dengan mematuhi peraturan yang ada di sekolah
  7. Suka bekerja keras, ditunjukan dengan belajar rajin dan tekun.
  8. Menghargai hasil karya orang lain dengan memberikan pujian terhadap hasil pekerjaan teman.

Tugas Tematik

1. Apa kesimpulan tentang Hiu Gergaji pada video pembelajaran di atas ?
2. Pilihlah satu contoh pengamalan nilai sila kelima pancasila yang akan kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, kemudian buatlah video atau foto saat kamu menerapkannya.


Selamat Mengerjakan Tugas dan Semangat Belajar




Kamis, 29 Juli 2021

 Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )


 Hari/tanggal                   : Kamis, 29 Juli 2021
     Kelas                                VI
      Tema 1                             : Selamatkan Makhluk Hidup
      Subtema 2                       : Hewan Sahabatku
      Pembelajaran                 : 4  
     Tujuan Pembelajaran    : Peserta didik dapat menerapkan nilia-nilai sela keempat pancasila dalam
                                                  kehidupan sehari-hari dan menemukan ide pokok.
    
Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiyah
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

TEMATIK

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia
Muatan Bahasa Indonesia

Tips mencari ide pokok:

1.   Baca bacaan dengan saksama dan pahami isinya
2.   Buatlah pertanyaan di dalam hati “paragraf itu membahas apa?”
3.   Buatlah jawaban atas pertanyaanmu tadi.
4.   Tulislah ide pokok sesuai jawaban yang sudah disimpulkan
      
Untuk menambah pengetahuanmu, ayo baca teks berikut ini:

Perhatikan Cairan yang Masuk ke Tubuhmu
Mengatur pola minum air itu ternyata sangat penting. Jangan sampai kita kekurangan cairan. Kenapa? Jika kekurangan cairan, kita bisa terkena dehidrasi. Nah, saat dehidrasi konsentrasi kita berkurang dan badan kita juga akan terasa lemas.
Ada cara untuk mengetahui keadaan cairan di tubuh kita. Caranya dengan melihat warna urine kita. Jika urinenya berwarna kuning pekat, itu tandanya kekurangan cairan. Namun, jika warna urine kita putih, itu tandanya cairan dalam tubuh kita sudah cukup.
Kelebihan cairan juga tidak baik untuk tubuh. Hal ini terutama saat melakukan olahraga berat. Ternyata  kelebihan minum air saat olahraga itu bisa menyebabkan kekurangan natrium yang bisa menyebabkan otak bengkak. Selain itu, kelebihan minum air saat olahraga berat dapat membuat seseorang tiba-tiba menjadi kejang-kejang, kesadaran menurun, dan gejala mual.


Muatan PPKn
Contoh pelaksanaan pengamalan sila keempat pancasila
1. tidak memaksakan kehendak
2. bermusyawarah
3. mengutamakan kepentingan orang banyak
4. menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama
                                 
   Ayo simak video pembelajaran berikut ini ya:

Untuk mengetahui sejauh mana pemahamanmu mengenai  materi di atas, silahkan kerjakan soal di bawah ini !


MATEMATIKA
Kita agar belajar membaca garis bilangan !

Ayo simak video berikut ini :



LATIHAN MATEMATIKA KLIK LINK BERIKUT:

https://forms.gle/uNzB9VbCKdmLKW4w5

 

Tetap semangat anak-anak sholih dan sholihah, bu guru akhiri,  Wassalamu'alaykum wr wb

Rabu, 28 Juli 2021

RABU,28 JULI 2021/KELAS 6D

 MATERI AJAR KELAS 6D


Hari                 : RABU, 28 Juli 2021
Tema  1           : Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 2       : Hewan Sahabatku
Pembelajaran     : 3
KELAS           : 6

 Tujuan Pembelajaran :  Peserta didik dapat menyelesaikan penjumlahan  bilangan bulat dengan menggunakan garis bilangan , mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan dan menemukan ide pokok.




Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuhApa kabar anak sholih sholihah ? 

semoga anak sholih sholihah  dan keluarganya  selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan selalu dalam lindungan Allah SWT. 
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan  duha. Setelah duha, mari kita bersiamemulapembelajaran hari ini. Mintalah  bantuan kepadayah/bunduntuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Anak Sholih/Sholihah 

Tonton dan simak video pembelajaran matematika berikut ini !


untuk mengetahui sejauh mana pemahamanmu mengenai  materi di atas, silahkan kerjakan soal di bawah ini !

Tugas MTK:

Kerjakan di buku tulis kalian!



Tema 1 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 3

Kamu sudah banyak mengetahui jenis-jenis hewan dan perkembangbiakannya.


Hewan Ovivar berkembangbiak dengan cara bertelur. Ciri-cirnya tidak mempunyai daun telinga, Induk tidak menyusui anaknya, Biasanya bukan keluarga hewan mamalia, Tidak memiliki kelenjar susu, Biasanya termasuk keluarga hewan unggas, Induk mengerami telur hingga menetas, Telur berada di luar tubuh induknya. Contoh Hewan Ovivar adalah ayam, angsa, bebek, burung, ikan, katak, penyu, capung, cicak, kadal, lebah, dll.


Hewan Vivivar berkembangbiak dengan cara melahirkan. Ciri-ciri hewan Vivivar adalah Memiliki kelenjar susu, Memiliki daun telinga, Penutup tubuh hewan Vivipar adalah rambut, Hewan-hewan Vivipar biasanya adalah kelompok dari hewan mamalia, Individu baru akan dikeluarkan atau akan dilahirkan dari tubuh induknya. Contoh Hewan Vivivar yaitu monyet, sapi, kuda, gajah, kucing, ikan paus, kambing, singa, harimau, tikus, jerapah, dll.


Hewan Ovovivivar berkembangbiak dengan cara melahirkan dan bertelur. Ciri-ciri hewan ovovivivar adalah Pembentukan calon individu baru secara generatif, Calon individu baru bertelur dan menetas dengan keluar dari tubuh induk, Makanan diperoleh dari telur tetapi tetap berkembang dalam induknya, Pembuahan terjadi di dalam (internal), Tidak mempunyai rahim, Tidak menyusui, Tidak mengasuh calon individu baru. Contoh Hewan Ovovivivar adalah Ikan pari, Ikan hiu, bunglon, iguana, kuda laut, dll

Manfaat Perkembangbiakan Hewan secara Ovipar dan Vivipar

Secara Ovivar
1Embriterlindungi olecangkang sehinggterhindar dari guncangan atau
    benturan.
2Telur dapat ditempatkan dsarang sehingga terhindar dari musuh.

Secara Vivivar
1. Embriterlindungi oleh tubuh induknya sehingga embrio yang sedang
    berkembanterhindar dari serangan musuh.
2. Saaembrio berkembanmenjadi janinkebutuhan makanan terjamin oleh  
     induknya.

simak video berikut!

Video pembelajaran Tematik



Senin, 26 Juli 2021

SELASA,27 JULI 2021/KELAS 6D

MATERI AJAR KELAS 6D


Hari                 : Selasa, 27 Juli 2021
Tema  1           : Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 2       : Hewan Sahabatku
Pembelajaran     : 2

KELAS           : 6

 Tujuan Pembelajaran :  
Peserta didik dapat mengerjakan soal PH dengan baik dan benar, memberikan  contoh penerapan nilai sila ketiga  pancasila, membuat model patung sesuai kreasi mereka

 


Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuhApa kabar anak sholih sholihah ? 

semoga anak sholih sholihah  dan keluarganya  selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan selalu dalam lindungan Allah SWT. 
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan  duha. Setelah duha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah  bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Anak Sholih/Sholihah 

Adapun Materi pembelajaran hari ini meliputi PPKn dan SBdP.
Anak sholih sholihah
Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.
1. Ketuhanan yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Untuk lebih jelasnya, silahkan Ananda menonton dan menyimak video pembelajaran subtema 2 PB 2 berikut ini :



 
Bagaimana menurut Ananda setelah menonton video tadi, apakah mudah dimengerti atau masih
kesulitan? Kalau kalian masih bingung menonton video tadi, apakah mudah dimengerti atau
masih kesulitan? Kalau kalian masih bingung, bisa bertanya kepada ayah/bunda atau kakak
dirumah, atau boleh juga telepon ke ibu guru ya...
 
Setelah menyimak video di atas kerjakan latihan berikut:
 
1. coba kaliaan sebutkan dengan mengirimkan video 5 nilai-nilai yang terkandung dalam sila ke empat pancasila! kumpulkan video mu ke grup kelas ya!

Lapopran hasil kerjamu dan foto kegiatan daring hari ini dalam bentuk kolase melalui WA
Untuk Ayah/ Bunda, mohon bimbingan dan bantu putra/putrinya, apabila mengalami kesulitan.

Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmi yang kalian peroleh hari ini bermanfaat dan dapat
menambah pengetahuan

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh