Laman

Selasa, 31 Maret 2020

SELASA,31 MARET 2020/KELAS VA

SELASA, 31 Maret 2020

Assalamualaikum wr wb selamat bertemu kembali anak soleh dan soleha bu guru. Tetap jaga kesehatan, berprilaku hidup bersih, melaksanakan solat wajib dan solat sunnah, jangan lupa makan buah dan sayur untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Senantiasa berdoa untuk negeri ini agar musibah wabah virus covid-19 segera berlalu, dan kita juga dijauhkan dari bahaya wabah tersebut. aamiin
hari ini kita lanjutkan home learningnya ya. Kita PTS TEMA 6


 Berikut ini soal PTS Tema 6 Secara Online dengan klik link di bawah ini
1. soal PKN klik disini
2. soal B. Indo klik disini
3. soal IPA klik disini 
4. soal IPS klik disini 
5. soal SBdP klik disini 

Minggu, 29 Maret 2020

SENIN, 30 MARET 2020

MATERI AJAR HARI SENIN, 30 MARET 2020

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Anak sholeh/sholehah, semoga kalian selalu dalam lindungan Allah SWT, dan selalu diberi kesehatan serta dijauhkan dari wabah penyakit.

TEMA  9    : BENDA-BENDA DISEKITAR KITA
Subtema 1  : Benda Tunggal dan Campuran
PB 1

Bahasa Indonesia
                                            Pengertian Iklan Cetak
Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.

                                          Menentukan Isi Iklan Cetak

Perhatikan contoh di bawah ini 

Iklan tersebut merupakan iklan mesin cuci dengan merek “Prima”. Iklan terseut berisi informasi kelebihan poduk mesin cuci yang ditawarkan. Kelebihan mesin cuci “Prima” meliputi kapasitas pencucian besar, hemat listrik, bahan pembuat mesin cuci yang berkualitas. Program mesin cuci pun bisa diatur sesuai kebutuhan serta dapat digunakan utuk mencuci smua jenis kain.
 IPA

                                       Mengenal  Zat Tunggal dan Campuran
Disekitar kita banyak terdapat benda. Ada benda cair, benda padat, dan jug benda gas. Benda-benda tersebut menempati ruang dan memiliki massa sehingga volume dan massa dapat diukur, Segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa dapat kita sebut sebagai materi.
Berdaarkan komposisi penyusunnya, materi dapat kita bedakan menjadi zat tunggal dan campuran.
1.       Zat Tunggal
Zat tunggal adalah suatu materi yang komponen penyusunnya hanya terdiri dari satu jenis zat. Contoh Zat tunggal antara lain, air, gula, garam, dan emas murni
2.       Campuran
Campuran adalah suatu materi yang komponen penyusunnya terdiri dari dua jenis zat atau lebih. Campuran dapat dibedakan menjadi dua yaitu Campuran homogen dan campuran heterogen.
  • Campuran Homogen adalah Suatu materi yang komponen penyusunnya  terdiri dari dua jenis zat atau lebih yang menyatu secara sempurna. Artinya, Zat penyusun pada campuran homogen tidak dapat dibedakan. Salah satu contohnya adalah air garam. Garam akan menyatu dengan air jika dilarutkan sehingga garam dan air sudah tidak dapat dibedakan lagi.
  • Campuran heterogen Campuran Heterogen adalah suatu materi yang komponen penyusunnya terdiri dari dua jenis zat atau lebih yang tidak menyatu secara sempurna. Artinya zat penyusun pada campuran heterogen masih dapat dibedakan. Salah satu contohnya adalah campuran air dan kopi. Air dan kopi masih dapat kita bedakan meskipun telah tercampur. Kita dapat melihat butiran-butiran kopu mengendap di dasar gelas, sehingga bagian atas campuran terlihat lebih bening.
untuk lebih jelasnya lagi, mari kita nonton video berikut ini. klik dsini
Menentukan Zat Tunggal dan Zat Campuran di Lingkungan Sekitar.

Latihan Tematik
1.  Apa yang dimaksud zat tunggal ? jelaskan sesuai penjelasan dalam video diatas ! 
2.  Apa yang dimaksud zat campuran ? jelaskan sesuai penjelasan dalam video diatas !
3.  Berilah tanda ceklis (V) pada barang yang menunjukan zat tunggal dan campuran
No
Nama Benda
Zat Tunggal
Campuran
1
Arang
2
Soda Kue
3.
Air pasir
4
Sirup
5
Asam cuka
6.
Air Tepung
7.
Besi
8
Alumunium
9
Minuman Susu
10
Air gula
  

Jumat, 27 Maret 2020

JUMAT,27 MARET 2020

ULANGAN TEMA 8 SUB 1

MATERI AJAR HARI JUMAT, 27 MARET 2020

Assalaamu'alaikum.....
Anak sholeh-sholehah, semoga kalian semua sehat wal 'afiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. 
Hari ini kita akan latihan ulangan harian tema 8 subtema 1

Kerjakan dibuku tulis dengan rapi, cukup dipilih jawaban yang benar saja !

A.  BERILAH TANDA SILANG PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN 
 YANG PALING BENAR!

1. Di bawah ini merupakan fungsi dari air bersih, kecuali ....
a. digunakan untuk masak
b. digunakan untuk mandi
c. sebagai habitat ikan, udang, dan ulat
d. sebagai pencegah dehidrasi

2. Berikut merupakan permasalahan yang berhubungan dengan air bersih, kecuali ....
a. langka dan sulitnya sumber-sumber mata air
b. mahalnya harga air bersih
c. kualitas air yang rendah
d. kebutuhan air yang terbatas

3. Air yang tampak tidak jernih dan berbau manandakan bahwa ....
a. air tersebut layak dijadikan air minum
b. air tersebut berkualitas sangat baik
c. air tersebut tidak layak dijadikan air minum
d. air tersebut tidak mengandung mikroorganisme

4. Adanya siklus air menyebabkan jumlah air yang ada di bumi ....
a. berubah-ubah
b. berkurang
c. tetap
d. hilang

5. Bila air yang berada di permukaan bumi terkena panas matahari, maka akan terjadi
peristiwa ....
a. kondensasi
b. presipitasi
c. evaporasi
d. transpirasi


6. Perhatikan gambar disamping! 
Proses presipitasi terjadi pada nomor ....

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

7. Berikut merupakan bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia, kecuali ....
a. rumah adat
b. kesenian daerah
c. bahasa nasional
d. pakaian adat

8. Tari piring merupakan bentuk kesenian daerah yang berasal dari daerah ....
a. Sumatera Barat
b. Sumatera Utara
c. Kalimantan Barat
d. Sulawesi Utara

9. Rumah adat yang berasal dari Sumatera Selatan adalah ....
a. Rumah Joglo
b. Rumah Limas
c. Rumah Honai
d. Rumah Gadang

                              Semut Pohon dan Belalang Sembah
          Suatu hari di sebuah kebun anggur tinggalah sebuah keluarga semut rangrang dengan jumlah yang sangat banyak. Semut rang-rang ini membuat sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya. Di sarang itu tinggalah seekor ratu semut yang tubuhnya paling besar diantara para semut yang lain. Sang ratu sangat rajin mengeluarkan telur-telur dan telur itu menetas menjadi semut-semut yang baru. 
           Para semut melihat bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim dingin. Ketika musim dingin, makanan akan sangat sulit untuk didapatkan sehingga para semut itu segera mencari berbagai macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persedian ketika musim dingin tiba. Para semut sibuk mengumpulkan makananan mulai pagi hari sampai dengan sore hari. Semut semut pekerja membawa dan mencari makanan, sedangkan semut tentara menjaga
keamanan dari para pengganggu.
           Berbeda halnya dengan belalang sembah, mereka memiliki mata yang besar dan tangan yang panjang. Mereka sering hidup di pohon-pohon seperti halnya para semut. Ketika musim dingin akan tiba, belalang sembah hanya berlatih menari. Setiap hari belalang sembah itu hanya berlatih menari dan lupa untuk mengumpulkan makanan sebagai persiapannya menghadapi musim dingin yang akan segera tiba.
           Suatu hari sekelompok belalang sembah menari di dekat sarang semut rangrang.
Mereka menari dengan sangat anggun. Gerakan tangan dan badannya yang pelan dan lembut membuat tariannya terlihat sangat mengagumkan. Para semut melihat tarian sang belalang sembah, namun mereka tidak menghiraukan tarian indahnya itu karena mereka memiliki tugas yang sangat penting.

10. Peristiwa yang terdapat pada paragraf kedua adalah ....
a. para semut mengumpulkan makanan untuk persediaan musim dingin
b. belalang sembah menari dengan lemah gemulai di dekat sarang semut
c. para semut membuat rumah dari dedaunan yang dilekatkan menggunakan cairan dari mulutnya
d. musim dingin telah tiba, para semut dan belalang sembah kesulitan mencari makanan

11. Kesamaan antara semut rang-rang dan belalang sembah berdasarkan cerita di atas adalah ....
a. mereka gemar menari ketika musim dingin tiba
b. mereka mencari makanan untuk persediaan musim dingin
c. mereka sering hidup di pepohonan
d. mereka memiliki mata yang besar

12. Sekelompok belalang sembah menari di dekat sarang semut rang-rang.
Peristiwa tersebut merupakan ide pokok paragraf ke ....
a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat

13.  Urutan peristiwa dalam sebuah cerita yang sambung menyambung berdasarkan
hubungan sebab akibat disebut ....
a. latar
b. alur
c. tema
d. setting

14. Interval yang terdapat pada tangga nada diatonis minor adalah ....
a. 1   1   ½   1   1   1   ½
b. 1   ½   1   1   ½   1   1
c. 1   ½   1   1   1   ½   1
d. 1   1   ½   ½   1   1   ½

15. Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri tangga lagu diatonis mayor adalah ....
a. bersemangat
b. diawali dengan tangga nada la
c. diakhiri dengan tangga nada do
d. bersifat riang gembira

16. Permainan tradisional merupakan aset budaya bangsa yang saat ini mulai
ditinggalkan, karena munculnya gadget. Berikut yang bukan termasuk jenis gadget
adalah ....
a. smartphone
b. play station
c. tablet
d. kapsul
 
17. Jenis pekerjaan di bidang jasa yang melayani nasabah untuk melakukan transaksi
keuangan seperti menyimpan, mangambil ataupun mengirim uang di bank adalah....
a. montir
b. teller
c. satpam
d. pramuniaga

18. Sumber kehidupan bagi makhluk hidup di bumi adalah ....
a. tanah
b. air
c. api
d. listrik

19. Indonesia adalah salah satu negara agraris. Berikut yang bukan merupakan jenis
kegiatan ekonomi di bidang agraris adalah ....
a. perkebunan
b. perikanan
c. peternakan
d. perindustrian

20. Berikut yang merupakan jenis kegiatan di bidang usaha ekstraktif adalah ....
a. pertanian
b. perindustrian
c. peternakan
d. pertambangan



Kamis, 26 Maret 2020

KAMIS,26 MARET 2020/KELAS VA

TEMA 8 SUB 3 PB 6

MATERI AJAR HARI KAMIS, 26 MARET 2020

TEMA   8   Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3: Upaya Pelestarian Lingkungan
PB 6

                  Tahap Mewarnai Gambar dalam Membuat Gambar CeritaSetelah menentukan tema dan membuat sketsa sesuai tema, tahap berikutnya ialah mewarnai gambar. Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu pewarnaan basah dan pewarnaan kering. Teknik pewarnaan basah ialah pewarnaan menggunakan media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat minyak. Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan menggunakan media yang tidak memerlukan bahan pengencer, misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel.







Perhatikan gambar-gambar tersebut. Gambar pertama merupakan gambar yang menggunakan pewarnaan kering. Gambar berikutnya merupakan gambar yang menggunakan pewarnaan basah.


               Uniknya Keragaman Budaya Indonesia dalam Festival Kuwung 2016     
Festival Kuwung merupakan acara seni dan budaya sekaligus pesta rakyat yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya setiap tahun. Festival yang digelar dalam rangka hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke 245 ini menyuguhkan beragam tradisi daerah yang dikemas dalam sebuah pertunjukan yang megah.
     Rakyat Banyuwangi berpesta, penampilan seluruh peserta mampu mengundang decak kagum. Berbagai seni daerah tampil dengan sangat menarik dan menghibur. Tidak hanya para penari dan aksi teatrikal yang tampil dengan memikat, pawai mobil dengan aneka lampu yang menampilkan miniatur budaya daerah juga mampu mencuri perhatian. Ratusan pendukung acara pun tampil dalam balutan kostum yang atraktif. Ditambah iringan musik tradisional sepanjang acara membuat suasana
malam Banyuwangi begitu meriah.
     Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata M.Y. Bramuda, Festival Kuwung 2016 mengangkat tema Kembang Setaman Bumi Blambangan. Tema ini sebagai perlambang keharmonisan hidup masyarakat Banyuwangi yang terdiri dari berbagai etnis dan latar belakang budaya.
“Di Banyuwangi sendiri beragam etnis seperti suku Jawa, suku Using, suku Bali, Etnis Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab menjadi penduduk daerah yang telah berpuluh tahun hidup berdampingan dalam kerukunan,”katanya.
      Festival Kuwung pun membingkai keragaman budaya beragam etnis
dan suku tersebut dalam rangkaian fragmen yang menarik. Pembukaan Kuwung menyuguhkan Tradisi Saulak, Suku Mandar. Tradisi Saulak merupakan tradisi pernikahan khas warga Mandar yang merupakan warga pesisir pantai. Berikutnya pawai menampilkan etnis Jawa Mataraman membawakan fragmen berjudul Cungkup Tapanrejo yang mengisahkan babat alas warga Jawa dalam memulai kehidupan baru.
     Selain itu, juga ada penampilan suku Using yang menampilkan Sarine Kembang Bakung. Cerita ini mengisahkan kegigihan dan semangat masyarakat desa dalam melestarikan budaya adat Using. Sementara itu pawai Etnis Madura tampil dengan pakaian khas daerahnya. Para penampil membawakan Tari Topeng dan fragmen yang mengisahkan mata pencaharian mereka sebagai petani kakao. Etnis Bali menampilkan tradisi Melasti Bali Banyuwangen. Juga tidak ketinggalan atraksi Ogoh Ogoh yang menjadi ciri khas perayaan Nyepi umat Hindu.
      Etnis Tionghoa juga memeriahkan acara dengan menampilkan fragmen bertema Liong Harmoni Tionghoa. Mereka menampilkan berbagai tarian dengan kostum khasnya. Suasana semakin meriah dengan penampilan Barongsai. Sebelumnya Festival Kuwung juga dimeriahkan oleh penampilan defile perwakilan dari beberapa daerah, seperti kota Bogor, Kediri, Sleman, Probolinggo hingga Sumbawa Barat yang menampilkan tari Kipas. 

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.1. Peristiwa apa yang terjadi pada teks “Uniknya Keragaman Indonesia dalam Festival Kuwung 2016”?
2. Keberagaman apa yang ditampilkan pada teks tersebut?
3. Sikap apa yang dapat kalian tiru dari teks?

Matematika

Menyajikan data dalam bentk diagram batang
Dayu mencatat profesi semua orang tua di kelas V SD Melati 01. Setelah menanya satu per satu diperoleh data profesi orang tua siswa kelas V SD Melati 01 adalah sebagai berikut
Pegawai negeri sipil (PNS) sebanyak 8 orang
TNI sebanyak 5 Orang
Petani sebanyak 12 orang
Guru sebanyak 3 orang
Wiraswasta sebanyak 2 orang
Diagram batang dari data di atas adalah sebagai berikut:
Contoh soal
Perhatikan tabel suhu di suatu daerah berikut ini
Kota
A
B
C
D
E
Suhu Minimum (oC)
15
20
15
20
20
Suhu Maksimum (oC)
30
35
30
35
35
Buatlah data di atas dalam bentuk tabel
Jawaban
Dari data di atas diperoleh informasi bahwa
Latihan soal Matematika
Latihan soal
1. Perhatikan tabel berikut ini
Berikut ini adalah tabel nilai ulangan siswa kelas VI
Nilai
40
50
60
70
80
90
100
Jumlah siswa
2
6
9
8
5
4
2
a. Buatlah data di atas dalam bentuk dagram batang!
b. Berapa banyak siswa yang mengkuti ulangan matematika?
c. Berapa banyak siswa yang mendapatkan nilai tertinggi?
d. Berapa selisih nilai tertinggi dengan nilai terendah?
e. Berapakah nilai yang paling sering muncul?

Senin, 23 Maret 2020

SELASA, 24 MARET 2020/KELAS VA

MATERI AJAR HARI SELASA, 24 MARET 2020

TEMA      8   Lingkungan Sahabat Kita
Subtema   3   Upaya Pelestarian Lingkungan
PB  5

                                     Mengetahui Tingkat Pemborosan Air

  1. Sediakan satu buah gelas (ukuran ±300 mL).
  2. Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan! Apabila tidak ada keran air di sekolahmu, dapat diganti dengan penampung air, misalnya ember atau kaleng bekas. Buatlah lubang kecil pada penampung air itu, kemudian isilah dengan air hingga penuh!Usahakan lubang itu cukup kecil sehingga air hanya keluar dengan menetes.
  3. Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman.
  4. Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut.
  5. Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia selama satu hari (24 jam)?
  6. Tulislah laporan dan kesimpulan kegiatan ini, kemudian kumpulkan kepada Ibu Guru.
                     Langkah-Langkah Membuat Gambar Cerita 

  1. Persiapan Bahan dan Alat                                                                                                  Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik basah atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya. 
  2. Menentukan Tema                                                                                                                  Pemilihan tema akan menentukan gambar yang akan dibuat. Penentuan tema dapat dilakukan dengan melihat lingkungan sekitar atau pengalaman diri sendiri dan orang lain.
  3. Pembuatan Sketsa                                                                                                                   Setelah menentukan tema langkah selanjutnya yaitu membuat sketsa.Sketsa sebaiknya  dibuat lebih dari satu agar kita dapat memilih yang terbaik. 
  4. Penyelesaian Gambar                                                                                                                Dari beberapa sketsa yang dibuat dapat dipilih satu yang menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang dirasa perlu agar gambar tampak lebih hidup. Jika sudah mantap, warnai gambarmu dengan rapi. Kamu dapat mewarnai dengan teknik basah atau teknik kering. Pewarnaan dengan teknik basah menggunakan cat air, cat minyak, atau tinta. Sebaliknya, pewarnaan dengan teknik kering menggunakan pensil warna, krayon, atau oil pastel.
Buatlah  gambar  dengan tema "CARA MENCUCI TANGAN YANG BENAR" yang telah kamu tentukan !

GAMBAR DI BAWAH HANYA CONTOH!! 
BOLEH MENCARI GAMBAR LAIN DARI INTERNET!


hands wash procedure

Minggu, 22 Maret 2020

SENEN, 23 MARET 2020

Tema 8 Subtema 3 Pb 4


Tema 8 Subtema 3 Pb 4
Senin, 23 Maret 2020
Assalamualaikum wr.wb. ananda siswa dan siswi kelas V home learning day 4
Hari ini kita akan melajar tentang Keragaman Sosial di Lingkungan Sekitar Berdasarkan Jenis Usaha. Untuk memulai belajar kita literasi dulu ya. Oke...
Literasi
Muatan IPS
3.3 Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia serta hubungannya dengn karakteristik ruang
Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus bekerja. Jenis pekerjaan beraneka ragam ada pekerjaan yang menghasilkan barang atau benda, dan ada pekerjaan yang menghasilkan jasa
Sebagian besar masyarakat indonesia memiliki usaha yang bergerak dibidang pertanian. Profesi petani memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat. Petani berperan dalam menyediakan beberapa bahan pangan bagi masyarakat seperti beras, sayur-sayuran, buah, kentang, dan kedelai
Nelayan adalah orang yang mata pencahariannya menangkap ikan. Profesi nelayan berperan dalam menyediakan bahan pangan berupa ikan laut. Ikan dikonsumsi masyarakat sebagai sumber makanan yang mengandung protein tinggi.
Banyak orang yang disekitar kita beraktivitas sebagai pedagang. Profesi pedagang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan masyarakat seperti sabun, pasta gigi, alat sekolah, bahan pangan, dan peralatan rumah tangga.
Guru adalah orang yang pekerjaannya mengajar siswa. Tugas utama guru disekolah adalah menyampaikan ilmu pengetahuandan mendidik siswa. Dengan adanya guru masyarakat menjadi cerdas dan bangsa menjadi maju.
Peternak adalah orang yang memeilihara hewan ternak. Hewan ternak yang sering dipelihara antara lain ayam, itik, burung puyuh, kambing, sapi, kuda, kerbau, dan lebah madu.peternak berperan dalam menyediakan telur, susu, daging, dan madu.

  • Latihan tematik. Muatan IPS
1.     Pasangkanlah manfaat yang diperoleh dengan jenis usaha atau kegiatan ekonominya pada kotak di bawah ini
a. Anak-anak dapat meminum susu segar setiap hari ( )
b. Pengguna jalan dapat menggunakan jalan bersih dari sampah ( )
c. Setiap orang dapat menggunakan alas kaki yang nyaman sesuai ukuran kakinya ( )
d. Penumpang dapat sampai ke tempat tujuannya dengan nyaman. ( )
e. Masyarakat dapat mengubah penampilannya menjadi lebih baik dan menarik dengan riasan atau potongan rambut baru. ( )
f. Masyarakat dapat memanfaatkan kayu hasil hutan sebagai perabotan rumah tangga.( )
A. Petugas kebersihan 
B. Pengrajin Kayu
C. Pemerah susu sapi
D. Pabrik Sepatu
E. Pekerja Salon
F. Sopir kendaraan umum



 


2.    Tuliskan Kegiatan ekonomi yang berperan/terlibat dalam kegiatan ekonomi berikut ini
Contohnya
Penjual meubel ( penyedia batang kayu – perajin kayu – penjual meubel)

a. Penjual baju kebaya
b. Penjual Keripik Singkong
c. Penjual Kopi (Kakao)
d. Penjual ikan
Sikap menghargai usaha atau pekerjaan orang lain
3.3 menjelaskan sikap menghargai usaha atau pekerjaan orang lain

Petani kapas tidak dapat melakukan produksi kembali jika tidak mendapatkan uang dari kapas yang dihasilka kebunnya. Oleh sebab itu petani kapas memerlukan perajin pakaian ataupun industri kecil yang membeli kapas produksinya. Selanjutnya perajin pakaian ataupun industri tekstil pun tidak akan berkembang jika tidak ada yang membeli dan menggunakan pakaian hasil olahannya. Untuk menjaga hubungan tersebut maka harus membina hubungan baik satu dengan yang lainnya.  Berikut ini adalah cara menghargai usaha atau pekerjaan orang lain
1. Membayar ongkos angkutan umum sesui aturan
2. Membayar upah pegawi tepat waktu
3. Memberikan penghargaan atas pekerjaan atau usaha orang lain dengan mengucapkan pujian atau terima kasih
4. Melakukan persaingan secara sehat dengan memeberikan kesempatan dan kepercayaan kepada orang lain.

Kamis, 19 Maret 2020

JUMAT,20 MARET 2020/KELAS VA

MATERI AJAR HARI JUMAT, 20 MARET 2020

Tema 8         Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3    Upaya Pelestarian Lingkungan
PB 3

Assalamu'alaikum wrwb ananda siswa dan siswi kelas V A home learning hari ini kita akan belajar tentang pengaruh kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan kita. Untuk memulai belajar kita literasi dulu ya. Oke...
Untuk soal-soal latihan bisa disimak ada disela-sela literasi.

Literasi
Muatan Bahasa Indonesia
3.8          Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi

Peta pikiran dapat diartikan sebagai suatu cara untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas, teks bacaan, atau informasilainnya dalam bentuk diagram. Peta pikiran dapat memudahkan pembaca untuk memahami suatu informasi dan lebih mudah diingat, serta mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci. Perhatikan teks bacaan di bawah ini

Pengaruh Kegiatan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi tersebut saling berkaitan satu sama lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat akan mengganggu kegiatan ekonomi lainnya.

1. Produksi
Petani menanam padi di sawah, lalu memberi pupuk, dan menyiangi rumput yang tumbuh disela-sela tanaman padi. Setelah bulir-bulir padi mulai bernas, petani mengusir burung-burung yang berusaha memakan bulir padi itu. Saat padi menguning, itulah saatnya petani memanen. Hasil panen lalu dijual.


Dari ilustrasi tersebut petani telah melakukan kegiatan produksi. Jadi produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.
Kegiatan produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasa yang dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi dapat berasal dari sumber daya alam atau sumber daya manusia. Sumber daya ekonomi dapat diolah menjadi modal dasar pembangunan. Bagi pemilik sumber daya ekonomi adanya proses produksi memungkinkannya memperoleh balas jasa. Balas jasa ini berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini pemilik sumber daya ekonomi dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi produsen, adanya proses produksi menyebabkan produsen memperoleh keuntungan. Selanjutnya keuntungan tersebut digunakan untuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup. Tujuannya untuk mencapai kemakmuran hidup.

2. Distribusi
Setiap hari kita membutuhkan makanan dan mengenakan pakaian. Bahan makanan tersebut dihasilkan di suatu tempat tertentu. Pakaian juga diproduksi di tempat tertentu. Untuk mendaangkan bahan makanan dan pakaian diperlukan kegiatan penyaluran. Kegiatan inilah yang disebut distribusi. Jadi distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor. Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang memadai. Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.

3. Konsumsi
Perhatikanlah aktivitas teman sekolah ketika waktu istirahat!. Ada yang jajan di kantin ada pula yang makan bekal dari rumah. Jajan dikantin dan makan bekal termasuk kegiatan konsumsi.

Konsumsi adalah kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan dapat berupa uang atau waktu 

Muatan IPS
3.3          menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang


perhatikan peta pikiran di bawah ini 
 
Tugas melakukan identifikasi kegiatan ekonomi di lingkungan sekitar

Kegiatan
Jenis Kegiatan
Orang yang diuntungkan
Keuntungan yang diperoleh 
Membuat kerupuk
Produksi
Masyarakat yang suka makan kerupuk
Makan lebih lahap
Membuat Lemari



Membuat batu bata



Menjual Pasir



Menjual alat tulis



Menjual pakaian



Makan nasi



Mengenakan seragam



Mengenakan sepatu




Muatan PPKn
3.3         menelaah keragaman sosial budaya masyarakat

Keragaman jenis usaha dalam kegiatan ekonomi menimbulkan keragaman sosial dalam masyarakat. Untuk mendukung keragaman sosial dibutuhkan kebersamaan dalam masyarakat. Berikut ini adalah keuntungan dari keragaman sosial akibat berbagai jenis usaha.
1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
2. Mempercepat proses pertumbuhan ekonomi
3. Tersedianya semua kebutuhan barang dan jasa
4. Terciptanya lapangan kerja baru untuk masyarakat
5. Memudahkan masyarakat mendapatkan barang dan jasa.

Sikap toleransi atas keragaman sosial budaya
Masyarakat Indonesia memiliki keragaman sosial dan budaya. Untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, sikap toleransi sangat dibutuhkan. Sikap toleransi harus terus kita pupuk dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini bentuk sikap toleransi yang bisa kita lakukan di lingkungan tempat tinggal yaitu :
1. Bangga terhadap keragaman budaya di masyarakat
2. Menghargai perbedaan sosial budaya di lingkungan
3. Saling membantu tanpa membeda bedakan status sosial dan budaya
4. Bersikap adil terhadap semua warga meskipun berbeda sosial dan budaya.

MATEMATIKA
       
A. Penyajian data

Berdasarkan hasil sensus diketahui bahwa angkatan kerja dI Indonesia
yang bekerja di sektor pertanian 60 juta, jasa 25 juta, perdagangan 18
juta, industri 12 juta, lain-lain 5 juta. 


















 3. DIGRAM GARIS 
Perhatikan diagram berikut ini

Diagram di atas adalah data dari jumlah pengunjung ke Pantai Gemah dari tanggal 1 sampai tanggl 10 Februari.
SOAL
 
1. Berikut adalah data kegemaran siswa SD Al-Azhar 1 yaitu :
    sepak bola 28 orang, volley 14 orang, renang 18 orang,
    bulutangkis 12 orang dan catur 8 orang.
    Sajikan data tersebut dalam bentuk:
    a. Tabel
    b. Diagram batang
    c. Diagram garis


 B. Menentukan rata-rata hitung dan Modus

 Untuk menentukan rata-rata sebuah data, yang harus dilakukan adalah:
 Susun data tersebut ke dalam tabel frekuensi dari yang terbesar.
 Modus = nilai yang sering muncul dari suatu data.

Contoh 
Nilai ulangan matematika adalah sebagai berikut:
     8   6   7   5   4   5   6   5   7   6
     7   5   6   7   6   5   7   5   5   8



    













Mengurutkan Data termasuk Nilai Tertinggi dan Terendah
Dari 20 siswa kelas V SD Al-Azhar 1 diperoleh data berat badan sebagai
berikut:
30 46 45 50 35
47 50 36 40 45
38 48 40 45 30
30 35 48 46 45
 

Tentukan: a. Berat badan terendah
                 b. Berat badan tertinggi
Jawaban

Terlebih dahulu, urutkan datanya menjadi:
30  30  30  35  35  36  38  40  40  45
45  45  45  46  46  47  48  48  50  50
Maka, berat badan terendah = 30
berat badan tertinggi   = 50
Suatu data diurutkan dari tertinggi ke yang terendah atau dari yang
terendah ke yang tertinggi.


SOAL

2. Dari 10 kali ulangan IPA, Eti memperoleh nilai : 70  60  75  57 80  65  83  70  70  70
    Tentukan :
     a. Nilai tertinggi                 c.   Nilai rata-rata (mean)
     b. Nilai terendah               d.   Modus

 

3. Berikut adalah hasil penimbangan berat badan siswa kelas 5 sebagai berikut :
    2 orang beratnya @ 22 kg
    4 orang beratnya @ 24 kg
    5 orang beratnya @ 25 kg
    7 orang beratnya @ 26 kg
    6 orang beratnya @ 27 kg
    5 orang beratnya @ 28 kg
    1 orang beratnya @ 31 kg
        

    a. Berapa banyak siswa kelas 5?
    b. Berapa kg rata-rata berat badan siswa kelas 5?
    c. Berapa modusnya?
    d. Berapa kg selisih berat badan terberat dan teringan?