Laman

Senin, 26 Oktober 2020

SELASA, 27 OKTOBER 2020/5D

 

JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan     : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                          :  4 Sehat Itu Penting

Sub Tema                  :   (Sub Tema 3)

Pembelajaran ke        : 1 11


kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  Selalu tingkatkan keimanan dan ketakwaan untuk meraih keridhoan Allah SWT.

 

Tema 4 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran

tema 4 kelas 5 subtema 3 

 

Agar terjadi pertukaran udara, Siti membuka jendela kamar. Kamar Siti menjadi sejuk dan segar.

Siti, Dayu, dan Lina telah melakukan salah satu bentuk olahraga yang bisa memperlancar peredaran darah mereka yaitu bersepeda santai.

 

tema 4 kelas 5 subtema 3 

Selain jantung koroner, masih banyak contoh penyakit yang dapat mengganggu organ peredaran darah. Sekarang, tugas kamu untuk mencari contoh penyakit yang bisa mengganggu organ peredaran darah manusia beserta cara pencegahannya.

No
Penyakit
Cara Pencegahan
1. Anemia
  1. Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi seperti kacang-kacangan, sereal, sayuran berwarna hijau, dan daging merah tanpa lemak.
  2. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin B12 seperti ditemukan pada susu, semua olahan susu, daging, dan produk kedelai.
  3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat
2. Hipotensi
  1. Cukupi cairan tubuh dengan memperbanyak konsumsi air untuk tubuh supaya terhindar dari dehidrasi.
  2. Mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, empat sehat lima sempurna.
  3. Hidari tidur larut malam
  4. Olahraga secara teratur
3. Hipertensi
  1. Mengonsumsi makanan sehat.
  2. Berolahraga secara teratur.
  3. Menurunkan berat badan, jika diperlukan.
  4. Mengurangi konsumsi garam dan kafein.
4. Kanker darah
  1. Mengkonsumsi makanan sehat
  2. Rutin melkukan aktivitas fisik
  3. Melakukan pemeriksaan kesahatan tubuh secara rutin.
  4. Perbanyak konsumsi sayuran seperti brokoli, kubis, tomat, lobak dsb.
5. Varises
  1. Olahraga secara teratur
  2. Usahakan agar berat badan selalu tetap seimbang
  3. Hindari untuk berdiri yang terlalu lama.
  4. Hindari penggunaan pakaian sempit atau ketat pada bagian pinggang, paha, dan kaki.
  5. Biasakan mengonsumsi vitamin C dan E. 

”Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Itulah slogan kesehatan yang sering kita dengar. Apa makna slogan tersebut? Tentu saja slogan yang berisi nasihat. Adapun makna dari slogan tersebut, adalah mencegah timbulnya faktor yang dapat menyebabkan terjangkitnya penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati penyakit yang terlanjur menjangkiti tubuh kita. Pada dasarnya, faktor penyebab timbulnya penyakit dapat diminimalisasi dengan cara mencegah.

TUGAS di modul tematik

Muatan B.INDO hlm 77 nomor 1 s.d. 5

Muatan IPA hlm 78 nomor 1. s.d 5

Tulis dibuku latihan jawabannya saja dan sertai nama lengkap dan nomor absen.

Contoh Pengerjaan:

Nama         : ...

NO. Absen : ....

muatan B INDO:

1. a. india

2. .....

dst...

Muatan IPA

1. ....

2. ....

 

Kegiatan  Keagamaan

 

1.       Sholawat  ( Kelas 1 s.d 6 )

2.      Tahfidz (  Kelas 1 s.d 6 )

3

4.      Adzan ( kelas 4  s.d 6 )

5.       Da’I ( Kelas 4 s.d 6 )

 

B.     Teknis Perlaksanaan :

 

1.      Lomba Sholawat

 

Ø  Peserta terdiri dari siswa atau siswi kelas 1 s.d kelas 6

Ø  Masing-masing kelas mengirimkan perwakilan terbaik untuk mengikuti

Ø  Sholawat yang dilantuntkan berjudul “ Kisah Sang Rasul”

Ø  Format Sholawat dalam bentuk video dan dikirimkan ke panitia

Ø  Boleh menggunakan alat music, keyboard dan lain sebagainya

 

2.      Lomba Tahfidz

 

Ø  Peserta terdiri dari siswa atau siswi kelas 1 s.d 6

Ø  Masing-masing kelas hanya mengirimkan 1 orang perwakilan terbaik untuk mengikuti lomba

Ø  Surat yang dibaca :

-          Kelas 1 : Al Fatihah

-          Kelas 2 : Al ‘adiyat

-          Kelas 3 : Ad Dhuha

-          Kelas 4 : As Syams

-          Kelas 5 : Al Infithor

-          Kelas 6 : An Naba’

Ø  Format Tahfidz  dalam bentuk video dan dikirimkan ke panitia

 

  

4. Adzan

 

Ø  Peserta terdiri dari siswa kelas 4 s.d kelas 6

Ø  Masing-masing kelas hanya mengirimkan 1 orang perwakilan terbaik untuk mengikuti lomba

Ø  Format Adzan  dalam bentuk video dan dikirimkan ke panitia

Ø  Bukan adzan subuh

 






SENIN,26 OKTOBER 2020/KELAS 5D

  PEMBELAJARAN JARAK JAUH

JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan     : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                          :  4 Sehat Itu Penting

Sub Tema                  :   (Sub Tema 2)

Pembelajaran ke        :  6

 

 Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  Selalu tingkatkan keimanan dan ketakwaan untuk meraih keridhoan Allah SWT.


 Waktu belajar di kelas lima hampir satu semester. Meskipun baru di semester 1, Siti dan teman-teman berkumpul untuk berdiskusi membicarakan rencana pentas seni akhir semester 2. Siti dan teman-teman berkumpul di sebuah pendopo yang cukup besar, letaknya di tengah kota. Ternyata, pendapa itu bagian dari bangunan yang ada di sekitar sekolah seni. Di pendapa itu banyak orang berlatih tari. Mereka menggunakan properti tari dalam memperagakan gerak tarinya. Di pendapa itu pula Siti dan teman temannya sering berlatih menari.

Ayo Mengamati

Amati gerak-gerak tari dengan mengenakan properti berikut! Amatilah juga pola lantai pada kedua gerak. Pola lantai apa yang terbentuk?





Ayo Berlatih

Praktikkan kedua gerak pada gambar di atas. Praktikkan secara berulangulang sampai kamu menguasai gerak tersebut. Praktikkan dengan pola lantai dan properti yang sesuai. Setelah kamu menguasai gerak itu, peragakan di depan guru dan teman-temanmu. Percaya dirilah saat kamu memperagakan gerak.

Ayo Berkreasi

Buatlah gerak tari dengan pola lantai. Kamu boleh menggunakan properti. Buatlah gerak dengan hitungan 2 x 8 saja. Uraikan gerak dan gambarlah pola lantai pada kolom berikut.

Alterntif Jawaban:



Ingatkah kamu arti tanggung jawab?

Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, baik terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, maupun Tuhan Yang Maha Esa.

Pernahkah kamu diberi tugas?

Apakah kamu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadamu?

Apa wujud tanggung jawabmu atas tugas itu?

Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, baik terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, maupun Tuhan Yang Maha Esa.

.

Selain olahraga, menggerakkan badan dengan menari juga menyehatkan. Siti selalu bersyukur atas kesehatan tubuhnya. Siti, Dayu, dan teman-temannya akan membuat gerak tari menirukan kupu-kupu terbang. Mereka akan menggunakan properti berupa selendang dan membuat berbagai pola lantai. Hari itu juga, Siti dan teman-temannya membuat gerak tari dengan properti selendang dan berbagai pola lantai. Berikut di antara gerak yang dibuat Siti dan teman-temannya.




Ayo Berkreasi

Buatlah gerak-gerak tari menggunakan selendang menirukan gerak-gerak kupu-kupu. Buatlah pola lantai untuk gerak-gerak yang kamu buat.

Gerakan Tari Kupu-kupu secara umum melibatkan semua gerak tubuh si penari. Meski begitu, jika diperhatikan, gerak yang paling mendominasi adalah tangan dan kaki. Secara keseluruhan, gerak-gerak pada Tari Kupu-kupu ini mencotohkan prilaku kupu-kupu di alam.

Adapun macam-macam gerak pada Tari Kupu-kupu, sebagai berikut:

Gerakan kupu-kupu yang terbang di tempatnya.

Gerakan kupu-kupu yang terbang memutar.

Gerakan meloncat.

Gerakan buka tutup sayap kupu-kupu.

Gerakan kibasan.

Gerakan ayunan.

Gerakan menoleh kanan dan kiri. 



 TUGAS di modul tematik

Muatan PPKN hlm 77 nomor 1 s.d. 5

Muatan SBDP hlm 78 nomor 1. s.d 5

Tulis dibuku latihan jawabannya saja dan sertai nama lengkap dan nomor absen.

Contoh Pengerjaan:

Nama         : ...

NO. Absen : ....

muatan PPKN :

1. a. hadir karena diundang.

2. .....

dst...

Muatan SBDP

1. ....

2. ....

dst...

Jumat, 23 Oktober 2020

JUMAT,23 OKTOBER 2020/KELAS 5D

 PEMBELAJARAN JARAK JAUH

JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan     : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                          :  4 Sehat Itu Penting

Sub Tema                  :   (Sub Tema 2)

Pembelajaran ke        : 5

Assalamualaikum wr.wb.

Anak shalih dan shalihah pasti sudah mandi, sholat dhuha, murojaah dan sarapan yaa

Anak shalih dan shalihah mari kita awali kegiatan belajar kita dengan berdoa. Sudah siap ya untuk belajar hari ini.

Jangan lupa untuk mengucapkan kata tolong jika meminta bantuan ayah atau bunda.

Kegiatan 


Tema 4 Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajaran 5


Setelah berolahraga beladiri, tiba-tiba kepala Edo terasa pusing. Edo teringat jika peredaran darah pada tubuhnya pernah terkena gangguan tekanan darah rendah. Kemudian, Edo beristirahat di ruang UKS. Tahukah kamu penyebab terjadinya tekanan darah rendah?

tema 4 kelas 5 subtema 2


Bacalah artikel tentang gangguan pada organ peredaran darah manusia, baik dari surat kabar, majalah, maupun internet. Tuliskan nama gangguan dan penyebab penyebabnya.

Jawab:
No
Nama Gangguan
Penyebab
1Jantung koroner
Penyebab jantung koroner adalah adanya penyumbatan pembuluh darah dalam jantung, misalnya lemak.
2Hipertensi
Penyebab hipertensi adalah tingginya tekanan darah dari tekanan darah normal (120/80 mmHg), bisa karena stress, makan berlebihan, merokok, dan banyak minum alkohol.
3Skelrosis
Penyebab skelrosis adalah terbentuknya kerak keras di bagian dalam dinding pembuluh nadi.
4Varises
Penyebab varises adalah tekanan darah yang terlalu besar dan jumlah darah yang dipompa oleh jantung terlalu banyak. Umumnya terjadi pada bagian betis.
5Anemia
Penyebab anemia di antaranya perdarahan akibat kecelakaan atau luka di bagian luar atau dalam tubuh dan kekurangan produksi sel darah merah akibat tubuh kekurangan zat besi.
6Leukimia
Leukimia atau kanker darah adalah penyakit yang disebabkan oleh bertambahnya sel darah putih yang tak terkendali. Penyebab leukimia adalah kelainan kromosom, paparan polusi, paparan radiasi, merokok, obesitas, dan lain sebagainya.
7Hipotensi
Hipotensi adalah keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal dan biasa disebut dengan tekanan darah rendah. Penyebabnya adalah faktor usia, pengobatan, dan kondisi cuaca.
8
Haemoroid (ambein),
Vena bengkak dan meradang di rektum dan anus yang menyebabkan ketidaknyamanan dan perdarahan. Penyebabnya adalah pembengkakan pembuluh darah di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus
9Hemofili
Hemofilia adalah penyakit darah yang sulit membeku. Penyeababnya adalah kelainan genetik pada darah yang disebabkan adanya kekurangan faktor pembekuan darah. 
10Penyakit Kuning
Penyakit kuning alias jaundice adalah kondisi yang membuat kulit menjadi kuning. Penyakit kuning disebabkan oleh zat yang disebut bilirubin yang berlebihan dalam darah dan jaringan tubuh. Bilirubin adalah pigmen kuning yang terbentuk dari sel darah merah yang mati di hati..

Kesehatan begitu penting bagi kehidupan manusia. Banyak faktor yang memengaruhi kesehatan kita. Apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan tubuh manusia?

Ayo Membaca

Empat Faktor yang Memengaruhi Kesehatan

Kesehatan adalah anugerah yang paling berharga bagi setiap insan manusia. Buat apa banyak harta, tetapi badan kita sakit. Ada juga yang mengatakan “Health is not everything, but without health everything is nothing”. Memang, kesehatan itu bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tiada artinya. Saat sakit, kita akan mengalami banyak kerugian. Selain biaya berobat yang mahal, waktu produktif kita juga terbuang percuma. Kita yang biasanya per jam dibayar Rp100.000,00 maka dalam satu hari saja sudah Rp2.400.000,00 uang yang seharusnya kita dapatkan akan terbuang percuma. Kalau kita sakit selama sebulan, berapakah uang yang seharusnya masuk ke tabungan kita itu hilang begitu saja.

Menurut Hendrick L. Blumm, terdapat empat faktor yang memengaruhi derajat kesehatan masyarakat, yaitu
 
1. Faktor Perilaku

2. Faktor Lingkungan

3. Faktor Pelayanan Kesehatan

4. Faktor Keturunan

Ayo Menulis

Menari juga merupakan kegiatan yang menggerakkan anggota tubuh. Dalam menari hendaknya menggunakan pola lantai supaya gerak yang diperagakan lebih indah. Dalam menari kadang-kadang juga dilengkapi dengan properti tari. Pada tema sebelumnya kamu sudah belajar mengenai pola lantai. Pada pembelajaran 2 di sub tema ini, kamu juga sudah mengenal tentang properti tari. Coba cari tahu kembali mengenai pola lantai dan property tari.

Ayo Menulis

Coba cari tahu kembali tentang pola lantai. Kamu dapat melakukanya dengan cara mengingat kembali pembelajaran pada tema-tema sebelumnya. Kemudian, tuliskan hasilnya dalam kolom berikut!

Jawab:
Pola lantai merupakan garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari.  Pada dasarnya, ada dua pola garis dasar pada lantai, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Garis lurus memberikan kesan sederhana tetapi kuat. Sedangkan garis lengkung memberikan kesan lembut tetapi lemah.

Gambarkan bentuk pola lantai kelompok yang sudah kamu kenal pada kolom berikut!

tema 4 kelas 5 subtema 2

Siti dan teman-temannya menari. Mereka melakukan gerak tari dengan alat. Perhatikan gambar gerakan mereka.

tema 4 kelas 5 subtema 2
1. Apa alat yang digunakan Siti dan teman-temannya untuk melakukan gerak tari?
Busur dan Panah

2. Bagaimana Siti dan teman-teman menggerakkan propertinya? Uraikan gerakan Siti dan teman-teman sesuai pengamatanmu terhadap gambar di atas. Sebelum kamu menguraikan, coba kamu tirukan terlebih dahulu gerakannya. Peragakan dengan pola lantai yang terlihat pada gambar.

Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menemukan informasi yang mereka temukan

tema 4 kelas 5 subtema 2
Tugas jumat ini anak-anak dapat memilih minimal 2 kegiatan  di bawah ini! dan jangan lupa mengirimkan foto melalui wa japri ya!
1. mencuci piring setelah makan
2. menyiram tanaman
3. menjaga adik
4. membantu ibu memasak
5. merapikan tempat tidur
6. melakukan sedekah jumat
7. membaca surat al kahfi
8. merangkum tausiah 
 


Kamis, 22 Oktober 2020

KAMIS.22 OKTOBER 2020/KELAS 5D

 

 PEMBELAJARAN JARAK JAUH

JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan     : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                          :  4 Sehat Itu Penting

Sub Tema                  :   (Sub Tema 2)

Pembelajaran ke        :  4 

Assalamualaikum wr.wb.

Anak shalih dan shalihah pasti sudah mandi, sholat dhuha, murojaah dan sarapan yaa

Anak shalih dan shalihah mari kita awali kegiatan belajar kita dengan berdoa. Sudah siap ya untuk belajar hari ini.

Alhamdulillah Ujian Harian Bersama / Penilaian Tengah Semester telah berjalan dengan lancar trimakasih atas bantuannya Ayah Bunda membimbing ananda sholeh dan sholeha 🙏🙏🙏.

Setelah pulang dari sekolah ataupun bermain kita harus merapikan sepatu atau sandal yang sudah kita pakai dan diletakkan pada tempatnya. 

Berganti pakaian dan pergi mencuci tangan dengan sabun agar tangan kita bersih dari kuman. 

Jangan lupa untuk mengucapkan kata tolong jika meminta bantuan ayah atau bunda.

Kegiatan 

Anak anak menyimak video pembelajaran Semangat ya sholeh sholeha 😍😍😍


 

Tugas Hari ini literasi membaca blogger bu guru dan  buku cetak  Bos tema 4 halaman 73 sampai 79

Rabu, 21 Oktober 2020

RABU, 21 OKTOBER 2020/KELAS 5

 SD Al Azhar 1 Bandar Lampung
MATERI               :persiapan PTS

KELAS                 :5A-5F


Assalamualaikum wr.wb

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola yaitu cabang olahraga yang menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang beranggotakan 11 pada tiap tim. dan beberapa orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan”

Pemain

Dalam satu tim pemain sepak bola berjumlah 11 orang. tugas dari setiap pemain umunya adalah sebagai berikut.

  • 1 orang penjaga gawang yaitu satu-satunya pemain dalam sebuah tim yang bisa menggunakan tangan untuk menghalangi bola menuju gawang dari serangan tim lawan.
  • 2 hingga 4 orang pemain bertahan (back) mempunyai tugas utama untuk menghalangi dan menutup pergerakan tim lawan.
  • 2 hingga 5 orang pemain tengah memiliki Tugas utama dari pemain tengah adalah mengatur tempo permainan dan menjadi penyokong peran bek dan striker dalam tim.
  • 1 hingga 3 orang penyerang (striker) mempunyai tugas utama untuk mencetak gol ke gawang lawan.
    Ada pula pemain sayap yang memiliki tugas di sisi kanan atau kiri lapangan.
  • Kapten tim adalah jabatan pemain yang terpilih di antara para pemain yang memiliki tugas memimpin dan mengoordinasi para pemain agar bermain secara tim di lapangan. 

 

 

Teknik Dasar Sepak Bola

Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik juga. Pemain yang mempunyai teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung bisa bermain sepakbola dengan baik pula.
Beberapa teknik dasar yang perlu dipunyai pemain sepakbola yaitu:

  • Menendang ( kicking )
  • Menghentikan atau Mengontrol ( stoping )
  • Menggiring ( dribbling )
  • Menyundul ( heading )
  • Menjaga Gawang ( Goal Keeping )
  • Merampas ( tacling )
  • dan Lemparan Kedalam ( trow – in ) 

Materi bola voli

Sejarah Olahraga Voli
Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942.

Nama induk organisasi bola voli di Indonesia adalah PBVSI. Kepanjangan PBVSI adalah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Sebagai induk organisasi bola voli nasional, PBVSI memiliki peran dalam mengatur regulasi pertandingan dan peraturan permainan bola voli di Indonesia.

Jumlah pemain bola voli yang setiap regunya terdiri dari 6 pemain yang berada di dalam lapangan, sedangkan untuk jumlah pemain cadangan masing-masing ada 4 orang. Jadi total maksimal jumlah pemain bola voli dari setiap masing-masing regu berjumlah 10 pemain.

Dan untuk pemain yang berada di dalam lapangan maksimal berjumlah 6 pemain, untuk minimalnya berjumlah 4 pemain, jadi seumpama pemain kurang dari 4 pemain. Maka dengan otomatis tim tersebut akan dinyakan kalah atau gugur.


 

Permainan Kasti merupakan salah satu permainan bola kecil karena menggunakan bola kecil seukuran bola tenis lapangan. Permainan ini dimainkan oleh dua regu, yaitu regu pemukul dan regu penjaga. Regu pemukul berusaha mengumpulkan nilai dengan memukul bola kemudian mengelilingi lapangan.
Lapangan dan Alat yang Diperlukan

Lapangan kasti berbentuk persegi panjang dengan ukuran 30×60 meter. Ukuran ini bisa disesuaikan dengan kondisi lapangan yang ada. Pada lapangan ini disediakan ruang pemukul dengan ukuran 15×5 meter dan dibagi menjadi 3 ruangan bujur sangkar yang masing-masing panjangnya 5 meter.
 
Peraturan Permainan

a. Permainan kasti terdiri atas dua regu. Masing-masing regu berjumlah 12 orang dengan satu orang sebagai kapten. Pemain menggunakan nomor dada dari 1 -12. Ditambah pemain pengganti atau cadangan sebanyak 6 orang.

b. Tiap anggota regu berhak memukul bola sebanyak satu kali. Apabila di ruang bebas kosong, pemain berhak memukul bola sebanyak tiga kali. Pukulan dianggap sah apabila jatuh di daerah permainan atau perpanjangannya.
 
 
LOMPAT JAUH 
 
Lompat jauh pengertian lompat jauh adalah jenis olahraga atletik yang membutuhkan kecepatan ketangkasan dan kekuatan seorang atlet untuk melompat sejauh mungkin dari titik lepas landas atau garis lompat kemudian melayang di udara dan mendarat sejauh jauhnya dalam bak pasir. Sasaran dan tujuan lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke sebuah titik pendaratan atau bak lompat. Pertama tama akan dibahas tentang pengertian dan tujuan lompat jangkit. Pengertian lompat jauh lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat dari cabang olahraga atletik yang paling populer dan paling sering dilombakan dalam kompetisi kelas dunia termasuk olimpiade.  



LAMPAR TURBO

Lempar turbo adalah salah satu kegiatan nomor lempar pada kids athletic, yaitu kegiatan melempar dengan satu tangan untuk mencapai jarak tertentu Ria Lumintuarso, 2008:40. Turbo atau rudal adalah lembing yang terbuat dari pralon 1dim dengan ujung dari kayu jati dan ekor imprabot. Panjang turbo adalah 40 cm dengan massa yang cukup ringan bagi anak usia sekolah dasar. Seperti lempar lembing dewasa, tata cara melakukan lempar turbo diawali dengan awalan, kemudian anak melempar turbo tersebut ke daerah lemparan yang dibatasi garis lempar. Faktor keamanan dalam pembelajaran turbo juga penting untuk diperhatikan seperti peraturan kapan harus melempar turbo dan kapan mengambil turbo kembali harus dipatuhi oleh seluruh siswa
 
 LINK PTS PENJAS