Laman

Senin, 30 September 2019

SENIN 30 SEPTEMBER 2019/TEMA 3 SUB 3 PB 3


Ayo Membaca
Saat kita berbicara tentang buah-buahan lokal, kita berbicara tentang keberadaan petani lokal di dalam sebuah daerah. Membeli buah-buahan atau sayuran lokal berarti membantu memberdayakan petani. Dst....
Lakukan identifikasi terhadap bentuk-bentuk keragaman yang kamu temukan pada bacaan di atas. Berikanlah penjelasan untuk setiap keragaman yang kamu temukan. Sebuah contoh telah diberikan untukmu.

1.     Organisasi P3A dibentuk oleh petani itu sendiri, berdasarkan kebutuhannya serta sesuai dengan norma dan nilai yang berkembang secara spesifik di daerah masing-masing. Ini berarti setiap organisasi P3A berbeda dari satu daerah dengan daerah yang lain.
2.     Para petani tanpa memandang perbedaan, dapat masuk menjadi anggota organisasi petani pemakai air ini. Ini berarti semua orang tanpa memandang perbedaan dalam hal apapun dapat menjadi anggota organisasi.
3.     Organisasi ini menjadi wadah bertemunya petani untuk saling bertukar pikiran, curah pendapat serta membuat keputusan-keputusan guna memecahkan permasalahan yang dihadapi bersama oleh petani, baik yang dapat dipecahkan sendiri maupun yang memerlukan bantuan dari luar. Ini berarti orang dari luar dapat memberikan sumbangsih berupa pikiran, saran, dan solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi anggota organisasi.
Dengan adanya P3A diharapkan masyarakat petani dapat memiliki kemampuan untuk mengembangkan potensi, motivasi, dan keadaan dirinya sendiri. Melalui organisasi P3A ini diharapkan masyarakat memiliki keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan pengelolaan irigasi secara baik, berkelanjutan, dan mandiri. Ini adalah hal-hal yang diperoleh masyarakat petani dari organisasi P3A sebagai sebuah contoh pembangunan sosial budaya.
Menurut pendapatmu, hal-hal apakah yang dapat diperoleh masyarakat setempat dari sebuah pembangunan sosial budaya lainnya?

·         Hal yang dapat diperoleh dari sebuah pembangunan sosial budaya yaitu mendapatkan ilmu baru untuk meningkatkan kualitas kehidupan sehingga kelompok sosial tertentu mampu memenuhi kebutuhan dasarnya. Selain itu, mau menerima perubahan dalam berbagai segi kehidupan dan penghidupan, termasuk cara berpikir, gaya hidup, cara bekerja, dan sebagainya.

Ayo Mencoba
Isilah peta pikiran berikut ini dengan menentukan siapa saja yang bertanggung jawab menentukan dan mengerjakan setiap bagian yang dimaksud. Mulailah untuk menentukan judul, karakter, serta rancangan naskah dalam bentuk iklan layanan masyarakat.


Hasil gambar untuk peta pikiran dengan menentukan siapa saja yang bertanggung jawab

Kamis, 26 September 2019

JUMAT 27 SEPTEMBER 2019/ TEMA 3 SUB 3 PB 2


Ayo membaca!
Buah dan Manfaatnya_
Manfaat buah-buahan untuk kesehatan sangatlah beragam. Buah buahan dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi buah maka kita akan mendapatkan gizi dan menjaga kesehatan kita. Buah juga dapat meningkatkan energi dan kebutuhan vitamin pada tubuh manusia. Beberapa manfaat buah-buahan diantaranya (1). Sebagai sumber vitamin. Buah merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada di buah. (2) Sumber air dan gizi. Buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. (3) Sumber antioksidan. Buah merupakan salah satu sumber antioksidan alami terbesar yang ada di dunia. (4) Mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya. (5) Obat luar tubuh. Buah-buahan juga dapat digunakan untuk menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya.

Manfaat Buah Pisang bagi Pencernaan
Pisang dapat mencegah mag dan luka akibat gangguan pencernaan karena teksturnya yang lembut. Pisang dapat menetralisir iritasi pada bagian dalam perut.

Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi mereka yang mengalami masalah peradangan lambung atau usus.




Ternyata buah-buahan dan segala sesuatu yang berasal dari alam sejak dahulu dijadikan inspirasi untuk karya seni rupa daerah. Salah satunya seperti yang terdapat dalam batik Semarang. Sedikit ulasan tentang batik akan diberikan di bawah ini.

Jawa Tengah merupakan daerah penghasil kain batik terbesar di Nusantara. Batik Jawa Tengah memiliki corak yang khas. Daerah penghasil batik di Jawa Tengah yang paling menonjol adalah Pekalongan, Solo, dan Semarang. Pusat penghasil batik terkenal lainnya adalah Yogyakarta. Batik Yogyakarta dan Solo lebih banyak didominasi warna cokelat dan biru tua. Untuk motif batik Yogyakarta sendiri ada bermacam-macam seperti motif parang, babon angrem, dan wahyu tumurun.

Batik Pekalongan memiliki ciri pesisir dengan corak yang khas. Coraknya banyak mendapat pengaruh dari Cina yang dinamis dan kaya akan warna. Batik Pekalongan banyak didominasi warna cerah, hijau, kuning, merah, dan merah mudah serta didominasi motif bunga. Untuk batik, Semarang banyak didominasi warna cokelat, kuning, hijau, hitam dengan motif alam seperti bunga, daun, dan burung.
Sumber: http://mastugino.blogspot.co.id/2015/02/karya-seni-rupa-terapan-daerah-setempat.html

Batik merupakan contoh karya seni rupa daerah. Bersama-sama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.

·         Carilah informasi tentang beragam karya seni rupa daerah yang terdapat di daerahmu dan juga daerah-daerah lain di Indonesia. Informasi dapat diperoleh melalui internet, koran, atau majalah.
·         Sajikan informasi tersebut dalam bentuk berita koran.
·         Gunakan kertas A4 beberapa lembar dan lengkapi dengan gambar karya seni yang bersangkutan.
·         Berikut adalah contoh format berita di koran.



KAMIS 26 SEPTEMBER 2019 TEMA 3 SUB 3 PB 1


Obat Sakit Perut PSP (Pil Sakit Perut)
Laki-laki 1
:
“Aduh!” (meringis sambil memegangi perutnya)
Perempuan 1 
:
“Makan yang tidak benar, membuat perut jadi tidak enak!”
Laki-laki 2
:
“Tidak bawa PSP, ya?” (tersenyum sambil memegang obat PSP)
Narator
:
“Untuk gangguan perut karena bakteri, makanan pedas, asam, dan gas, segera atasi dengan minum PSP dalam satu sachet pil-pil kecil alami. Atasi penyebab sakit perut hingga ke pelosok.”

Jelaskan isi dari iklan:

Iklan mengenai produk obat sakit perut yang bentuknya kecil alami dan bermanfaat dalam mengatasi penyebab sakit perut. 

Dalam kelompok kecil, diskusikan keunggulan yang terdapat dalam produk iklan:

Iklas di atas memiliki keunggulan pilnya bentuknya kecil alami dan mengatasi penyebab sakit perut

Ayo Berkreasi
Buatlah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Setiap kelompok akan membuat diagram sistem pencernaan berikut nama dan fungsi tiap-tiap organ di dalamnya. Baca dan ikutilah langkah pengerjaan berikut.

1.       Pilihlah ketua kelompok dan mintalah diagram kosong tubuh manusia kepada gurumu.
2.       Buatlah daftar organ-organ yang termasuk di dalam sistem pencernaan manusia.
3.       Agar pengerjaan lebih cepat, ketua kelompok perlu mendelegasikan tugas kepada tiap-tiap anggota untuk menggambar organ-organ tersebut.
4.       Berilah warna dan gunting dengan rapi.
5.       Urutkan dan tempel organ-organ tersebut pada diagram tubuh manusia yang kamu dapat dari gurumu.
6.       Tuliskan fungsi dari tiap-tiap organ dengan rapi pada kertas kerja atau dapat juga pada kertas kecil terpisah dan ditempel di dekat organ yang bersangkutan.
7.       Bekerja samalah dengan baik, manfaatkan waktumu semaksimal mungkin karena gurumu akan memperhatikan cara bekerja dalam kelompok.
8.      Selamat belajar.

Hasil gambar untuk cara membuat diagram sistem pencernaan

Selasa, 24 September 2019

RABU 25 SEPT 2019/ SOAL CERITA PERBANDINGAN PECAHAN

SOAL PERBANDINGAN


1. Perbandingan uang Via terhadap uang Vallen adalah 3 : 4. Jika selisih uang mereka Rp 2.500.000,00, maka jumlah uang Via dan uang Vallen adalah ....

2. Umur kakak 3/2 umur adik. Jika umur adik 12 tahun, maka umur kakak .... tahun.

3. Perbandingan sapi Jono, Tejo, dan Parto adalah adalah 2 : 4 : 5. Jika sapi Tejo ada 16 ekor, maka jumlah sapi mereka adalah ....

4. Siswa kelas V ada 52 anak. Perbandingan siswa laki-laki dan perempuan 6 : 7. Banyak siswa laki-laki adalah ....

5. Jumlah keseluruhan penduduk desa Sugih waras adalah 1.200 orang. Apabila perbandingan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan adalah 7 : 9 , maka jumlah penduduk perempuan yang ada di desa tersebut adalah ....

6. Tinggi badan Alfin dibandingkan dengan tinggi badan Agung adalah 7 : 8. Selisih tinggi badan mereka adalah 20 cm. Maka tinggi badan Alfin adalah ....

7. Jumlah buah jeruk dan mangga yang ada di sebuah keranjang adalah 120 buah. Bila perbandingan banyaknya buah mangga dan jambu adalah 8 : 7, maka banyaknya buah mangga yang ada di dalam keranjang tersebut adalah ....

8. Perbandingan antara banyaknya buku Matematika dan buku bahasa Inggris di sebuah perpustakaan adalah 6 : 8. Bila selisih banyak dari kedua buku tersebut adalah 30 buah, maka banyaknya buku Matematika di perpustakaan itu adalah ....

9. Diketahui perbandingan uang pak Amat dan uang pak Kris adalah 5 : 4. Sementara itu, uang pak Kris dibandingkan uang pak Rudi 5 : 6. Jika jumlah uang pak Amat Rp 2.000.000,00, maka jumlah masing-masing uang pak Kris dan uang pak Rudi adalah ....

10. Diketahui perbandingan jumlah uang yang dimiliki Andra dan Nando adalah 4 : 5, sementara perbandingan uang Nando dan Lala adalah 4 : 7. Apabila jumlah keseluruhan uang mereka adalah Rp 355.000, 00, maka jumlah uang Lala adalah ....

Senin, 23 September 2019

SELASA 24 SEPTEMBER 2019/LATIHAN SOAL ULHAR TEMA 3 SUB1

1. Informasi yan isinya membujuk banyak orang supaya tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan adalah pengertian dari ....
a. spanduk   b. iklan   c. poster   d. tabel

2. Yang bukan contoh media cetak adalah ....
a. koran   b. majalah   c. televisi   d. tabloid

3. Berikut ini yang merupakan media elektronik adalah ....
a. koran   b. brosur   c. radio   d. tabloid

4. Kalimat atau bahasa yang mampu menyakinkan atau mempengaruhi pendengar atau pembaca pada sebuah iklan adalah kalimat ....
a. aktif   b. pasif   c. perintah   d. persuasif

5. Berikut ini adalah unsur-unsur iklan, kecuali ....
a. headline   b. sub judul   c. isi iklan   d. brosur



6. Iklan adalah …………………………………………………………………………………………………………..
7. Tuliskan unsur-unsur iklan! …………………………………………………………………………………………………………………..
8. Bagaimana langkah-langkah membuat iklan yang menarik! …………………………………………………………………
9. Tujuan iklan adalah …………………………………………………………………………………………………………
10. Tuliskan jenis-jenis iklan berdasarkan medianya ………………………………………………………………………………….
11. Tuliskan jenis-jenis iklan cetak ………………………………………………………………………………………………………………
12. Tuliskan jenis-jenis iklan elektronik ………………………………………………………………………………………………………
13. Kata kunci adalah ………………………………………………………………………………………………………
14. Bagaimana proses pengolahan industri garam? ……………………………………………………………………………………
15. Bagaimana pengaruh pembukaan industri garam bagi lingkungan social di daerah tersebut?
      ………………………………………………………………
16. Tuliskan contoh interaksi social di lingkungan sekolah ? ……………………………………………………………………
17. Apa saja bentuk keanekaragaman yang ada di Indonesia ? …………………………………………………………………
18. Tuliskan 3 manfaat kerja kelompok! …………………………………………………………………………………………………..
19. Manusia berinteraksi dengan orang lain, oleh karena itu, manusia disebut makhluk …………………………
20. Bagaimana cara menghargai keragaman di sekolah …………………………………………………………………………..
21. Tuliskan organ pencernaan pada serangga! ………………………………………………………………………………………
22. Tuliskan organ pencernaan pada katak! ……………………………………………………………………………………
23. Tuliskan organ pencernaan pada reptilia! ………………………………………………………………………………………
24. Tuliskan alat-alat pencernaan pada manusia ………………………………………………………………………………………
25. Apa Fungsi dari kloaka ? …………………………………………………………………………………………
26. Apa Fungsi tembolok pada serangga? …………………………………………………………………………………………
27. Apa fungsi empedal pada serangga? …………………………………………………………………………………………
28. Apa fungsi rumen pada rumenansia? …………………………………………………………………………………………
29. Apa fungsi retikuum (perut jala) pada rumenansia? ……………………………………………………………………………
30. Apa fungsi mulut pada manusia? …………………………………………………………………………………………
31. Apa fungsi usus halus pada manusia? …………………………………………………………………………………………
32. Apa fungsi usus besar pada manusia? …………………………………………………………………………………………
33. Apa fungsi lambung pada manusia? …………………………………………………………………………………………
34. Tuliskan urutan proses pencernaan makanan pada manusia! ……………………………………………………………
35. Tuliskan urutan proses pencernaan makanan pada burung! ……………………………………………………………

SENIN 23 SEPTB 2019/ TEMA 3 SUB 2 PB 5,6


Ayo Membaca
Usia anak antara 2 hingga 12 tahun merupakan usia pertumbuhan. Karenanya penting bagi anak-anak di usia ini untuk mengonsumsi makanan yang baik dan bergizi. Makanan yang disajikan hendaknya menyediakan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Dst...
Ayo Bermain Peran!
Peragakan naskah iklan elektronik di bawah ini!

Iklan Elektronik Demam Berdarah

Pak RT: “Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, perkenankan saya menyampaikan maksud pertemuan kita kali ini. Tepat pada hari Sabtu nanti, saya mengharapkan bantuan bapak dan ibu untuk secara serentak melakukan langkah 3M Plus di lingkungan rumah kita masing-masing.”

Ibu : “Apa, Pak, 3M Plus itu? Mengapa kita harus melakukannya?”
(Para ibu kemudian berbisik-bisik dan suasananya menjadi agak riuh) dst...
Tentukan kata-kata kunci yang terdapat dalam iklan di atas.

·         3M plus (menguras, menutup, dan mengubur + memakai lotion anti nyamuk)
·         Demam berdarah



Penyebab gangguan pada sistem pencernaan!

1. MAKAN TIDAK TERATUR
Menunda makan, ketika makan menjadi terlalu kenyang, makan tergesa-gesa.

2. MENGKONSUMSI MAKANAN TINGGI LEMAK
Terlalu sering mengonsumsi menu tinggi lemak juga bisa memicu terjadinya gangguan pencernaan. Selain itu dapat memicu penyakit-penyakit berbahaya seperti kolesterol tinggi, serangan jantung, dan juga yang sangat mengerikan yaitu kanker.

3. STRES
Pikiran yang tertekan akan membuat asam lambung naik, dan bukan tidak mungkin akan berujung pada sakit maag. 

4. TERLALU BANYAK MENGKONSUMSI MAKANAN PEDAS, ASAM DAN BERSANTAN
Mengkonsumsi masakan pedas secara terus menerus dapat menyebabkan menipisnya permukaan lambung serta dapat membuat lambung terluka.

5. BAKTERI
Pada umumnya, diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit.



6. KURANG MENGKONSUMSI SERAT
Kurang mengkonsumsi serat atau air dapat mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan yaitu sembelit. Sembelit adalah suatu kondisi di mana pergerakan usus menurun atau sulit buang air besar untuk waktu yang lama. Sembelit atau yang punya nama lain konstipasi ini, umumnya diartikan sebagai kondisi buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu.
Coba kita mengulas kembali mengenai beberapa gangguan sistem pencernaan tersebut (ulas mengenai definisi, gejala, cara pencegahan, dan penyembuhannya).

1. Mag
Mag adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Gejala:

1.    Sakit saat buang air besar
2.    Mual dan muntah
3.    Sering merasa lapar
4.    Perut kembung
5.    Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada
6.    Sering bersendawa
Cara Pencegahan:
1.    Makan secara teratur
2.    Kurangi makanan pedas dan tinggi lemak
3.    Menerapkan pola hidup sehat
4.    Hindari stres


Kamis, 19 September 2019

JUMAT 20 SEPT 2019/ SOAL LATIHAN PERBANDINGAN PECAHAN

Soal Perbandingan


Kalian semua pasti sudah tahu bahwasanya ... Perbandingan adalah membandingkan dua nilai atau lebih dari suatu besaran yang sejenis dan dinyatakan dengan cara yang sederhana. Secara matematis, perbandingan dapat ditulis a : b dan juga bisa dinyatakan dalam pecahan yaitu a/b dengan keterangan a sebagai pembilang, dan b sebagai penyebut.

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Diketahui A : B = 5 : 6. Jika nilai A = 20, maka nilai B adalah ....
a. 16
b. 20
c. 24
d. 30

2. Siswa kelas VI SD Sukamaju terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Perbandingan siswa laki-laki dan perempuan adalah ....
a. 2 : 3
b. 3 : 4
c. 4 : 5
d. 1 : 2

3. Kelereng Arman dan Rudi berjumlah 180 butir. Perbandingan kelereng Arman dan Rudi 4 : 5. Jumlah kelereng masing-masing adalah ....
a. Kelereng Arman = 60, kelereng Budi = 120
b. Kelereng Arman = 70, kelereng Budi = 110
c. Kelereng Arman = 80, kelereng Budi =  100
d. Kelereng Arman = 85, kelereng Budi = 95

4. Umur ayah : umur ibu adalah 9 : 8. Selisih umur ayah dan ibu 5 tahun. Umur mereka masing-masing adalah ....
a. Umur ayah 35, umur ibu 30
b. Umur ayah 40, umur ibu 35
c. Umur ayah 45, umur ibu 40
d. Umur ayah 50, umur ibu 45

5. Perbandingan uang Yusuf dan Aisyah adalah 3 : 4. Jika uang Yusuf  Rp 225.000,00 maka uang Aisyah adalah ....
a. Rp 250.000,00
b. Rp 275.000,00
c. Rp 280.000,00
d. Rp 300.000,00

6. Uang Bedu dan Benu berjumlah Rp 300.000. Jika uang Bedu Rp 175.000,00,  maka perbandingan uang Bedu dan Benu adalah ....
a. 5 : 3
b. 6 : 5
c. 7 : 5
d. 7 : 6

7. Umur seorang ayah adalah tiga kali umur anaknya. Jika jumlah umur ayah dan anak saat itu adalah 80 tahun, maka umur si anak adalah ....
a. 10
b. 12
c. 20
d. 25

8. Setelah 7 hari bekerja, ayah memperoleh upah Rp 350.000,00. Setelah 9 hari bekerja, ayah mendapat upah ....
a. Rp 450.000,00
b. Rp 500.000,00
c. Rp 550.000,00
d. Rp 600.000,00

9. Diketahui 2/3 uang kakak Rp 75.000,00. Uang kakak mula-mula adalah ....
a. Rp 110.000,00
b. Rp 111.500,00
c. Rp 112.000,00
d. Rp 112.500,00

10. Di dalam kotak terdapat 54 bola yang terdiri dari 36 bola berwarna hijau dan sisanya berwarna putih. Perbandingan bola putih terhadap jumlah seluruh bola adalah ....
a. 3 : 4
b. 6 : 7
c. 5 : 8
d. 3 : 9

Kunci Jawaban !

Untuk mengerjakan soal-soal perbandingan, maka kita harus mengetahui angka perbandingan itu milik siapa dan bilangan nyata yang sudah diketahui itulah yang dijadikan sebagai pengali. Jika sudah diketahui pemilik angka nyata, maka jadikan angka perbandingan pemilik angka nyata tersebut sebagai penyebut.

1. Diketahui A : B = 5 : 6. Jika nilai A = 20, maka nilai B adalah ....
a. 16
b. 20
c. 24
d. 30
Pembahasan
A : B = 5 : 6
Karena yang diketahui adalah nilai A, maka jadikan angka perbandingan A sebagai penyebut dan 20 sebagai angka pengali.
B = 6/5 x 20
B = 24
Jawaban : c

2. Siswa kelas VI SD Sukamaju terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Perbandingan siswa laki-laki dan perempuan adalah ....
a. 2 : 3
b. 3 : 4
c. 4 : 5
d. 1 : 2
Pembahasan
Siswa L = 15
Siswa P = 20
Perbandingan siswa L dan P = 15 : 20 = 15/20 = 3/4
Jadi perbandingan siswa L dan P = 3 : 4
Jawaban : b

3. Kelereng Arman dan Rudi berjumlah 180 butir. Perbandingan kelereng Arman dan Rudi 4 : 5. Jumlah kelereng masing-masing adalah ....
a. Kelereng Arman = 60, kelereng Budi = 120
b. Kelereng Arman = 70, kelereng Budi = 110
c. Kelereng Arman = 80, kelereng Budi =  100
d. Kelereng Arman = 85, kelereng Budi = 95
Pembahasan
Diketahui jumlah kelereng Arman dan Rudi = 180. Karena yang diketahui adalah jumlah kelereng mereka, maka untuk mencari jumlah kelereng masing-masing harus dijumlahkan semua angka perbandingan yaitu 4 + 5 = 9. Angka 9 jadikan penyebut.
Kelereng Arman = 4/9 x 180 = 80
Kelereng Rudi = 5/9 x 180 = 100
Jawaban : c

4. Umur ayah : umur ibu adalah 9 : 8. Selisih umur ayah dan ibu 5 tahun. Umur mereka masing-masing adalah ....
a. Umur ayah 35, umur ibu 30
b. Umur ayah 40, umur ibu 35
c. Umur ayah 45, umur ibu 40
d. Umur ayah 50, umur ibu 45
Pembahasan
Angka perbandingan umur ayah = 9
Angka perbandingan umur ibu = 8
Selisih umur mereka = 5 tahun (angka nyata) jadikan pengali
Untuk mencari umur masing-masing maka cari selisih perbandingan mereka yaitu 9 - 8 = 1, angka 1 jadikan penyebut.
Umur ayah = 9/1 x 5 = 45
Umur ibu = 8/1 x 5 = 40
Jawaban : c

5. Perbandingan uang Yusuf dan Aisyah adalah 3 : 4. Jika uang Yusuf  Rp 225.000,00 maka uang Aisyah adalah ....
a. Rp 250.000,00
b. Rp 275.000,00
c. Rp 280.000,00
d. Rp 300.000,00
Pembahasan
Angka perbandingan uang Yusuf = 3
Angka perbandingan uang Aisyah = 4
Karena yang diketahui adalah uang Yusuf, maka angka perbandingan milik Yusuf jadi penyebut dan uang Yusuf jadi pengali.
Jadi uang Aisyah = 4/3 x  Rp 225.000,00 = Rp 300.000,00
Jawaban : d

6. Uang Bedu dan Benu berjumlah Rp 300.000. Jika uang Bedu Rp 175.000,00,  maka perbandingan uang Bedu dan Benu adalah ....
a. 5 : 3
b. 6 : 5
c. 7 : 5
d. 7 : 6
Pembahasan
Diketahui jumlah uang Bedu dan Benu Rp 300.000,00
Uang Bedu = Rp 175.000,00
Maka uang Benu = Rp 300.000,00 - Rp 175.000,00
Uang Benu = Rp 125.000,00
Perbandingan uang Bedu dan Benu adalah
Rp 175.000,00/ Rp 125.000,00 = 7/5
Angka perbandingan uang Bedu dan Benu = 7 : 5
Jawaban : c

7. Umur seorang ayah adalah tiga kali umur anaknya. Jika jumlah umur ayah dan anak saat itu adalah 80 tahun, maka umur si anak adalah ....
a. 10
b. 12
c. 20
d. 25
Pembahasan
Diketahui umur ayah 3 x umur anak
3 x umur anak + umur anak = 80 tahun
4 x umur anak = 80 tahun
Umur anak = 80 : 4
Umur anak = 20 tahun
Jawaban : c

8. Setelah 7 hari bekerja, ayah memperoleh upah Rp 350.000,00. Setelah 9 hari bekerja, ayah mendapat upah ....
a. Rp 450.000,00
b. Rp 500.000,00
c. Rp 550.000,00
d. Rp 600.000,00
Pembahasan
7 hari = Rp 350.000,00
9 hari = 9/7 x Rp 350.000,00
9 hari = Rp 450.000,00
Jawaban : a

9. Diketahui 2/3 uang kakak Rp 75.000,00. Uang kakak mula-mula adalah ....
a. Rp 110.000,00
b. Rp 111.500,00
c. Rp 112.000,00
d. Rp 112.500,00
Pembahasan
2/3 = Rp 75.000,00
Uang kakak mula-mula = 3/2 x Rp 75.000,00
Uang kakak mula-mula = Rp 112.500,00
Jawaban : d

10. Di dalam kotak terdapat 54 bola yang terdiri dari 36 bola berwarna hijau dan sisanya berwarna putih. Perbandingan bola putih terhadap jumlah seluruh bola adalah ....
a. 3 : 4
b. 6 : 7
c. 5 : 8
d. 1 : 3
Pembahasan
Diketahui jumlah seluruh bola 54
Bola hijau = 36
Bola putih = 54 - 36
Bola putih = 18
Perbandingan bola putih terhadap jumlah seluruh bola = 18 : 54 = 18/54 = 1/3
Perbandingan bola putih terhadap jumlah seluruh bola = 1 : 3
Jawaban : d

Rabu, 18 September 2019

KAMIS 19 SEPT 2019 /SOAL CERITA PERBANDINGAN PECAHAN

Yang perlu diperhatikan dalam mengerjakan soal Pecahan perbandingan adalah :
  1. Pembilang adalah angka yang merupakan besaran nilai perbandingan dari komponen yang akan kita tetntukan jumlahnya
  2. Penyebut adalah jumlah dari seluruh angka yang merupakan besaran nilai perbandingan bila yang telah diketahui adalah jumlah keseluruhannya, dan selisih dari angka angka yang merupakan besaran nilai perbandingan bila yang telah diketahui adalah selisihnya.
  3. Untuk memperoleh Jumlah masing masing Komponen : Pecahan yang terbentuk dari nomor satu dan nomor dua diatas dikalikan dengan nilai Jumlah keseluruhan atau selisih yang sudah diketahui pada soal.




Perbandingan uang Abdul dengan uang Hamid adalah 3 : 5, jika jumlah uang keduanya adalah 400.000 rupiah, berapa rupiah uang Abdul, dan berapa rupiah uang Hamid? dan berapa rupiah selisih uang keduanya?

Diketahui,
Nilai perbandingan Abdul = 3
Nilai perbandingan Hamid = 5
Jumlah uang keduanya = Rp. 400.000,-
# yang diketahui adalah jumlahnya, maka penyebut :  3+5 = 8

Ditanyakan,
  1. Berapa rupiah uang Abdul
  2. Berapa rupiah uang Hamid
  3. Berapa rupiah Selisih uang keduanya.

Jawab,

 = 3/8 x 400.000
 = (3 x 400.000) / 8
 = 1.200.000 / 8
 = 150.000

#Jumlah uang Abdul = Rp. 150.000,-



 = 5/8 x 400.000
 = (5 x 400.000) / 8
 = 2.000.000 / 8
 = 250.000

#Jumlah uang Hamid = Rp. 250.000,-

*cek dulu
*pada soal diketahui jumlah = 400.000
* 150.000 + 250.000 = 400.000, (sudah benar!)


Selisih.
 = nilai terbesar dikurangi nilai terkecil
 = 250.000 - 150.000 = 100.000

#selisih uang Abdul dengan uang Hamid adalah RP. 100.000,-




Perbandingan umur guru dengan umur KATRO adalah 8 : 3, bila selisih umur keduanya adalah 15 tahun, berapa jumlah umur keduanya?

# kelihatannya hanya diminta menjawab jumlah umurnya saja, padahal pada proses pengerjaannya tetap saja harus terlebih dahulu menentukan usia keduanya!, karena tanpa mengetahui usia keduanya tidak mungkin kita akan menemukan jumlah usia keduanya.

Diketahui,
Nilai perbandingan guru = 8
Nilai perbandingan KATRO = 3
# yang diketahui pada soal adalah selisihnya, maka penyebut : 8 - 3 = 5

Ditanyakan,
Berapa Jumlah umur keduanya?

Jawab,

Jumlah Umur keduanya = umur guru + umur KATRO


 = 8/5 x 15
 = (8 x 15) / 5
 = 120 / 5
 = 24 

# Umur guru = 24 tahun


 = 3/5 X 15
 = (3 X 15) / 5
 = 45 / 5
 = 9 tahun

#Umur KATRO = 9 tahun

*cek dulu
* pada soal diketahui selisih = 15 tahun
*24 tahun - 9 tahun = 15 tahun (sudah benar)


 = Jumlah umur keduanya = 24 tahun + 9 tahun
 = Jumlah umur keduanya = 33 tahun

# Jumlah umur guru dan umur KATRO = 33 tahun.